Sukses

Lifestyle

Bacaan Doa yang Harus Dibaca Ketika Mengalami Mimpi Buruk

Fimela.com, Jakarta Mimpi adalah suatu hal yang dilihat atau kejadian yang dialami ketika tidur. Mimpi seringkali dianggap tak bermakna apa pun. Maka dari itu, mimpi juga dapat dikatakan sebagai bunga tidur, atau sesuatu yang hanya bersifat sebagai penghias ketika tidur.

Walaupun bunga dianggap sebagai suatu hal yang indah, namun bunga tidur atau mimpi tidak selalu indah. Terkadang mimpi yang kita alami adalah mimpi buruk atau kejadian yang sebenarnya tidak ingin kita lihat, meskipun hanya dalam mimpi.

Di dalam agama Islam, jika kamu bermimpi buruk kamu dianjurkan untuk membaca bacaan doa. Selain itu, ada beberapa hal yang disunahkan Rasulullah saw. untuk dilakukan ketika mengalami mimpi buruk. Berikut bacaan doa ketika mengalami mimpi buruk yang wajib kamu baca.

Bacaan Doa Mimpi Buruk

 

Ketika mengalami mimpi buruk, bacalah doa berikut:

"Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni."

Artinya: "Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu."

 

Bisa juga membaca bacaan doa berikut ini:

"Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam."

Artinya: "Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi."

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Mimpi Buruk

1. Meludah ke Kiri Sebanyak Tiga Kali

Jika mengalami mimpi buruk, sebaiknya meludah ke kiri sebanyak tiga kali, seperti sunnah Rasulullah saw.:

"Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya maka hendaklah ia meludah kekiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan setan tiga kali..." - (HR. Muslim).

Imam Nawawi juga menjelaskan dalam kitab Al-Adzkar halaman 92, yaitu bisa dengan meniup tanpa mengeluarkan ludah:

"Mimpi yang baik bersumber dari Allah. Dan mimpi buruk datangnya dari setan. Maka barangsiapa bermimpi yang dibenci (mimpi buruk), hendaknya ia meludah ke kiri sebanyak tiga kali dan mohon perlindungan kepada Allah dari setan. Maka sesungguhnya mimpi itu tidak akan membahayakannya." - (Muttafaq Alaih)

2. Minta Perlindungan Allah Swt.

Agar mimpi buruk tidak terjadi, sebaiknya minta perlindungan Allah dengan membaca doa ta'awudz sebanyak tiga kali seperti sabda Rasulullah saw. dalam hadis lainnya:

"A’udzu billahi minasy syaithanir rajim."

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk."

3. Tidak Perlu Cerita ke Orang Lain

Sebaiknya mimpi buruk tidak perlu diceritakan ke orang lain karena bisa menyebabkan orang lain khawatir dan takut akan mimpi tersebut. Ingatlah sabda Rasulullah saw., yaitu:

"Siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu tidak membahayakannya." - (HR. Al Bukhari)

4. Ubah Posisi Tidur

Agar tidak mengalami mimpi buruk secara berulang, sebaiknya ubah posisi tidurmu berbeda dari posisi semula. Seperti yang dihadiskan dalam hadis Muslim:

"Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya maka hendaklah ia meludah kekiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan setan tiga kali, dan mengubah tidurnya dari posisi semula."

5. Wudu dan Salat

Setiap orang yang mengalami mimpi buruk akan merasa khawatir dan ketakutan. Agar hal ini tidak terjadi, lakukan wudu dan salat yang bisa menenangkan hati. Rasulullah saw. bersabda:

"Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian salatlah."  (HR. Muslim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading