Sukses

Lifestyle

Dorong Sektor Pariwisata, Bontang City Carnival Jadi Potret Kota Inklusif dengan Kekayaan Budaya

Fimela.com, Jakarta Bontang City Carnival 2023 yang sudah sukses digelar pada pekan lalu menjadi bagian dari arah pembangunan baru yang dilakukan oleh Bontang. Selama ini, ia dikenal sebagai kota yang tumbuh berkat kekayaan Sumber Daya Alam yang ada. Namun, Wali Kota Bontang Basri Rase memiliki rencana untuk membawa kota yang dipimpinnya agar tidak hanya bergantung pada sektor itu saja.

Sebagai kota industri, Bontang ditopang oleh pengolahan gas alam cair dan pupuk yang bahan utamanya adalah gas alam. Selain itu, Bontang juga terdampak pengelolaan tambang biarpun tidak mempunyai area tambang.

“Sumber daya alam itu akan habis, cepat atau lambat. Harusnya mulai dari sekarang dipikirkan bagaimana setelah sumber daya alam itu habis. Untuk itu sektor wisata harus dikembangkan dari sekarang,” kata Basri Rase usai acara Bontang City Carnival, Sabtu (21/10/2023).

Festival untuk Memperkenalkan Sisi Lain Bontang

Bontang City Carnival menjadi acara rutin dalam rangka memperingati hari ulang tahun kota tersebut. Nah, acara ini nggak hanya sekadar pawai budaya saja, tapi juga memiliki misi buat memperkenalkan obyek wisata yang ada di dalamnya.

Pawai dan karnaval budaya digelar sebagai gambaran budaya yang beragam. Hal ini jadi tanda kalau Bontang adalah kota inklusif. Dengan masyarakat heterogeny, Bontang pun terbuka dengan berbagai macam hal.

“Kebetulan Bontang adalah kota industri yang mendatangkan banyak pekerja. Tentu semua suku ada di sini dan tergambar dari Bontang City Carnival ini. Semua suku ada, mulai dari Aceh sampai Papua,” ujar Basri.

Daya Tarik Wisata

Bontang juga memiliki sederet destinasi wisata populer yang memiliki daya tarik tersendiri. Misalnya saja Kampung Malahing, Pulau Beras Basah, Bontang Kuala, dan masih banyak itu. Selain beragam spot atraktif, kekayaan budaya yang ada juga bisa menjadi wisata sendiri. Perayaan budaya yang dilakukan setiap suku menjadi sajian menarik yang sayang dilewatkan.

Pemerintah daerah setempat pun terus melakukan berbagai upaya buat meningkatkan sektor wisata, baik itu dari sisi destinasi dan pelaku usaha. Pelatihan, pembinaan pelaku sektor usaha, hingga Pembangunan fisik obyek wisata dan kegiatan lainnya di sektor pariwisata juga akan terus dilakukan.

Nah, Bontang City Carnival yang telah sukses hadir pada Sabtu (21/10/2023) lalu juga menjadi bagian dari proses pembinaan tersebut. Selain mampu meraup perhatian penonton luar daerah, hal ini juga bisa mengenalkan Bontang dari sudut pandang berbeda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading