Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Otak Lebih Cerdas Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan manusia adalah hal yang kompleks. Tidak ada otak yang stagnan sepanjang hidup seseorang yang normal. Otak adalah organ yang dapat berubah dan berkembang sepanjang hidup. Semakin banyak dilatih, semakin kuat dan fleksibel otak kita. Hal ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan, memori, dan fungsi kognitif lainnya.

Karena itulah, kecerdasan otak seringkali tak bisa diwakilkan hanya dengan sekali dua kali tes intelektual. Kecerdasan otak juga bisa dilatih seiring berjalannya waktu. Untuk melatihnya, kita bisa melakukan sekian hal sederhana berikut ini.

1. Cukup tidur

Jangan jadikan begadang sebagai kebiasaan. Tidur yang cukup justru bisa membuat otak cerdas. Banyak penelitian membuktikan bahwa kurang tidur bukan hanya menurunkan konsentrasi otak tapi juga menurunkan produktivitas, daya berpikir dan kemampuan mengingat susuatu. Otak butuh melakukan regenerasi sel-sel sehingga kita bisa menggunakan otak secara optimal, dan regenerasi sel otak dilakukan pada malam hari saat kita tertidur. Jika kurang tidur, tentu akan mengganggu otak 'memperbarui' dirinya sendiri.

2. Rutin olahraga

Olahraga atau latihan fisik bukan hanya berguna untuk menjaga otot tubuh tetap aktif dan kuat dalam menyokong badan, tapi juga berguna dalam menjaga kemampuan kognitif otak. Kecerdasan seseorang bisa dilatih dengan rajin olahraga. Latihan fisik memiliki efek positif pada fungsi otak di berbagai bidang dengan meningkatkan ukuran otak dan meningkatkan kesehatan secara umum, misalnya melancarkan asupan oksigen ke otak, tidak membuat tubuh cepat lelah dan lebih mudah konsentrasi dan berpikir saat bekerja.

3. Menghafal kosakata bahasa asing

Jika dirasa mengikuti kelas bahasa asing secara khusus terasa terlalu menuntut, mulailah dulu dengan mengingat dan menghafal beberapa kosakata bahasa asing. Memastikan diri sendiri untuk terus belajar adalah permulaan yang bagus untuk melatih kecerdasan otak. Setelah mengingat banyak kosakata, imbangi dengan belajar menuliskan kata dan kebiasaan mendengarkan bahasanya sehingga menjadi terbiasa. Misalnya saja suka Bahasa Korea, kamu bisa belajar sambil mencari hiburan dengan nonton drama, film atau acara TV mereka.

4. Berpakaian elegan dan berkelas

Kita pasti sudah tahu bahwa mengenakan pakaian tertentu akan memberikan kesan tertentu. Misalnya berpakaian ketat dan pendek, pasti akan memberi kesan seksi dan terbuka, begitu pula jika mengenakan hijab dan baju gamis, pasti akan terasa religius. Jika ingin tampak cerdas, biasakan diri dengan pakaian yang rapi, sopan, berkelas, dan elegan. Ketika kesan itu sudah melekat, dengan sendirinya kamu akan terdorong untuk menyetarakan anggapan itu dengan pola pikir dan perilaku.

5. Mainan yang membuatmu berpikir

Main gim juga bisa memberikan stimulasi positif pada otak, misalnya saja main scrabble, teka-teki silang atau bahkan gim-gim digital yang banyak digemari di zaman modern saat ini. Pastikan kamu memilih permaian yang bukan hanya memberikan unsur hiburan tapi juga pelajaran atau pelatihan ketangkasan, kecermatan, daya ingat dan area kognitif lainnya. Dengan melatih otak secara rutin, kita dapat meningkatkan kemampuan untuk berpikir, belajar, dan memecahkan masalah.

Itu dia sekian kebiasaan yang memberi tanda otak cerdas pada dirimu, Sahabat Fimela. Ada banyak cara untuk melatih otak yang bisa kita lakukan setiap hari, pilih yang menarik dan senang kamu lakukan.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading