Sukses

Lifestyle

5 Cara Sederhana agar Kamu Tetap Hidup Sesuai Anggaran

Fimela.com, Jakarta Kamu ingin mencari cara untuk tetap berada di bawah anggaran untuk membatasi pengeluaran dan mempunyai tabungan besar di akhir bulan? Tentu saja ada caranya. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk hemat uang dan tetap berada seusai anggaran setiap bulannya. 

Kebanyakan orang akan menghabiskan banyak sekali uang untuk sekali belanja. Hal inilah yang membuat seseorang cepat kehilangan uang karena tidak sadar dengan pola belanja yang banyak. Untuk menekan anggaran, kamu bisa ikuti 5 cara sederhana ini yang dilansir dari allwomenstalk (25/9). Simak penjelasannya.

Lacak kemana uang pergi

Lacak kebiasaan pengeluaran selama beberapa minggu. Tentukan apa saja yang akan kamu belanjakan uang yang tidak perlu atau berlebihan. Apakah makanan ringan? Minuman? Majalah? Belanja? Atau gadget? Setelah kamu menuliskan list, maka kamu akan menyadari bahwa kamu sudah membuang-buang banyak uang. Lakukan perubahan kecil misalnya membawa bekal makan siang ke kantor atau bawa botol air minum untuk menghindari beli minuman kemasan.

Lupakan kartu kredit

Memiliki kartu kredit ternyata dapat merusak dompetmu. Sebagian besar dari kamu bertahan dengan hanya kartu debit atau uang tunai saja. Situasi terbaik dimana penggunaan kartu kredit dibenarkan adalah jika kamu memiliki atau menjalankan perusahaan yang harus membeli barang setiap hari dalam skala harga yang besar. Sebenarnya tidak ada salahnya memiliki kartu kredit untuk situasi darurat selama kamu menggunakannya untuk tujuan khusus.

Gunakan kupon dan diskon

Salah satu cara terbaik untuk hemat anggaran belanja setiap bulan adalah dengan memanfaatkan kupon dan diskon. Kamu bisa mencarinya di situs web yang menyediakan kupon gratis yang bisa dicetak, atau paket yang bisa kamu beli dengan harga murah dengan penghematan tiga kali lipat. Kamu juga bisa mendaftarkan diri menjadi keanggotaan dan dapatkan kupon untuk anggota eksklusif di toko-toko yang sering kamu datangi.

Gunakan hanya uang tunai

Tips yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah selalu membawa uang tunai. Kamu bisa membawa sejumlah uang yang kamu tahu akan dibelanjakan dan dijamin kamu tidak akan menghabiskannya. Menggunakan uang tunai juga menjamin bahwa kamu akan mempertimbangkan pembelian secara menyeluruh karena selalu lebih sulit melihat uang tunai yang diperoleh dengan susah payah keluar dari dompet daripada menggesek kartu.

Split bill

Pisahkan tagihan-tagihan kamu dan pasangan apabila sudah menikah. Aturlah agar kamu dapat mengambil setengah dari tagihan dari satu gaji yang didapatkan dan setengah dari tagihan kamu dari gaji lainnya. Dengan melakukan ini, kamu bisa menyeimbangkan tagihan dan memiliki arus kas yang seimbang sepanjang bulan. 

Sahabat Fimela, demikian 5 cara agar kamu tetap sesuai anggaran. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading