Sukses

Lifestyle

5 Sikap yang Membuatmu Sulit Dihargai Orang Lain, Hindari!

Fimela.com, Jakarta Bagaimana sikap orang lain terhadapmu selama ini, adalah gambaran bagaimana sikapmu ke mereka. Saat semua orang bersikap baik dan sangat menghargaimu, tentu ada beragam sikap positif yang ada dalam dirimu. 

Mengutip dari laman yourtango.com, dalam interaksi sosial sehari-harinya sikap seseorang memiliki peran besar dalam bagaimana mereka di mata orang lain. Ada beberapa sikap yang bisa membuat seseorang sulit dihargai atau dihormati. Namun ada pula sikap yang membuat seseorang sangat mudah dihargai pun dicintai. 

Kali ini, kita akan membahas beberapa sikap yang ternyata sulit membuat seseorang dihargai orang lain. Dan penting bagi siapapun untuk mengurangi bahkan membuang jauh-jauh sikap ini dari dalam dirinya.

Sombong dan Congkak

Sikap sombong atau merasa lebih tinggi dari orang lain bisa membuat seseorang sulit dihargai. Ketika seseorang terlalu percaya diri atau merasa lebih baik daripada yang lain, disadari atau tidak ini akan menciptakan jarak antara mereka dan orang lain. Sikap ini memungkinkannya mengurangi potensi untuk membangun hubungan yang lebih baik. 

Glick, P dan Fiske, S. T, dalam penelitiannya berjudul The Ambivalent Sexism Inventory: Differentiating hostile and benevolent sexism, yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology, mengungkapkan adalah sikap sombong sebagai salah satu sikap terburuk. Ini bisa berdampak buruk bagi keseharian seseorang. Termasuk berdampak buruk pada penilaian orang lain terhadapnya.

Suka Meremehkan Orang Lain

Orang-orang yang suka meremehkan atau merendahkan orang lain, ia juga akan sangat sulit dihargai. Orang ini bahkan enggan membuat orang lain menghormati dan bersikap baik padanya. Meremehkan orang lain adalah tindakan yang tidak hanya tidak etis, tetapi juga bisa membuat seseorang sulit dihargai. Memandang rendah pendapat, ide, atau kontribusi orang lain akan menciptakan ketegangan dan ketidaksetaraan dalam interaksi sosial.

Sikap Acuh Tak Acuh

Ketidakpedulian terhadap perasaan, kebutuhan, atau masalah orang lain juga merupakan sikap yang bisa membuat seseorang sulit dihargai. Ketika seseorang tidak peduli atau acuh terhadap orang lain, hal ini akan menciptakan perasaan diabaikan atau diabaikan. Sikap acuh tak acuh, akan memungkinkan orang lain bersikap sama kepadanya. Ini memungkinkan orang lain bersikap tak peduli lagi padanya. 

Egois dan Tidak Kooperatif

Sikap egois dan tidak mau bekerjasama dalam situasi sosial atau kerja sama tim, akan membuat seseorang sulit dihargai. Kerja sama, empati, dan kepedulian terhadap kepentingan bersama adalah kualitas yang sering dihargai dalam hubungan interpersonal.

Dalam penelitiannya yang berjudul The Evolution of Cooperation, peneliti bernama Axelord, R. dan Hamilton, W. D. mengungkapkan jika seseorang yang dikenal egois, lebih sulit dihargai oleh orang lain. Orang ini juga sangat mungkin tidah dihormati dengan baik oleh sekitarnya. 

Tidak Jujur dan Manipulatif

Tidak jujur atau berperilaku tidak etis seperti suka memanipulasi orang lain, akan merusak kepercayaan dan integritas seseorang. Ketika seseorang tidak bisa diandalkan atau dihormati karena perilaku yang tidak etis, ini akan merusak reputasi mereka dalam mata orang lain. Beberapa studi menemukan jika orang yang tidak jujur, akan lebih sulit untuk dihargai dan dihormati. Ini membuatnya cukup sulit memiliki kualitas diri yang baik di mata orang lain. 

Jadi Sahabat Fimela, menghindari sikap-sikap di atas adalah langkah yang cukup penting jika kamu ingin membangun hubungan yang sehat dan positif dengan orang lain. Kualitas seperti kerendahan hati, empati, kooperasi, dan integritas sering kali membuat seseorang jauh lebih dihargai dan dihormati dalam interaksi sosialnya sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk menjadi pribadi yang berkualitas tanpa merendahkan pun menjatuhkan diri sendiri dengan sikap sehari-hari. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading