Sukses

Lifestyle

Ada yang Beda dari Bontang City Carnival Tahun Ini, Apa Itu?

Fimela.com, Jakarta Berbagai festival digelar di banyak daerah yang ada di Indonesia sebagai ajang memperkenalkan kebudayaan sekaligus menarik sektor pariwisata di daerah tersebut. Salah satu agenda terdekat yang akan dihadirkan adalah Bontang City Carnival (BCC) dan Pawai Budaya kembali digelar oleh Pemerintah Kota Bontang, Kalimantan Timur pada Sabtu 21 Oktober 2023 mendatang. Festival rutin yang digelar setiap tahun ini merupakan event untuk memperingati hari ulang tahun kota yang memiliki julukan Kota Taman tersebut.

Biarpun digelar setiap tahun, tapi selalu ada hal baru yang ditampilkan. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bontang Bambang Cipto Mulyono menjelaskan. Tahun ini, perbedaan dimulai dari rombongan karnaval dengan pawai budaya.

“Tahun lalu, peserta karnaval dan pawai budaya jadi satu. Tahun ini kita bedakan, yaitu karnaval lebih dulu baru pawai budaya,” kata Bambang, Kamis (19/10/2023).

Tahun ini, peserta karnaval tidak membawa alat musik sendiri. Namun musik disediakan panitia.

“Kita berharap BCC tahun ini lebih meriah dan lebih berkualitas dibanding tahun lalu,” sambungnya.

Upaya untuk meningkatkan kualitas itu dilakukan dengan menambahkan beberapa fasilitas untuk memaksimalkan penampilan peserta karnaval dan pawai budaya.

“Dan untuk tahun ini kita coba memberikan nuansa lain baik itu di tempat untuk perform bagi pawai budaya. Di depan panggung kehormatan kita beri karpet. Di kiri kanan jalan mulai dari panggung kehormatan sampai depan Polsek Bontang Utara itu kita gelar karpet agar para peserta lebih nyaman untuk tampil,” paparnya.

Bambang menyebut peserta karnaval yang terdaftar saat ini mencapai 35 peserta. Sedangkan pawai budaya mencapai 60 peserta.

“Peserta terdiri dari seluruh organisasi, paguyuban, OPD (Organisasi Perangkat Daerah), sanggar seni dan para kelompok pecinta carnaval,” katanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading