Sukses

Lifestyle

Bisa Melakukan 5 Hal Ini adalah Tanda Kamu Menjalani Hidup Bahagia

Fimela.com, Jakarta Ketika seseorang menjalani kehidupan, akan selalu ada tujuan yang pasti di hati yaitu merasa bahagia. Tidak ada orang yang tidak mau bahagia, tapi bahagia juga butuh dilatih dan dibiasakan, karena terkadang kebahagiaan ditentukan oleh cara kita berpikir dan bersikap terhadap hal-hal yang terjadi di dalam hidup.

Akan selalu ada tantangan dan ujian, tapi akan selalu ada pula hal manis dan indah di antaranya. Orang-orang bahagia biasanya sudah bisa memaafkan hal-hal tertentu sehingga membuatnya mudah merasa bahagia. Ternyata ini sekian hal yang sudah bisa dilakukan orang-orang yang merasa bahagia dalam hidup.

1. Memaafkan kesalahan masa lalu

Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard Health menemukan bahwa sikap memaafkan memiliki korelasi menurunkan tingkat depresi, kecemasan, dan rasa permusuhan. Belajar memaafkan bahkan dapat meningkatkan rasa menghargai diri sendiri dan kepuasan dalam hidup. Studi lain oleh Greater Good Science Center di UC Berkeley menemukan bahwa memaafkan kesalahan masa lalu dapat menurunkan stres, tekanan darah dan mencegah penyakit kardiovaskuler.

2. Berhenti menggerutu dan menyesali sesuatu

Kebahagiaan seringkali berkaitan dengan cara kita memandang masa lalu, apakah terlalu mengeluh, menggerutu, mendendam dan menyesali sesuatu ataukah kita bisa mengikhlaskannya. Menurut studi oleh Harvard Business Review, penyesalan dapat menghalangimu melanjutkan hidup dengan cara yang positif. Sebuah studi oleh The Conversation menemukan bahwa penyesalan bisa memakan banyak waktumu secara sia-sia dan mengganggu kebahagiaan dan kesejahteraan hidup. Jadi, masihkah kamu terus menyesali sesuatu dalam hidup?

3. Tidak bergosip dan menyebar rumor

Bersosialisasi, berinteraksi dan menciptakan hubungan baik dengan semua orang itu harus, tapi cara yang ditempuh tidak perlu dengan bergosip atau menciptakan rumor yang tak benar tentang orang lain. Ada banyak hal yang bermanfaat yang bisa dibicarakan tanpa menyinggung keburukan orang lain. Belajarlah untuk tidak bergosip atau menyebar isu tidak benar. Kemampuan memilah percakapan ternyata juga bisa membuatmu merasa hidup lebih tenang dan bahagia.

4. Tidak lagi mencari validari orang lain

Manusia memiliki kecenderungan mencari validasi atau pengakuan dari orang lain karena memang tidak menyenangkan jika tidak dianggap. Tapi akan lebih baik jika kamu bisa memaafkan diri sendiri karena selalu mencari pengakuan dari orang lain dan berhenti membandingkan diri. Percaya atau tidak, kebiasaan itu yang mencegahmu bahagia karena bisa menurunkan kepercayaan diri, mengabaikan jati diri, dan selalu berusaha memenuhi ekspektasi orang lain yang tak ada habisnya, yang ada kamu jadi lelah sendiri.

5. Tidak mengejar kesempurnaan

Menurut studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review, perfeksionisme adalah pedang bermata dua yang dapat berdampak positif dan negatif pada performa kerja dan kesejahteraan hidup. Meskipun perfeksionisme bisa memotivasi kita untuk menunjukkan kinerja dengan kualitas terbaik, sayangnya perfeksionis juga dapat menimbulkan kecemasan yang tidak perlukan dalam hidup. Terbiasa mengerjar kesempurnaan juga membuatmu cenderung overthinking dan kurang beryukur.

Jika bisa merasakan semua poin di atas, kemungkinan besar hidupmu jadi lebih tenang dan bahagia setiap harinya karena sebenarnya kamu telah melepaskan hal-hal yang sering menjadi beban pikiran banyak manusia di dunia ini.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading