Sukses

Lifestyle

5 Sikap Sederhana yang Membuatmu Dianggap Cerdas oleh Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan menyelesaikan masalah dengan cara yang efektif dan kreatif. Kecerdasan tidak hanya ditentukan oleh faktor genetik, tetapi juga oleh lingkungan, pendidikan, motivasi, dan minat. Seseorang yang dianggap cerdas dibanding orang lain biasanya memiliki beberapa ciri, seperti memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, berpikir kritis dan logis, mampu belajar dari pengalaman, beradaptasi dengan situasi baru, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Seseorang yang cerdas juga tidak mudah puas dengan pengetahuan yang dimiliki, tetapi selalu mencari informasi dan pengetahuan baru.

Tapi ada beberapa sikap sederhana yang bisa membuatmu dianggap cerdas, bahkan jika tak pernah menunjukkan skor IQ. Ini dia beberapa sikap sederhana tersebut.

1. Tak pernah bergosip

Bergosip tentang orang lain tidak hanya menunjukkan kurangnya rasa hormat dan menghargai orang lain, tapi juga membuatmu terlihat kurang cerdas. Orang cerdas tidak akan membuang waktunya untuk hal-hal kurang berguna macam bergosip, membicarakan aib orang lain apaalagi menyebar rumor tak benar. Orang cerdas bicara tentang hal-hal yang santai, ide kreatif, solusi dan inovasi serta menemukan kegiatan yang lebih berguna dan produktif, sebisa mungkin tanpa merugikan orang lain.

2. Bersikap sopan dan santun

Setiap orang pasti punya kebiasaan buruk, termasuk orang pintar atau cerdas. Tapi yang membedakan mereka adalah sikap sopan dan santun. Orang-orang yang berpikiran cerdas akan secara alami memiliki kesadaran diri untuk menghormati orang lain, batasan mereka dan juga memperlakukan setiap orang dengan baik karena tidak ada orang yang pantas diperlakukan buruk. Ia tidak menjatuhkan orang lain atau meremehkan siapa pun karena ia bijaksana dan dewasa. Itu menunjukkan kecerdasan emosionalnya yang kuat.

3. Tak suka mengumbar drama

Orang yang penuh drama biasanya kurang cerdas. Drama persoanl itu bisa beraneka ragam, mulai dari pamer kelebihan, mengeluhkan apa yang dimiliki, kesedihan dan kekecewaan yang pernah dialami dan semacamnya. Kita semua mengalami pasang surut kehidupan dan hidup terkadang menjadi berantakan. Tapi terus-menerus membicarakan drama pribadi bukanlah cara yang baik untuk menunjukkan kecerdasan. Hal ini dapat membuatmu tampak seperti sedang mencari perhatian atau tidak dapat menyelesaikan masalahmu sendiri.

4. Mengatakan hal-hal penting saja

Satu lagi sikap sederhana yang membedakan orang cerdas dan sebaliknya, yaitu tidak suka sembarangan bicara. Ia hanya mengatakan apa yang penting dikatakan saja. Jika tak ada hal yang bisa dikatakan, ia akan diam. Ia lebih banyak mendengar ketimbang bicara. Kalau pun bicara, ia memastikan bisa mempertanggungjawabkan omongannya. Termasuk membicarakan keuangan pribadi. Orang yang berbicara tentang uangnya, terutama menyombongkan kekayaannya, dipandang sebagai orang yang kurang cerdas dan kurang disukai banyak orang.

5. Banyak orang merasa segan

Orang cerdas biasanya mudah dihormati dan disegani orang lain. Ia memiliki karisma yang kuat, dewasa, bersahaja dan bijaksana. Itu karena kemampuannya banyak diakui orang, entah dari caranya menyampaikan atau menjelaskan sesuatu, caranya menanggapi dan menemukan solusi masalah atau banyak membantu kesulitan orang lain tanpa sok pintar. Ia juga seringkali enak diajak bicara apa saja tanpa menghakimi atau meremehkan orang lain.

Itu dia beberapa sikap yang akan membuatmu dianggap cerdas.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading