Sukses

Lifestyle

3 Kreator Sukses Pecahkan Rekor Penjualan Live Shopping di TikTok Shop, dr. Richard Lee Salah Satunya!

Fimela.com, Jakarta TikTok Shop terus memperkuat komitmennya untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang menghibur, sekaligus aman dan nyaman bagi para merchant, kreator, maupun komunitas TikTok di seluruh Indonesia. Hal tersebut terus dilakukan TikTok Shop yang kini sudah memasuki tahun ketiganya beroperasi di Indonesia. Selama itu pula, diketahui bahwa 1 dari 3 pengguna TikTok pernah membeli produk di TikTok Shop. Hal ini sebagaimana lansiran data internal TikTok Shop. 

Selain itu, fitur LIVE Shopping juga menjadi fitur favorit konsumen untuk melakukan transaksi berkat adanya interaksi real-time dengan para merchants, apalagi dibalur dengan konsep Shoppertainment. Konsep tersebut menggabungkan aktivitas hiburan dan perdagangan, termasuk melalui tren live shopping yang sedang naik daun. 

Rupanya, kehadiran fitur live shopping ini tidak hanya membantu para kreator untuk membangun hubungan dengan para audiens di TikTok, tapi juga membuka peluang baru bagi mereka untuk mencari penghasilan tambahan. Sebagai affiliate, para kreator ini membantu mempromosikan dan menjual produk brand di TikTok Shop. 

Nah, baru-baru ini, tiga kreator TikTok bahkan berhasil memecahkan rekor penjualan tertinggi dalam live shopping di TikTok Shop. Pencapaian yang mereka dapat pun tidak main-main. Kamu pun bisa menyimak kisah sukses mereka beserta tips-tips berjualan lewat Live Shopping di TikTok Shop berikut ini.

dr. Richard Lee yang Dijuluki #RajaKreatorKecantikan

Pertama ada dr. Richard Lee @drrichardlee yang tentu namanya sudah tak asing lagi. dr. Richard adalah seorang dokter kelahiran Medan yang aktif memberikan edukasi dan ulasan produk perawatan kecantikan. Baru-baru ini, dr. Richard mencetak rekor sebagai salah satu konten kreator teratas di Asia Tenggara yang sukses mendapatkan penjualan senilai Rp41 miliar dalam sesi live shopping selama 23 jam tanpa henti. 

dr. Richard Lee tak sendiri, tetapi ia selalu didukung oleh istrinya, Dr. Reni Effendi serta beberapa selebriti seperti Inara Rusli, Inge Anugrah, dan Lady Nayoan Kjaernett pada tanggal 18 Agustus yang lalu. Sesi live shopping ini diselenggarakan untuk merayakan ulang tahun ke-10 dari brand kecantikannya. 

"Untuk menjangkau lebih banyak pengguna di TikTok, kami melakukan live shopping selama 23 jam non stop secara bergantian dengan menghadirkan sesi live yang interaktif dan menarik. Pastinya, kami selalu senang ketika bisa memberikan product knowlegde kepada penonton kami." ungkap dr Richard Lee.

Pencapaian besar dr. Richard Lee ini menjadi bukti bahwa konsistensi dalam mengejar passion dapat membawa kebahagiaan hingga kesuksesan. Walaupun berasal dari keluarga kurang berkecukupan, ia bertekad untuk membantu masyarakat Indonesia agar memahami tentang manfaat dari produk perawatan dan kecantikan melalui konten yang kreatif serta ulasan yang objektif. 

dr. Richard Lee semakin memanfaatkan fitur TikTok setelah bergabung dalam live shopping TikTok Shop pada Januari. Ia berhasil masuk dalam daftar top 10 konten kreator dengan penjualan terbesar pada bulan Juli setelah berpartisipasi dalam kampanye TikTok Shop.

Mami Louisse yang Dikenal Sebagai #RatuAffiliate

Kreator kedua yang juga sukses berjualan lewat Live Shopping di TikTok Shop adalah Louisse Scarlett (@Louissescarlettfamily), atau yang dikenal sebagai Mami Louisse, adalah kreator affiliate TikTok yang interaktif dan kreatif dalam mengemas kontennya, termasuk video singkat dan live. 

Mami Louisse berhasil memecahkan rekor penjualan produk lokal dengan nilai Rp45 miliar dalam satu hari di TikTok Shop dan menjadi kreator pertama kali di Asia Tenggara dengan jumlah pesanan terbanyak dalam satu sesi live shopping, 232.400 pesanan! 

Prestasi ini berhasil diraihnya pada acara live shopping "Gebrakan by Mami Louisse!" pada 29 Agustus 2023 kemarin yang berlangsung selama 26 jam bersama timnya secara bergantian, dan menampilkan produk kecantikan terbaik. Dalam pencapaiannya ini, Mami Louisse bekerja sama dengan beragam brand kecantikan lokal dan menawarkan diskon hingga 50% hingga bebas ongkir bagi seluruh pengguna.

Menurut Mami Louise turut menyampaikan, "Mami gak nyangka banget apa yang Mami lakukan bersama tim dan brand yang berkolaborasi bisa meraih pencapaian sebesar ini. Mami sangat senang ketika bisa menjawab pertanyaan dari pengguna TikTok yang butuh informasi akan produk-produk kecantikan dan perawatan diri mereka. Mami akan terus berkomitmen untuk mendapatkan harga terbaik untuk semua penonton setia Mami Louisse." 

Meski demikian, kesuksesan Mami Louisse tidak diperoleh dengan mudah. Awalnya, Mami Louisse bergabung dengan TikTok sebagai pengguna untuk mengunggah video kesehariannya tentang informasi parenting dan perjalanan pemulhan anaknya yang didiagnosis pneumonia dan laringomalasia. 

Tak ada kata menyerah dan tidak mudah puas menjadi hal yang selalu Mami Louisse sampaikan. Dirinya tertarik untuk bergabung dengan TikTok Shop dengan tujuan untuk turut mendukung brand lokal khususnya produk kecantikan yang berkualitas agar lebih dikenal. 

Semua usaha yang telah dilakukan Mami Louisse membawa dirinya menjadi semakin digemari masyarakat Indonesia dan membuahkan jumlah followers akun TikTok-nya hingga 6,9 juta. Kini, Mami Louisse terus mengembangkan kreativitasnya, salah satunya adalah dengan selalu memasukkan segmen interaktif dengan para pengguna TikTok yang menonton.

Kohcun yang Menyandang Gelar #RajaElektronik

Adapun yang ketiga adalah kreator affiliate Kohcun (@kohcun). Ia juga ikut menjadi inspirasi kreator lainnya melalui live shopping di TikTok Shop. Dalam momentum menyambut hari kemerdekaan kemarin, Kohcun mengadakan sesi live spesial yang mengusung tema "Hak Istimewa Warga Kohcun".

Lewat sesi live spesial tersebut, Kohcun beserta timnya memamerkan produk-produk unggulan mulai dari smartphone, aksesoris elektronik, peralatan rumah tangga, dan lainnya dengan diskon hingga 80%, gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia selama 24 jam penuh. Hasilnya, Kohcun berhasil meraih penghasilan terbesar yang pernah diraih oleh kreator affiliate di kategori Elektronik sebesar Rp21 miliar.

Menurut Kohcun, “Saya tidak pernah menyangka bahwa melalui TikTok Shop, saya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia untuk mereka bisa mendapatkan produk elektronik terbaik. Saya juga sangat mengapresiasi seluruh tim yang bergantian selama live streaming ini hingga kita berhasil mencapai prestasi ini."

Lebih lanjut, pria yang dahulu bekerja sebagai penjaga counter handphone di kota Pematang Siantar ini berawal pada ketertarikannya dalam dunia elektronik, khususnya smartphone dan membuat dirinya memulai membuat konten video ulasan agar memberikan edukasi dengan cara yang mudah dipahami bagi masyarakat. 

Seiring berkembangnya TikTok Shop, Kohcun pun tertarik untuk bergabung pada e-commerce yang terintegrasi dengan TikTok ini pada tahun 2021. Kohcun, kreator angkatan pertama kreator affiliate di TikTok Shop, berhasil meningkatkan penjualannya melalui interaksi langsung dengan penonton yang dikenal sebagai Warga Kohcun dalam sesi live shopping-nya.

Dari sini dapat diketahui, jika TikTok Shop tak hanya membantu rekan-rekan kreator untuk mendapatkan penghasilan. Lebih dari itu, TikTok Shop juga memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna karena dimulai dari menemukan produk, check out dan pengecekan pengiriman, semuanya bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi TikTok. 

Apalagi kini dengan adanya Shoppertainment yang mengedepankan konten yang menghibur dahulu, baru berbelanja, para pegiat usaha dari skala kecil hingga besar berkesempatan untuk meningkatkan penjualan secara langsung melalui video pendek dan Live Streaming yang menarik. 

Tak sampai di situ, TikTok Shop terus memberikan dukungan komprehensif kepada para pedagang, termasuk UMKM lokal, mulai dari orientasi, inkubasi, hingga berbagai program yang berkontribusi pada pertumbuhan bisnis mereka. Gimana, tertarik buat gabung dan mendulang kesuksesan seperti ketiga kreator tersebut? Yuk cari tahu lebih lanjut informasi tentang TikTok Shop ini selengkapnya  di https://shop.tiktok.com/merchant/id. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading