Sukses

Lifestyle

Membuat Rambut Bau, Tips Mencegah dan Menghilangkan Bau Kaporit pada Rambut Setelah Berenang

Fimela.com, Jakarta Berenang merupakan salah satu aktivitas yang sering dijadikan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman terdekat. Meskipun, menyenangkan untuk dilakukan ada berenang dapat menimbulkan permasalahan yaitu menyebabkan rambut bau dari kaporit.

Dilansir oleh Britannica.com, kaporit adalah bahan kimia yang termasuk bagian dari unsur halogen, atau Golongan 17 (Grup VIIa) dari tabel periodik. Kaporit biasanya digunakan untuk membasmi bakteri, virus, dan berbagai macam mikro organisme yang dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Meskipun menjengkelkan, tapi kaporit digunakan guna menjaga dan melindungi kita pada saat berenang

Meskipun kaporit memiliki fungsi penting yaitu Untuk melindungi orang orang yang berenang dari paparan berbagai macam virus dan bakteri, kaporit dapat memberikan dampak yang negatif pada kulit dan rambut seseorang. Pada dasarnya kaporit merupakan zat pemutih yang memiliki kemampuan untuk mengubah profil melanin atau pigmen alami pada rambut kita. Namun, ini bisa terjadi ketika seseorang sering sekali berenang. Makari itu banyak sekali atlet renang yang menggunakan topi renang pada saat latihan dan perlombaan.

Melihat permasalahan ini FIMELA telah mengumpulkan tiga cara yang dapat dilakukan untuk menghindari bau kaporit hingga permasalahan rambut lainnya demi melindungi rambut Sahabat FIMELA.

 

 

Basahi Rambut Sebelum Berenang

Dilansir oleh Babobotanicals.com, untuk mengurangi bau kaporit setelah berenang, disarankan untuk membasahi rambutmu terlebih dahulu sebelum berenang. Disarankan jangan gunakan sampo, melainkan basahi saja rambus hingga merata. 

Kamu bisa membayangkan bahwa rambut kamu itu seperti spons yang mampu menyerap segala sesuatu. Namun, apabila rambut kamu telah terlebih dahulu terkena air bersih sebelum terkena air kolam, berarti rambut tersebut akan mulai menyerap air bersih terlebih dahulu dan menjadikannya lebih kebal. Dengan demikian, kaporit tidak akan dengan mudah melekat pada rambut kamu karena rambut kamu telah sudah menyerap air bersih.

Perlu diingat bahwa metode ini tidak secara sepenuhnya dapat menghindari rambut dari paparan kaporit pada rambutmu, melainkan mencegah dan mengurangi kemungkinan klorin dapat meresap ke dalam akar rambut.

 

 

Langsung Cuci Rambut

Byrdie.com menyarankan untuk langsung mencuci rambut setelah selesai berenang. Penata rambut selebriti, Danielle Priano, menyarankan saat kamu mencoba metode membersihkan bau kaporit dengan menggunakan minyak kelapa, pastikan untuk membersihkan semua akses secara menyeluruh menggunakan sampo.

Ia juga menyarankan untuk menggunakan sampo tanpa membasahi rambut menggunakan air bersih. Hal ini dikarenakan penambahan air sebelum proses keramas awal akan menyulitkan penghilangan klorin dan minyak dari rambut.

Pemilihan sampo juga sangat penting, disarankan untuk menggunakan sampo yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan kulit kepala, akar rambut, sampai ujung rambut. Tindakan ini dilakukan agar rambut dapat mendapatkan perlindungan dan nutrisi yang seimbang. 

 

 

Perawatan Ekstra

Jika kamu memiliki budget lebih untuk merawat dan menjaga rambutmu, disarankan untuk melakukan perawatan tambahan seperti menggunakan masker rambut atau pergi ke salon dan mencari perawatan Clarifying treatment.

Penata rambut selebriti, Kerry Yates menyarankan orang untuk menggunakan masker rambut yang dapat memberikan kelembaban. Dimana masker rambut berguna untuk membantu melawan efek pengeringan kaporit. 

Jika upaya-upaya sebelumnya tidak berhasil, Kristen Fleming, direktur warna di 3rd Coast Salon Chicago, merekomendasikan kunjungan ke salon untuk menjalani perawatan klarifikasi Malibu C yang bertujuan untuk menghilangkan penumpukan klorin pada rambut atau perawatan rambut lainnya yang ada di salon favorit kamu.

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading