Sukses

Lifestyle

4 Cara Menghilangkan Minyak pada Lap Dapur

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela siapa nih yang suka melakukan aktivitas bersih-bersih di rumah? Salah satu bagian yang rutin dibersihkan adalah dapur. Betul sekali, dapur menjadi tempat berkumpulnya noda-noda membandel dari masakan. Tidak hanya itu, noda yang menempel pada peralatan dapur seperti lap. Lap dapur yang berminyak bisa sangat mengganggu.

Tidak hanya membuat kewalahan karena lap menjadi lebih licin, lap dapur berminyak juga mengeluarkan aroma tak sedap yang mengganggu hidung. Tapi Sahabat Fimela tidak perlu khawatir karena 4 cara ini bantu atasi lap dapur kamu yang berminyak. 

1. Sodium percarbonate

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi lap dapur berminyak adalah dengan menggunakan Sodium Percarbonate. Sodium Percarbonate ini sedang populer untuk digunakan karena keberhasilannya dalam mengangkat noda membandel pada peralatan dapur salah satunya adalah kain. Dalam video tik tok nya, Dini Ghaisani membagi tutorial mengangkat minyak pada lap dapur seperti yang dijelaskan pada paragraf di bawah ini. 

Sodium Percarbonate dan deterjen cepat angkat lap berminyak dan membuat lap kamu semakin bersih. Caranya cukup mudah untuk Sahabat Fimela ikuti. Langkah pertama, siapkan lap berminyak yang kotor dan masukkan ke dalam wadah, kemudian masukkan 3 sampai 4 sendok makan sodium percarbonate, kemudian rendam di air hangat agar sodium percarbonate bereaksi, rendam selama 1 jam, setelah 1 jam kamu bisa buang air bekas rendaman dan cuci bersih dengan deterjen, tinggal dikeringkan dan voila, lap kamu no more berminyak dan kembali kinclong seperti biasa. 

2. Baking soda

Lap pada minyak memang sukses membuat kamu bete apalagi membuat lap menjadi licin untuk digunakan. Selain dengan sodium percarbonate, kamu juga bisa bersihkan lap dapur berminyak dengan menggunakan baking soda. 

Caranya bisa kamu lakukan dan bahan yang dibutuhkan juga sederhana. Pertama siapkan lap berminyak dan masukkan ke dalam wadah dan rendam, kemudian campurkan setengah sendok makan baking soda dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu kamu bisa cuci lap dengan deterjen dan keringkan seperti biasa. Bye-bye noda membandel! 

3. Vinegar

Punya vinegar dan hanya dipakai sesekali? Vinegar bisa menjadi solusi untuk kamu yang menginginkan minyak pada lap di dapur hilang dalam sekejap.

Caranya juga praktis untuk kamu lakukan. Pertama siapkan lap kotor dan masukkan ke dalam wadah, tuang air dan rendam, kemudian masukkan sabun cair dan diamkan, setelah itu tuang vinegar ke dalam rendaman tadi dan diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit buang air rendaman, cuci kembali lap tersebut dan keringkan seperti biasa. No more minyak dan lap dapur sudah bisa digunakan kembali. 

4. Sabun batang

Sabun batang  juga bisa membantu menghilangkan minyak membandel pada lap dapur kamu. Mengejutkan tetapi kamu bisa lakukan dengan mudah. 

Kuncinya terletak pada sabun batang yang dapat meluruhkan kotoran bandel yang menempel pada kain, minyak membandel ini juga akan ikut larut dengan air panas. Caranya cukup mudah, kamu dapat masukkan lap yang kotor dan rebus dengan air panas, kemudian masukkan sabun batang dan biarkan sabun batang menyatu dengan air. Setelah itu kamu bisa angkat, bilas dengan air mengalir, kemudian cuci bersih dengan deterjen dan keringkan lap. Lap dapur tampa noda siap untuk digunakan.

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading