Sukses

Lifestyle

Penyebab Wajah Jerawatan yang Jarang Disadari Orang, Yuk Ketahui Bersama

Fimela.com, Jakarta Jerawat jadi salah satu masalah kulit yang umum dihadapi oleh banyak orang, terutama remaja dan dewasa muda. Biasanya, jerawat paling sering muncul di area wajah. Namun dalam beberapa kasus, jerawat juga bisa muncul di area tubuh lainnya seperti punggung, leher, hingga bagian atas dada. 

Sebenarnya jerawat di wajah bukan suatu permasalahan yang serius. Namun kalau kemunculannya terjadi terus-menerus, tentu saja penampilan akan terlihat kurang maksimal dan dapat memengaruhi rasa percaya diri seseorang. Tapi, apa sih sebenarnya penyebab wajah jerawatan? Apa cuma karena sekedar minyak yang berlebih saja?

Perlu kamu ketahui bahwa jerawat adalah suatu kondisi di mana folikel rambut tersumbat. Akibatnya, sebum atau minyak yang membantu menjaga kulit agar nggak kering, dan sel kulit mati bisa menyumbat pori-pori. Untuk lebih lengkap seputar penyebab wajah jerawatan, maka informasi di bawah ini wajib banget untuk dibaca. Apa sih itu?

Penyebab Wajah Jerawatan yang Wajib Diketahui

Penyebab wajah jerawatan yang paling umum berasal dari pola hidup kurang baik yang dilakukan sehari-harinya. Berbagai gaya hidup ini cenderung kurang disadari, sehingga ada banyak orang yang terus melanjutkannya. Meski begitu, ada pula jerawat di wajah yang diakibatkan oleh faktor luar, misalnya saja polusi dan debu yang berterbangan. Lalu, apa saja ya beberapa penyebab wajah jerawatan yang wajib diketahui bersama?

1. Penggunaan Produk Perawatan Kulit yang Nggak Cocok

Jerawat bisa muncul karena penggunaan produk perawatan yang kurang tepat. Seringkali, orang menggunakan berbagai produk perawatan kulit tanpa memperhatikan jenis kulit mereka. Padahal, penggunaan produk yang nggak sesuai dengan jenis kulit dapat berpotensi menyebabkan iritasi dan peradangan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat. 

Inilah mengapa penyebab wajah jerawat merah sering muncul tanpa diduga. Jika kamu mengalami hal serupa, sebaiknya mulai berhati-hatilah untuk nggak memilih produk perawatan kulit yang sembarangan. Kamu pun juga bisa melakukan konsultasi dengan seorang ahli dermatologi untuk menentukan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit sendiri.

2. Tingkat Stres dan Kecemasan yang Berlebihan

Penyebab jerawat di wajah selanjutnya yang sering terjadi tapi jarang disadari oleh banyak orang yaitu kondisi stress dan kecemasan yang berlebih. Perlu kamu ketahui bahwa, stres dan kecemasan dapat meningkatkan produksi hormon stres, seperti kortisol. Hormon ini sendiri dapat merangsang kelenjar minyak di kulit kamu, yang dapat menyumbang pada perkembangan jerawat. 

3. Alat Makeup yang Nggak Bersih

Jerawat wajah parah yang mampu mengganggu penampilan juga bisa diakibatkan oleh alat-alat makeup yang jarang dibersihkan. Hal seperti ini sering banget menimpa para perempuan. Setelah memakai peralatan makeup seperti brush, mereka cenderung meletakkannya kembali ke dalam pouch alih-alih membersihkannya. 

Padahal, melakukan hal tersebut sama saja artinya dengan membiarkan bakteri serta kuman menempel pada peralatan makeup yang dipunya. Ketika waktunya digunakan, bakteri dan kuman tersebut pun akan berpindah ke wajah kamu, yang akhirnya dapat memicu terjadinya jerawat. Maka dari itu, pastikan untuk menjaga kebersihan peralatan makeup kamu secara teratur, ya.

4. Paparan Polusi Udara

Meskipun kebanyakan penyebab wajah jerawatan terjadi karena kebiasaan buruk, namun ada pula kasus jerawat muncul karena lingkungan sekitar. Misalnya saja seperti polusi udara, yang biasanya terdiri dari debu dan partikel kecil lainnya. Polusi udara yang terbang bebas di udara ini sudah pasti dapat menempel pada kulit kamu. Jika tidak dibersihkan secara rutin, polusi ini dapat menyumbang pada munculnya jerawat wajah. 

5. Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat Rendah Berkualitas

Penyebab wajah jerawatan juga bisa terjadi karena pemilihan menu santapan yang kurang tepat. Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi insulin, dan kemudian merangsang kelenjar minyak kulit dan menyebabkan jerawat. Untuk itulah, berbagai makanan tersebut perlu dihindari agar kemunculan jerawat bisa lebih dikontrol.

Adapun makanan penyebab jerawat ini berupa makanan tinggi gula dan karbohidrat, seperti roti, sereal, dan biskuit, produk susu, makanan cepat saji, makanan yang mengandung cokelat, hingga makanan berminyak seperti gorengan. Walau begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa berbagai makanan tersebut memiliki efek untuk menyebabkan jerawat secara pasti atau nggak.

6. Sering Menyentuh Wajah dengan Tangan yang Kotor

Sadar atau nggak, ternyata sering menyentuh wajah dengan tangan bisa menimbulkan jerawat yang mengganggu. Meskipun terlihat bersih, tapi tangan sebenarnya dapat menjadi sarang dari jutaan bakteri dan kuman yang nggak nampak. Ketika tangan bersentuhan dengan wajah, maka bakteri tersebut pun akan berpindah dan menetap di wajahmu. Jika nggak rutin mencuci waja, bakteri tersebut bisa merangsang reaksi peradangan di dalam pori-pori, yang pada gilirannya dapat menyebabkan munculnya jerawat.

7. Bedagang 

Acungkan tangan dulu buat yang suka begadang di malam hari! Hati-hati, karena kalau terlalu sering begadang ternyata bisa menjadi penyebab wajah jerawatan. Ketika kamu kurang tidur, maka tingkat stress yang dialami pun akan jadi meningkat. Dan ketika tingkat stress ini tinggi, maka hormon kortisol pun juga akan meningkat dan memicu peradangan pada tubuh, termasuk pula struktur kulit. 

Inilah mengapa aktivitas begadang yang dilakukan terlalu sering dapat mengakibatkan timbulnya jerawat, khususnya di area wajah. Bahkan nggak cuma jerawat saja lho yang menjadi akibatnya, tapi begadang juga dapat memperparah permasalahan kulit lainnya seperti seperti psoriasis dan eksim.

Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah yang Efektif

Kemunculan jerawat di wajah memang jadi hal yang nggak terduga. Tapi jangan khawatir dulu, karena ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di wajah dan meraih kulit yang bersih serta sehat. Simak dulu yuk cara menghilangkan jerawat di wajah yang efektif.

1. Disiplin Melakukan Perawatan Wajah

Cara menghilangkan jerawat yang pertama adalah disiplin dalam melakukan perawatan wajah. Perawatan wajah yang rutin dilakukan dapat membantu kamu mengatasi permasalahan jerawat dengan lebih cepat dan nggak balik lagi. Bukan cuma itu saja lho, perawatan wajah yang dilakukan dengan benar pun nyatanya juga dapat memudarkan noda bekas jerawat yang nggak banget. 

Untuk dapat membantu mengatasi jerawat, kamu bisa mencoba beberapa bahan seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, atau asam alfa hidroksi (AHA). Gunakan berbagai produk perawatan kulit yang mengandung salah satu bahan ini sesuai petunjuk dokter atau ahli kecantikan, ya.

2. Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah jadi salah satu cara untuk mengatasi jerawat membandel yang muncul. FYI, eksfoliasi merupakan proses pengelupasan lapisan kulit mati dari permukaan kulit. Proses ini dapat dilakukan menggunakan berbagai produk, seperti scrub, masker, atau bahan kimia tertentu yang dirancang khusus untuk eksfoliasi kulit.

Jika kamu mau jerawat di wajah cepat menghilang, maka sebisa mungkin memilih produk eksfoliasi yang mengandung salicylic acid (BHA) dan glycolic acid (AHA) yang dapat masuk ke pori-pori dan membantu membersihkan sumbatannya, sehingga jerawat lebih cepat sembuh. Kedua bahan tersebut juga dipercaya dapat memudarkan noda bekas jerawat, sehingga kehadirannya dalam produk skincare begitu dibutuhkan.

3. Selalu Pakai Sunscreen

Selain rutin melakukan eksfoliasi, kamu pun juga wajib untuk selalu mengaplikasikan sunscreen di wajah. Pasalnya, paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab wajah jerawatan semakin parah. Ketika jerawat yang ada di wajah terkena panas sinar matahari, maka kondisinya akan semakin meradang dan bahkan bisa memicu timbulnya jerawat baru.

Oleh karena itu, sunscreen sangat dibutuhkan untuk dapat membantu mengurangi risiko peradangan ini dengan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Dengan mengurangi peradangan, kamu pun akan bisa membantu kulit dalam proses penyembuhan jerawat yang ada.

Oiya, ketika memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, pastikan kamu memilih produk yang non-komedogenik (nggak menyebabkan penyumbatan pori-pori) dan bebas dari minyak. Pasalnya, sunscreen dengan label ‘oil-free’ atau ‘non-comedogenic’ akan lebih cocok untuk kulit yang rentan terhadap jerawat.

4. Gunakan Sabun Khusus Jerawat Wajah

Untuk mengatasi permasalah jerawat wajah yang memerah, kamu juga wajib memilih produk sabun wajah yang tepat. Sabun jerawat wajah yang dipilih haruslah sesuai dengan kondisi kulit sendiri serta memiliki bahan-bahan yang nggak bikin kulit jadi meradang. Selain itu, hindari pula penggunaan sabun cuci wajah yang mengandung alkohol, pewangi, atau bahan-bahan lainnya yang memiliki potensi mengiritasi kulit wajah.

Jika kamu ingin mengobati jerawat secara aktif, pertimbangkan juga sabun wajah yang mengandung bahan aktif yang sesuai dengan kondisi kulit. Misalnya saja seperti asam salisilat atau salicylic acid. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan produk berbahan aktif.

5. Bergaya Hidup Sehat

Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab wajah jerawatan yang paling umum adalah gaya hidup kurang sehat yang diterapkan. Untuk itulah, cara mencegah jerawat efektif yang perlu dilakukan yaitu menjalani gaya hidup yang lebih sehat dari sebelumnya. Ini bisa dimulai dengan memperbaiki pola makan, pola tidur, serta senantiasa menjaga kebersihan serta kesehatan kulit.

Ketika kamu menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, pastinya nggak cuma kulit saja yang menerima manfaat baiknya melainkan juga bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, jangan pernah lelah ya untuk menjalani kehidupan lebih sehat agar tubuh bisa mendapatkan dampak positifnya.

6. Tindakan di Klinik Kecantikan

Jika jerawat di wajah sering muncul dan sulit untuk dihilangkan, maka langkah yang bisa kamu ambil yaitu mengunjungi klinik kecantikan. Klinik kecantikan merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan perawatan jerawat yang efektif. Sebab, ada tenaga medis yang berpengalaman dan teknologi terkini yang mampu merawat kulit bermasalah maupun normal kamu.

Salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat di klinik kecantikan yaitu dengan menggunakan laser jerawat wajah. Cara ini pun dianggap sangat efektif, karena hasilnya bisa cepat terlihat dan proses yang dilalui juga nggak menimbulkan rasa sakit. Jika kamu tertarik untuk melakukan perawatan kulit wajah jerawat, maka bisa langsung datang saja ke klinik kecantikan terpercaya yang ada di dekatmu.

Ingatlah bahwa mengatasi jerawat memerlukan waktu dan kesabaran. Nggak ada solusi instan untuk masalah kulit ini. Tetapi dengan perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup sehat, kamu pastinya akan dapat mencapai kulit yang lebih bersih dan bebas jerawat. Selain itu, jangan lupa pula kalau merawat kulit harus dilakukan dengan lembut dan penuh perhatian. Apalagi karena kulit yang sehat adalah aset berharga bagi kepercayaan diri sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading