Sukses

Lifestyle

5 Alasan Kenapa Seseorang Sulit Bahagia dan Merasa Paling Merana

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin memiliki hidup bahagia? Semua orang pada dasarnya menginginkan hidup bahagia, dikelilingi cinta di hidupnya dan nyaman serta tenang meski hari-harinya serba sederhana. Ada orang-orang yang bisa dengan mudah menemukan kebahagiaan dalam hidup. Tapi, tak sedikit orang yang kesulitan bahagia. 

Ada beberapa alasan kenapa seseorang sulit bahagia. Alasan ini bisa terjadi pada siapa saja termasuk dirimu Sahabat Fimela. Berikut beberapa alasan kenapa seseorang sulit bahagia.

Suka Iri dan Dengki Atas Kesuksesan Orang Lain

Merasa iri dan dengki adalah perasaan yang bisa menghalangi kebahagiaan seseorang. Ketika seseorang terlalu fokus pada pencapaian dan kesuksesan orang lain, mereka bisa merasa tidak puas dengan kehidupan mereka sendiri. Mereka bahkan rentan depresi dengan hal ini. 

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini, yakni dengan berfokus pada diri sendiri dan mencari apa yang membuat kita bahagia. Hindari membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain. Saat melihat orang lain sukses atau bahagia, usahakan untuk ikut serta merasakan kebahagiaan tersebut. 

Tidak Bersyukur

Kurangnya rasa syukur adalah alasan lain mengapa seseorang sulit bahagia. Seringkali, orang cenderung fokus pada apa yang tidak mereka miliki daripada menghargai apa yang telah mereka miliki. Sikap yang serba kurang dan tidak pernah bersyukur, tak hanya membuatmu sulit bahagia. Ini juga membuatmu rentan mudah kecewa, marah dan dendam pada hal-hal yang seharusnya tak bikin kecewa. 

Untuk mengatasi ini, penting untuk berlatih bersyukur setiap hari. Mulailah dengan mencatat hal-hal kecil yang membuatmu bersyukur. Seperti memiliki keluarga yang peduli padamu, kesehatan yang baik, atau persahabatan mengesankan. Mensyukuri hal kecil dalam hidup akan membantumu merasa lebih nyaman serta bahagia.

Selalu Merasa Kurang

Perasaan kurang adalah salah satu alasan utama seseorang sulit bahagia. Ini bisa terjadi ketika seseorang selalu merasa tidak cukup baik atau tidak berharga. Penting untuk mengenali bahwa kebahagiaan tidak bergantung pada apa yang kita miliki atau siapa kita. 

Buang jauh-jauh perasaan selalu kurang dengan meningkatkan rasa percaya diri dan mengenali nilai pribadmu. Terima dengan baik diri sendiri. Cobalah untuk merasa lebih berharga agar kamu lebih bijak dengan dirimu sendiri. 

Suka Membanding-Bandingkan

Sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain adalah salah satu kebiasaan yang bisa menghambat kebahagiaan. Membandingkan diri dengan orang lain dapat mengarah pada perasaan kurang dan tidak puas. Sikap suka membanding-bandingkan tak hanya bikin kurang bahagia, ini juga bikin hubungan sosial dengan sekitar terganggu. Akibatnya, kamu akan semakin sulit merasa nyaman dengan diri sendiri.

Takut Gagal

Pada dasarnya perasaan takut gagal adalah hal yang wajar. Namun, jika kamu membiasakan diri takut gagal sebelum mencoba segala hal, ini justru akan membuatmu semakin sulit bahagia. 

Takut gagal adalah hambatan besar dalam mencapai kebahagiaan. Orang yang takut gagal cenderung menghindari risiko dan peluang yang bisa membawa kebahagiaan dan menuju kesuksesan.

Itulah sekian alasan kenapa seseorang sulit bahagia selama ini di hidupnya. Bahagia atau tidaknya perasaanmu, ini pada dasarnya tergantung pada dirimu sendiri. Semakin kamu bisa lebih percaya diri akan kebahagiaan dalam diri, tentunya hal itu akan membuatmu bahagia. Tapi, jika kamu tak bisa yakin akan kebahagiaanmu sendiri, itu juga akan membuatmu merasa sangat sulit bahagia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading