Sukses

Lifestyle

Mengenal Self Esteem dan Cara untuk Meningkatkannya

Fimela.com, Jakarta Self esteem dapat diartikan juga sebagai harga diri. Istilah ini mengarah pada pemikiran dan perasaan terhadap diri sendiri melalui penilaian diri secara positif. Dikutip dari laman better up, self esteem merepresentasikan bagaimana seseorang dapat menghargai dirinya sendiri dan sering kali dapat didasarkan pada perbandingan dengan orang lain. Harga diri akan mempengaruhi cara seseorang untuk memandang dirinya sendiri. 

Saat harga diri seseorang rendah dan merasa bahwa dirinya tidak cukup baik, maka hal tersebut dapat mempengaruhi setiap aspek kehidupan. Harga diri yang rendah tersebut bisa disebabkan karena adanya kesulitan untuk memenuhi harapan orang lain atau diri sendiri, apalagi ketika melewati masa-masa yang sulit. Persepsi negatif, rasa trauma, keadaan lingkungan, dan kondisi emosional juga dapat berdampak pada tingkat harga diri seseorang. 

Aspek ini perlu untuk diperhatikan dalam pengembangan diri karena bisa menjadi petunjuk untuk mengetahui sejauh mana kamu telah merawat dan memperhatikan diri sendiri. Ketika hidup dengan harga diri yang semakin rendah, hal ini bisa berujung pada kondisi kesehatan mental seseorang karena bisa menyebabkan depresi dan kecemasan. Seseorang juga dapat menyembunyikan diri dan merasa takut untuk mencoba tantangan baru karena kondisi tersebut. 

Dilansir dari situs better up dan mind, untuk dapat meningkatkan self esteem yang kamu miliki, maka kamu bisa mencoba cara-cara berikut ini: 

Ketahui Penyebab Self Esteem Rendah

Self Esteem yang rendah bisa disebabkan oleh beberapa faktor dari luar atau dari dalam diri sendiri, diantaranya yaitu perubahan peran atau peristiwa kehidupan, tekanan dari lingkungan pekerjaan, sekolah, atau rumah, hubungan dengan seseorang, pola pemikiran, penetapan tujuan, dan standar sosial. Semua hal tersebut bisa mempengarui harga diri dari seseorang. Untuk bisa meningkatkannya, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab utamanya. 

Bersikap Baik terhadap Diri Sendiri

Langkah selanjutnya yang paling utama adalah bersikap baik pada diri sendiri. Bagaimana caranya kamu akan berpikir positif jika tidak berbaik hati pada diri sendiri? Maka dari itu, kamu perlu untuk mengetahui lebih dalam tentang dirimu sendiri dan katakan sesuatu yang positif pada diri sendiri.

Cobalah untuk mengeluarkan pikiran-pikiran negatif yang selalu datang tanpa henti. Jangan terlalu banyak untuk membandingkan diri sendiri, mungkin sesekali kamu bisa menjadikannya sebagai motivasi agar bisa berkembang lebih baik lagi. Lakukan sesuatu yang dapat menyenangkan dirimu sendiri. 

Kamu juga bisa melakukannya melalui tulisan dengan merangkai afirmasi positif untuk menerima diri sendiri. Bisa dimulai dengan hal-hal yang telah dilakukan dan disyukuri. Dengan cara ini, kamu bisa meningkatkan pandangan hidup dan juga pandangan terhadap diri sendiri. 

Berhenti Menjadi People Pleaser

Dilansir dari situs better up, orang dengan harga diri yang rendah akan merasa berkewajiban untuk tidak menolak permintaan orang lain. Mereka sering kali mendahulukan untuk menolong orang lain daripada memperhatikan situasi yang dialami diri sendiri. Hal ini bisa menyebabkan seseorang menjadi kewalahan hingga stres. Pada beberapa kesempatan, membantu orang lain memang terasa menyenangkan. Namun, jika selalu terjadi, harga dirimu bisa saja menjadi menurun karna terlalu banyak melakukan sesuatu orang lain. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika sesekali kamu ingin berkata tidak dan menolak permintaan orang lain untuk sementara waktu. 

Mencoba Tantangan Baru

Tantangan baru bisa memicu dirimu untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri. Kamu bisa menetapkan tujuan-tujuan kecil mengenai segala sesuatu yang ingin kamu coba dan raih agar kamu pun bisa tetap fokus dan membuat langkah selanjutnya. Segala sesuatu akan lebih mudah jika sudah teratur dan terorganisir. Kamu juga bisa mencoba mempelajari hobi baru atau aktivitas baru. Luangkan sedikit waktu untuk tingkatkan dirimu sendiri

Membangun Hubungan Positif dengan Orang Lain

Pastinya akan terasa menyenangkan ketika berbicara dengan seseorang yang selalu mendukungmu, terutama ketika berada pada situasi yang sulit. Cobalah untuk membangun hubungan yang baik dan mempertahankan hubungan yang positif. Ketika telah menghabiskan waktu yang tepat dengan orang yang selalu ada untukmu, maka kamu pun merasa nyaman dan lebih menghargai diri sendiri. Apalagi, jika telah bertemu seseorang yang selalu menyampaikan kata positif dan nasihat yang terbaik untukmu. 

Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Bersikap baik tidak hanya bersumber dari pikiranmu saja, tetapi juga dari perilaku dan kebiasaan yang kamu lakukan. Selalu perhatikan kesehatan dirimu dengan istirahat yang cukup. Kualitas tidur yang menurun bisa memunculkan efek negatif terhadap perasaanmu sendiri. Jaga pola makan dengan baik dan cobalah aktivitas fisik yang bisa meningkatkan self esteem.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu ke tempat yang lebih terbuka sekaligus latihan meditasi dan mindfulness untuk membuat pikiran lebih tenang dan terhindar dari kecemasan, overthinking, hingga pikiran negatif. Tenangkan pikiran dan berhentilah sejenak dari segala hiruk pikuk kehidupan. 

Cara-cara di atas cukup mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya bergantung pada pikiran dan kendali dari dirimu sendiri. Tetaplah berpikir positif dan hargai dirimu sendiri, ya!

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading