Sukses

Lifestyle

5 Hobi yang Dapat Meningkatkan Perkembangan Otak

Fimela.com, Jakarta Banyak orang beranggapan bahwa hobi hanya sebuah cara untuk menghabiskan waktu. Sebenarnya hobi dapat membuat hidup lebih menyenangkan dan juga bermakna. Mengapa demikian? Karena hobi dapat berkontribusi pada penuaan yang sehat. Melakukan hobi sangat bermanfaat bagi otak. 

Orang yang mengambil bagian setiap hari untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami penurunan daya ingat. Mereka yang paling banyak melakukan golf, traveling, berkebun, fotografi dan hobi lainnya memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami demensia. Selain hobi tersebut, dilansir dari allwomenstalk dan clearmatchmedicare (28/8) berikut 5 hobi yang dapat mengembangkan otak.

Membaca buku

Buku adalah jendela dunia. Sumber pengetahuan terbaik yang mutlak adalah dengan membaca buku. Hal ini juga dapat mengaktifkan imajinasi kamu, memungkinkan kamu untuk melarikan diri, dan merupakan hobi yang baik untuk dilakukan. Orang yang sering baca buku akan memiliki pengetahuan yang lebih luas.

Melukis

Melukis adalah cara bagus untuk menciptakan jalur baru di otak sekaligus mengembangkan kreativitas serta keterampilan motorik. Bekerja dengan kuas juga dapat membantu melonggarkan persendian yang kaku dan mengatasi kondisi seperti radang sendi atau sindrom lorong karpal. 

Olahraga baru

Fokuskan pikiran pada aktivitas seperti olahraga baru yang belum pernah kamu mainkan, adalah cara yang bagus untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Olahraga membutuhkan koordinasi, fokus mental dan  fisik. Jika kamu ingin menggabungkan olahraga dengan meningkatkan kemampuan otak, cobalah olahraga yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. 

Memainkan alat musik

Ada waktu yang optimal di masa muda kamu untuk memainkan alat musik secara alami. Memainkan alat musik tidak hanya membuat kamu rileks untuk dimainkan dan didengarkan tetapi juga membuat otak kamu tetap aktif dan meregangkan kemampuan otak di luar kebiasaan. 

Mainkan permainan mengasah otak

Ada banyak sekali permainan mengasah otak seperti teka-teki, sudoku, dan permainan yang tersedia di ponsel, tablet atau perangkat elektronik lainnya. Permainan asah otak ini akan membuat pikiran kamu tetap tajam dan dan aktif setelah beberapa saat memainkannya. Memainkan permainan ini akan terlihat perbedaan yang nyata dalam kemampuan kognitif atau kejernihan mental.

Sahabat Fimela, demikian 5 hobi yang dapat mengembangkan otak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading