Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tetap Bahagia saat Keinginanmu Belum Terwujud

Fimela.com, Jakarta Kehidupan seringkali memberikan kita beragam keinginan dan impian yang belum terwujud. Bahkan sesuatu yang sudah kita perjuangkan setengah mati bisa memberikan hasil yang jauh dari dugaan. Menyikapi keinginan yang belum terwujud meski sudah diupayakan sekuat tenaga. memang tak mudah. Namun, penting untuk diingat bahwa belum mendapatkan hal yang diinginkan bukanlah akhir dari segalanya.

Kita masih bisa tetap bahagia dengan hidup yang kita jalani saat ini meskipun ada keinginan yang belum terpenuhi. Berikut ini sejumlah cara dan strategi sederhana yang bisa dicoba agar bisa tetap nyaman dan bahagia menjalani hidup saat ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini, ya Sahabat Fimela.

 

 

1. Mensyukuri Semua Hal yang Sudah Dimiliki

"Kita sering lupa untuk mensyukuri apa yang sudah ada dalam hidup kita saat sibuk menginginkan hal baru." - Karen Cloy

Mengutip buku Conversations on Love, "... maybe not getting what you want allows you to see the beauty of what you have. Without that, it's too much of a smooth ride." Mungkin tidak mendapatkan hal yang kita inginkan merupakan cara agar kita diarahkan untuk melihat keindahan dari hal-hal yang selama ini sudah kita miliki.

Salah satu kunci utama untuk tetap bahagia ketika ada keinginan yang belum terwujud adalah dengan bersyukur atas semua yang telah kita miliki. Kita seringkali terlalu fokus pada apa yang belum kita capai sehingga lupa menghargai apa yang sudah ada di sekitar kita. Dalam kehidupan yang serba cepat dan kompetitif, meluangkan waktu untuk merenung dan bersyukur atas berkah-berkah yang kita miliki adalah langkah penting menuju kebahagiaan yang sejati.

 

 

2. Mengapresiasi Diri Sendiri dengan Penuh Kasih

"Kamu harus mencintai dirimu sendiri. Tanpa cinta untuk diri sendiri, kamu tidak akan pernah bisa mencapai hal-hal besar dalam hidup." - Karen Salmonsohn

Kadang-kadang, kita terlalu keras pada diri sendiri ketika keinginan belum terwujud. Ini adalah saat yang tepat untuk mengingatkan diri sendiri bahwa kita adalah manusia yang tak sempurna, dan kegagalan adalah bagian alami dari perjalanan menuju impian kita. Jangan biarkan kegagalan menghancurkan rasa harga diri kamu. Alihkan perhatian kamu dari kekurangan-kekurangan tersebut dan mulailah mengapresiasi diri sendiri dengan penuh kasih.

 

 

3. Menata Ulang Ekspektasi dengan Memperkuat Prasangka Baik

"Jika kamu mengubah cara kamu memandang hal-hal, hal-hal yang kamu pandang pun akan berubah." - Wayne Dyer

Ketika kita menghadapi kekecewaan karena impian belum terwujud, kita harus mampu menata ulang ekspektasi kita. Bukan berarti kita harus menurunkan ambisi atau impian kita, tetapi kita perlu mengubah cara kita memkamung kegagalan. Alihkan pandangan kamu dari kegagalan sebagai akhir dari segalanya, dan lihatlah kegagalan sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh. Memperkuat prasangka baik terhadap diri sendiri dan masa depan akan membantu kamu tetap optimis dan bahagia.

 

 

4. Mengizinkan Diri Bersedih Secukupnya

"Ketika kita mengizinkan diri kita merasakan kesedihan, kita juga mengizinkan diri kita untuk menyembuhkan." - Iyanla Vanzant

Kadang-kadang, ada kecenderungan untuk menekan perasaan sedih atau kekecewaan kita. Namun, penting untuk diingat bahwa sedih adalah emosi yang alami dan sehat. Mengizinkan diri kamu untuk merasakan kesedihan secukupnya adalah langkah penting dalam proses penyembuhan.

Jangan takut untuk merenungkan perasaan kamu dan mencari dukungan dari teman, keluarga, atau seorang profesional jika diperlukan. Setelah kamu membiarkan diri kamu bersedih dengan benar, kamu akan lebih siap untuk melanjutkan perjalanan menuju impian kamu dengan semangat yang lebih kuat.

 

 

5. Membuat Perubahan Baru yang Selaras dengan Hal yang Ingin Dicapai

"Kebahagiaan bukanlah hal yang sudah ada, tetapi merupakan perasaan yang kita ciptakan dengan tindakan kita." - Roy T. Bennett

Saat kita merasa terjebak dalam ketidakbahagiaan karena keinginan belum terpenuhi, cobalah untuk membuat perubahan dalam hidup kamu yang sesuai dengan impian kamu. Meskipun impian besar mungkin belum terwujud, kamu masih memiliki kendali atas banyak aspek hidup kamu.

Buatlah langkah-langkah kecil dan tindakan konkret yang mendekatkan kamu pada impian tersebut. Tindakan ini akan memberikan kamu perasaan prestasi dan kebahagiaan, bahkan jika impian besar belum tercapai. Dengan mensyukuri apa yang sudah kita miliki, mengapresiasi diri sendiri, menata ulang ekspektasi, mengizinkan diri untuk merasa sedih, dan membuat perubahan positif dalam hidup kita, kita dapat tetap bahagia dalam perjalanan menuju impian kita.

Seperti yang dikatakan oleh Albert Schweitzer, "Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika kamu mencintai apa yang kamu lakukan, kamu akan berhasil." Jadi, tetaplah terima semua proses jatuh bangun yang kamu alami dalam hidup ini. Kebahagiaan akan senantiasa menyertaimu selama kamu mau terus melangkah ke depan.

Loading