Sukses

Lifestyle

7 Cara Mengetahui Kecerdasan yang Kita Miliki dari Kebiasaan Sehari-Hari

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan manusia secara akurat mungkin tidak bisa benar-benar diukur, kita hanya bisa memperkirakan kecerdasan seseorang saja. Lagipula kecerdasan sendiri memiliki definisi yang beragam dan bahkan beberapa ahli membedakannya menjadi beberapa tipe, tergantung mana yang kamu yakini. Ada banyak cara mengetahui kecerdasan yang kita miliki, beberapa di antaranya yang paling mudah adalah tes IQ, tapi ada juga beberapa cara mengetahui kecerdasan seseorang dari kehidupan sehari-hari.

1. Tes IQ

Cara paling mudah mengetahui kecerdasan otak tentu dengan mengikuti tes IQ. Banyak ahli menilai bahwa skor tes IQ dianggap kurang akurat dalam mengukur kecerdasan seseorang karena pada dasarnya otak manusia akan terus berkembang sehingga bisa jadi setahun kemudian ketika kamu mengikuti tes IQ yang sama, hasilnya akan berbeda. Tes IQ ada berbagai macam, rata-rata dari luar negeri seperti Mensa admissions test, WAIS, dan Stanford-Binet, yang terkenal. Tes IQ lainnya secara online juga banyak, silakan memilih tes IQ yang disukai.

2. Mudah memahami konteks

Orang-orang yang cerdas akan secara alami mudah memahami konteks apa pun yang diberikan kepada mereka, baik pembicaraan, pelajaran atau pembahasan lain yang rumit sekalipun. Jadi jangan heran jika kemudian banyak orang dianggap cerdas karena ia mudah memahami, mencerna, mengerti dan mengerjakan sesuatu yang dianggap sulit bagi banyak orang. Ini adalah cara mudah mengetahui bahwa kamu termasuk orang yang cerdas.

3. Punya daya ingat yang kuat

Orang-orang yang mudah mengingat sesuatu juga dianggap cerdas. Kamu akan tahu bahwa kecerdasanmu di atas rata-rata jika mudah mengingat informasi dan pengetahuan yang diajarkan, bahkan jika itu dibahas sekilas. Tidak semua orang memiliki kemampuan ini, dan seringkali ingatan yang kuat menjadi kelebihan yang menentukan kecerdasan seseorang. Orang-orang seperti ini biasanya akan menonjol dengan sendirinya tanpa mereka berusaha menarik perhatian karena kelebihannya.

4. Bagus dalam problem-solving

Kecerdasan seseorang juga bisa diukur dari kemampuannya menyelesaikan masalah. Jika kemampuan problem-solvingmu dalam tingkatan yang kuat, dalam artian selalu mudah menemukan jalan keluar, menghadapi masalah dengan tenang, dan memiliki cara berpikir yang luas serta kreatif bahkan out of the box, maka secara alami kamu memiliki kecerdasan tingkat tinggi. Seringkali banyak pengalaman hidup juga menentukan kemampuan problem solving seseorang. Tapi didak semua orang punya kemampuan ini, bahkan jika ia melatih seumur hidup.

5. Berpikiran terbuka dan kreatif

Berpikiran terbuka dan kreatif juga menjadi cara mudah mengetahui kecerdasan seseorang. Orang yang berpikiran standar tidak akan tahu caranya keluar dari masalah secara rasional dan tepat. Ia akan terjebak dalam kepanikan dan kegelisahan tanpa berusaha lebih jauh. Orang cerdas tidak mudah menyerah, menggunakan otaknya untuk mengatasi masalah dan justru tertentang menyelesaikannya dengan pertahanan kuat.

6. Tidak mudah tersulut amarah

Orang yang gampang amarah biasanya dianggap kurang cerdas, begitu pun jika tidak pernah marah. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang mudah marah cenderung mengira mereka lebih cerdas daripada kenyataannya. Ini disebabkan oleh hubungan antara kemarahan dan sifat-sifat seperti optimisme dan narsisme, yang cenderung membuat seseorang terlalu percaya diri dengan kemampuannya. Penelitian tidak membuktikan bahwa ada hubungan antara kemarahan dan kecerdasan, namun orang yang pemarah cenderung merasa dirinya lebih pintar. Dan biasanya orang yang mengaku pintar sebenarnya tidak terlalu pintar.

7. Punya kebiasaan unik

Orang-orang cerdas seringkali punya kebiasaan unik sehingga membuat otaknya berkembang dengan cara yang berbeda ketimbang orang lain, misalnya hobi baca buku, hobi menyusun puzzle, hobi jalan-jalan ke alam, hobi mempelajari mikroorganisme di bawah mikroskop, hobi lari maraton untuk meningkatkan kesehatan dan lain sebagainya. Itu menandakan ia mau berkembang dan membuka jalan untuk terus membuat dirinya belajar.

Itu dia beberapa cara mengetahui kecerdasan yang kita miliki. Manakah poin yang kamu miliki, Sahabat Fimela?

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading