Sukses

Lifestyle

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan dengan Keunikan Diri yang Dimiliki

Fimela.com, Jakarta Howard Gardner, psikolog, ilmuwan kognitif, dan profesor di Universitas Harvard merupakan sosok paling berpengaruh yang mengembangkan teori kecerdasan majemuk. Dia merupakan salah satu tokoh utama dalam bidang pendidikan dan psikologi yang telah memberikan kontribusi besar terhadap pemahaman tentang kecerdasan dan kemampuan manusia. Pandangannya yang paling populer adalah kecerdasan sebenarnya melibatkan berbagai bentuk kemampuan yang berbeda.

Dalam teori kecerdasan majemuk yang dikemukakannya, Gardner mengusulkan bahwa ada delapan jenis kecerdasan yang berbeda, termasuk kecerdasan linguistik-verbal, logika-matematis, visual-ruang, musikal, kinestetik-tubuh, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Tiap orang punya keunikan diri masing-masing dan punya kesempatan untuk meningkatkan kecerdasannya. Kali ini kita akan membahas lima cara umum yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan kita menurut pandangan populer Gardner. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Pahami Bentuk Kecerdasan yang Kamu Miliki

Langkah pertama menuju kecerdasan majemuk adalah memahami bentuk-bentuk kecerdasan yang ada dalam dirimu. Seperti Gardner katakan, "Kita semua memiliki kecenderungan berbeda untuk bentuk-bentuk berbeda dari kecerdasan."

Apakah kamu lebih cenderung berpikir logis-matematis, artistik, atau bahkan interpersonal? Identifikasi kekuatan-kekuatan ini akan membantumu memahami di mana kamu memiliki potensi yang besar.

Gardner juga menyatakan, "Kecerdasan adalah kapasitas untuk memecahkan masalah atau menghasilkan barang yang bernilai dalam budaya Anda." Dengan memfokuskan energimu pada pengembangan bentuk kecerdasan yang dominan, kamu dapat menjadi ahli dalam bidang tertentu yang relevan dengan potensi dan keunikan dirimu.

2. Manfaatkan Kekuatanmu dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah mengidentifikasi bentuk kecerdasan yang dominan, cobalah untuk memanfaatkan kekuatan-kekuatan dirimu dan keunikan diri yang kamu miliki dalam kehidupan sehari-hari. Apakah itu melalui pekerjaan, hobi, atau kegiatan sosial, kamu dapat menerapkan kemampuan yang kamu miliki dalam cara yang relevan dan bermakna. Sebagai contoh, seperti yang dijelaskan Gardner, "Jika seseorang memiliki kemampuan verbal-linguistik yang tinggi, mereka mungkin lebih baik dalam mengekspresikan diri melalui kata-kata, baik dalam lisan maupun tulisan."

3 Cari Peluang untuk Mengembangkan Bentuk Kecerdasan Lainnya

Gardner menegaskan, "Kita semua memiliki kemampuan untuk berinovasi jika kita mendapatkan dorongan yang tepat." Meskipun memiliki kecenderungan tertentu, kita masih memiliki potensi untuk mengembangkan bentuk kecerdasan lainnya. Misalnya, jika kamu merasa lebih kuat dalam kecerdasan logika-matematis, tetapi ingin mengembangkan kecerdasan interpersonalmu, carilah peluang untuk berinteraksi dengan orang lain, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, dan mendengarkan dengan penuh perhatian. Gardner juga menggarisbawahi poin penting ini, yaitu, "Kecerdasan tidak statis, dan dengan pelatihan, usaha, dan dorongan, kita dapat mengembangkan berbagai bentuk kecerdasan."

4. Ciptakan Kebiasaan yang Mendukung Kelebihan Dirimu

Kecerdasan linguistik-verbal melibatkan kemampuan dalam bahasa dan komunikasi. Untuk mengembangkannya, buatlah kebiasaan membaca buku, artikel, atau berita setiap hari.

Kecerdasan logika-matematis melibatkan kemampuan dalam berpikir analitis dan memecahkan masalah. Latihan matematika, teka-teki, dan permainan logika dapat membantu mengembangkan kemampuan ini.

Kecerdasan visual-ruang melibatkan kemampuan memahami ruang, bentuk, dan gambar. Untuk mengembangkannya, praktikkan kebiasaan mengamati dunia di sekitar Anda dengan saksama.

Kecerdasan musikal melibatkan kemampuan untuk memahami, menghasilkan, dan mengapresiasi musik. Cobalah untuk terlibat dalam aktivitas musikal, seperti belajar alat musik, bernyanyi, atau mendengarkan berbagai jenis musik.

Kecerdasan interpersonal melibatkan kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Berusahalah untuk terlibat dalam kolaborasi dan kerja tim dalam proyek-proyek atau aktivitas kelompok.

Intinya, cobalah bangun kebiasaan-kebiasaan yang bisa mendukung keunikan dan kelebihan dirimu. Maka, ketajaman pikiran dan kemahiranmu bisa ikut meningkat secara signifikan dengan cara-cara menyenangkan yang bisa kamu upayakan sesuai kebutuhan.

 

 

5. Kembangkan Kemampuan Refleksi Diri

Penting untuk mengembangkan kemampuan refleksi diri guna lebih memahami kekuatan dan potensi dirimu. Bertanya pada diri sendiri tentang bagaimana kamu berpikir, merasa, dan berinteraksi dapat membantumu menggali lebih dalam tentang bentuk-bentuk kecerdasan yang mungkin perlu dikembangkan. Gardner menegaskan, "Kecerdasan intrapersonal membantu kita memahami diri kita sendiri, menjadi sadar akan emosi dan tujuan kita, dan dengan demikian membantu kita memilih jalan hidup yang lebih baik."

Bisa dipahami bahwa kecerdasan adalah sebuah perjalanan yang berkelanjutan, bukan tujuan akhir. Jadi, bila ingin menjadi pribadi yang lebih cerdas, teruslah bersemangat untuk belajar dan mengembangkan kemampuan yang kamu miliki.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading