Sukses

Lifestyle

Bontang City Carnival Jadi Cara Melestarikan Kebudayaan di Kota Bontang

Fimela.com, Bontang Semarak Bontang City Carnival (BCC) begitu dirasakan oleh masyarakat Bontang saat ini. Saking besarnya animo warga Bontang, acara tahunan yang dilaksanakan hari ini (21/10/2023) bahkan menyebabkan kepadatan di sepanjang ruas jalan. Padahal, baru beberapa jam semenjak agenda ini dilaksanakan.

Wali Kota Bontang Basri Rase menyebut BCC bertujuan untuk melestarikan budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Kota Bontang. Karnaval dengan ragam kreatifitas budaya bisa menjadi cara untuk mempertahankan kebudayaan itu. 

“Mengingat Kota Bontang adalah kota yang memiliki keanekaragaman budaya. Pemerintah Kota Bontang berharap masyarakat dapat melestarikan, mengembangkan adat istiadat, dan tidak melupakan budaya negara kita yang kaya serta memberikan pengetahuan kepada generasi muda,” kata Basri saat sambutan membuka BCC dari panggung utama. 

Karnaval ini, sambungnya, bukan sekedar memeriahkan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kota Bontang. Lebih dari itu, pengenalan budaya yang beragam bisa membuka wawasan masyarakat soal kekayaan budaya Indonesia yang ada di Kota Bontang. 

Berharap Bisa Berikan Dampak Positif

“Harapannya memberi dampak positif antara lain, yang pertama, sebagai motivasi agar masyarakat mengetahui obyek wisata sebagai destinasi wisata lainnya di Kota Bontang. Membuka peluang usaha kecil dan menengah, meningkatkan penghasilannya,” ujar Basri. 

Tujuan utama dari upaya tersebut adalah pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata. Sebab, kata Basri, sektor pariwisata memiliki dampak ekonomi luas hingga ke usaha kecil di masyarakat. 

“Semua itu pada akhirnya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Bontang yang otomatis meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bontang,” kata Basri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading