Sukses

Lifestyle

5 Cara Menjalani Hari agar Tak Menyesali Apa pun Dalam Hidup

Fimela.com, Jakarta Diakui atau tidak, setiap orang pasti memiliki satu dua hal yang ia sesali dalam hidup, entah itu keputusan dalam hidup, hal yang tidak ia kerjakan dalam hidup, atau kesalahan yang menimbulkan perasaan tak enak dalam waktu lama. Semua itu hal yang wajar dirasakan manusia karena kita pasti memiliki keinginan menjalani hidup dengan sebaik mungkin.

Tapi mau bagaimana pun, masa lalu tak bisa diubah dan kita harus tetap menatap ke depan dan berjalan. Hidup tidak berhenti hanya karena kita merasa bersalah atau menyesali sesuatu. Lalu bagaimana caranya agar tidak perlu menyesali apa pun dalam hidup? Terkadang kita hanya perlu diingatkan untuk tak melakukan beberapa hal. Ini dia sekian cara agar tidak perlu menyesali apa pun dalam hidup.

1. Jangan menolak pengalaman baru

Berkata 'tidak' pada pengalaman baru sama halnya menolak berkembang. Kamu mengetahui dunia ini lebih baik dan belajar lebih banyak karena memiliki pengalaman. Tentu tidak mudah keluar dari zona nyaman bagi beberapa orang, tapi selagi ada kesempatan, akan lebih baik kamu tidak menolak kesempatan yang ada, terutama untuk keluar dari rutinitas atau situasimu saat ini, bisa jadi kamu akan menemukan peluang baru yang meningkatkan levelmu di perjalanan itu. Ambil setiap peluang dan kesempatan jika tidak ingin menyesal.

2. Luangkan waktu memanjakan diri sendiri

Menjalani pekerjaan setiap hari bahkan sepanjang hidup dengan segala tekanannya pasti melelahkan secara fisik dan mental, tapi kamu malah tidak pernah memanjakan diri. Bukankah itu sebuah kesia-siaan? Bekerja dan bersenang-senanglah secukupnya dan secara seimbang agar tidak menyesal.

Mencari uang dan kekayaan di dunia ini boleh saja, tapi mengabaikan kesejahteraan diri sendiri sama halnya dengan menyia-nyiakan hidup. Lagipula semua uang itu tak akan dibawa mati, jadi bahagiakan dirimu selagi sempat karena justru itulah yang membuatmu merasa hidup ini layak untuk dijalani. Perlu diingat bahwa merawat dan memanjakan diri bukanlah sebuah kemewahan, tapi kebutuhan untuk kesehatan mental.

3. Jujur ungkapkan isi hati dan pikiran

Banyak orang merasa menyesal karena tidak pernah mengatakan isi hati dan pikiran secara jujur. Pada akhirnya ia kepikiran dalam waktu lama dengan pertanyaan "mengapa tidak jujur saja waktu itu?" atau "mengapa aku harus mengatakan B dan bukannya A padahal aku sangat menginginkan A?" Penyesalan itu tak menyenangkan dan jika kamu bukan tipe orang yang gampang legowo atau mudah mengikhlaskan sesuatu, sudah pasti hal itu akan membayangi pikiranmu. Lagipula bersikap jujur seringkali lebih memudahkan urusan hidup dan mampu menghindarkanmu dari masalah yang lebih besar. Percaya atau tidak, hatimu juga akan terasa lebih damai.

4. Belajar memaafkan masa lalu

Hidup hanya akan terasa menyesakkan di dada jika kita tak bisa belajar memaafkan, baik kesalahan diri sendiri maupun orang lain. Kalimat nasehat "yang lalu biarlah berlalu" seringkali gampang diucapkan tapi sulit dijalankan. Harus kita akui, memaafkan itu sulit. Itu seakan menjadi pagar besi yang melindungi diri sendiri agar tidak terluka lagi sekaligus menjadi pertahanan harga diri. Tapi tak bisa memaafkan masa lalu sama halnya membuat belenggu pada diri sendiri untuk selalu mengingat rasa sakit itu. Dan itu hanya akan menjadi penyakit untuk batinmu.

5. Mengejar impian dan keinginan

Ketakutan akan hal yang tidak diketahui memang bisa mengkhawatirkan, tapi juga bisa melumpuhkan. Bagaimana pun, tidak ada salahnya mencoba. Itulah yang perlu diingat kapan pun kamu ragu-ragu mengejar impian dan keinginanmu. Hal yang paling ingin kamu capai dan dapatkan pasti akan membuatmu bahagia, dan itu seharusnya tidak dilupakan. Itu harus diperjuangkan dan diusahakan. Jika tak bisa dijadikan profesi, maka jadikan hobi. Karena seringkali orang kehilangan semangat hidup dan keinginan untuk bertahan ketika sudah tak punya lagi impian dan tujuan. Impian itulah yang menjadi sumber motivasimu, jadi bertahanlah.

Tentu setiap orang memiliki tantangan dan ujian hidupnya masing-masing, dan beberapa orang pasti lebih sulit mewujudkan semua saran di atas. Tapi jika tak ingin menyesali apa pun, usahakan melakukan semua hal di atas ya, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading