Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang yang Telah Bahagia dengan Hidupnya di Masa Sekarang

Fimela.com, Jakarta Setiap orang ingin menjalani hidup dengan penuh bahagia, tetapi sayangnya hidup akan selalu memberikan kejutan di luar dugaan. Semakin bertambahnya usia, hidup tidak akan selalu berjalan sesuai dengan rencana dan keinginan. Namun, segala hal yang telah terjadi sudah sepatutnya untuk tetap disyukuri, apalagi saat kamu telah bertahan hingga saat ini.  

Definisi bahagia akan dimaknai secara berbeda-beda bagi tiap orang. Seperti yang disebutkan dalam very well mind, kebahagiaan secara umum dapat diartikan sebagai keadaan emosional yang ditandai dengan perasaan senang, puas, dan terpenuhi. Pada dasarnya, kebahagiaan akan melibatkan emosi dan energi positif.

Arti dari kebahagiaan ini bisa digambarkan dalam sudut pandang yang berbeda tergantung pada perspektif, perasaan, dan pengalaman yang telah dijalani seseorang. Namun, kebahagiaan akan selalu berkaitan dengan keseimbangan emosi dan kepuasan dalam berbagai aspek kehidupan. 

Sebenarnya, apa saja ya tanda orang yang telah mencapai rasa bahagia dalam hidupnya? Diketahui dari situs bustle dan huffpost, simak tanda-tanda berikut ini:

1. Menghargai Hal-Hal Kecil dalam Hidup

Seseorang yang telah merasa bahagia akan berkonsentrasi pada sesuatu yang berjalan dengan baik di masa sekarang. Dibandingkan dengan berfokus pada hal negatif, mereka akan lebih menekankan untuk menghargai momen singkat atau hal-hal kecil yang tengah berjalan. Dengan begitu, mereka akan cenderung lebih bahagia secara keseluruhan. 

Orang yang telah bahagia tidak akan menyangkal adanya pasang surut di dalam kehidupan, tetapi mereka akan lebih memilih untuk mempraktikkan rasa syukur atas hal kecil yang telah terjadi. Komponen penting untuk merasakan hidup yang bahagia adalah dengan bersyukur. Maka dari itu, ciptakan setiap momen sederhana yang bisa membuatmu merasa bersyukur dan bisa membuatmu merasa puas dengan hidupmu.

2. Dapat Menenangkan Diri saat Stres

Hidup yang lebih bahagia dapat dicapai dengan menjaga stres seminimal mungkin. Saat seseorang telah memahami cara untuk melawan pemicu stres setiap hari, maka mereka pun dapat berkembang menjadi individu yang lebih positif dan berbahagia. Dilansir dari huffpost, memiliki strategi untuk mengatasi stres saat sedang tertekan sangat penting dilakukan supaya otak menjadi lebih fleksibel. 

Tiap orang akan memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghadapi stres. Namun, kamu bisa menemukannya dengan caramu sendiri supaya keadaan tersebut dapat segera mereda dan tidak mengganggu keseharian. Bisa dengan cara beristirahat, bermeditasi, berpikir lebih positif, atau dengan menghabiskan waktu bersama teman terdekat. 

3. Selalu Ada Satu Hal yang Menarik Setiap Hari

Jika seseorang sudah merasa bahagia, akan muncul bahkan hanya satu hal saja yang bisa membuat mereka lebih bersemangat menjalani hari. Mereka selalu bisa menemukan motivasi untuk diri sendiri. Entah dari hewan peliharaan, sesuatu yang disukai, atau hal baru yang ingin dicoba.

Pada intinya, mereka bisa menentukan setidaknya satu hal yang bisa membuat diri sendiri tetap bersemangat untuk menjalani rutinitas setiap hari. Bahkan apabila hal itu hanyalah sesuatu yang kecil, nyatanya hal tersebut juga dapat begitu bermakna bagi orang lain. 

4. Dapat Menyadari dan Mengubah Sesuatu yang Salah

Menyadari sesuatu yang salah dalam hidup adalah hal yang paling penting. Untuk mengubah hidup, ada baiknya untuk bisa menyadari hal tersebut dan mencoba untuk mengubahnya. Sering kali, harus ada risiko yang perlu dihadapi dan dikorbankan untuk kebaikan diri sendiri. Meskipun terasa sulit, tetapi selama hal tersebut bisa mengubah hidup menjadi lebih baik, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Dengan begitu, kebahagiaan dan ketenangan pun bisa didapatkan dari diri sendiri. Terlebih lagi, jika sudah mencintai dan menerima diri secara apa adanya. 

5. Telah Mencapai Sebuah Tujuan dan Masih Banyak yang Ingin Dicapai

Tanda yang menunjukkan seseorang bahagia dengan hidupnya, yaitu munculnya perasaan telah mencapai tujuan untuk diri sendiri dan tidak akan berhenti untuk mencapai tujuan yang lainnya. Seseorang yang telah menetapkan tujuan lebih tinggi cenderung akan lebih puas dengan kehidupan mereka. Saat berhasil mencapai sesuatu yang diupayakan, maka akan muncul perasaan positif dan harga diri yang semakin meningkat. Emosi positif ini tentunya dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan puas dengan hidupnya. 

Beberapa tanda tersebut dapat menunjukkan orang yang telah merasa bahagia di dalam hidup. Kembali lagi bahwa setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mencapai kebahagiaannya. Begitu juga dengan kamu. Yuk, mulailah untuk mengabadikan segala hal yang bisa membuatmu bahagia dan tetap bersyukur dengan segala hal yang kamu punya. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading