Sukses

Lifestyle

10 Alasan Buah Apel Sangat Baik Jadi Makanan Sahur!

Fimela.com, Jakarta Pasti sudah sering mendengar kalimat "An apple a day keeps the doctor away", kan? Atau bisa diartikan makan satu apel akan jauh dari penyakit. Tentu saja, apel merupakan salah satu makanan super yang punya banyak manfaat kesehatan, bahkan untuk Sahabat Fimela yang menjalani puasa Ramadan.

Apel sangat baik dimakan sebagai makanan sahur karena berbagai alasan, salah satunya adalah menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Banyak penelitian menemukan bahwa serat dalam buah apel mampu menurunkan kadar kolesterol toal hingga 10% dan menaikkan kolesterol baik (HDL) hingga 10%.

Seringkali, orang akan banyak makan selama buka puasa dan sahur karena berpikir tak akan makan dan minum dalam sekian jam lamanya. Pada akhirnya orang akan cenderung makan makanan tinggi kalori, berminyak dan berlemak sehingga kenyang betul.

Padahal kolesterol dalam makanan-makanan ini bukan hanya meningkatkan berat badan tapi juga meningkatkan kolesterol jahat sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Manfaat Makan Apel saat Buka Puasa

Nah, dengan makan buah apel sebagai makanan penutup saat sahur, tubuh akan mampu menjaga kadar kolesterol tubuh, menjaga berat badan sekaligus mengenyangkan perut lebih lama.

Sebuah penelitian dari Florida State University bahkan menemukan bahwa perempuan yang rutin makan apel setiap hari memiliki kadar kolesterol buruk 23% lebih rendah dari kadar pada umumnya dan memiliki HDL 4% lebih tinggi, setelah enam bulan.

Jadi, beli banyak buah apel selama Ramadan dan makanlah saat sahur (dan berbuka) ya Sahabat Fimela.

Manfaat Makan Apel Saat Sahur

1. Menyediakan Energi yang Tahan Lama

Apel mengandung karbohidrat dalam bentuk serat, yang memberikan energi dalam bentuk yang dapat dicerna secara perlahan oleh tubuh. Ini membuat apel menjadi pilihan makanan yang ideal saat sahur, karena bisa memberikan energi yang tahan lama sepanjang hari.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Apel mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat larut membantu mengendalikan kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Sementara itu, serat tidak larut membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus. Saat sahur, mengonsumsi satu atau dua buah apel dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar.

3. Menyediakan Nutrisi Penting

Apel kaya akan vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, vitamin A, potassium, dan serat. Vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu penyerapan zat besi. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan kulit. Potassium membantu menjaga kesehatan jantung dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi apel saat sahur, kita dapat memasukkan berbagai nutrisi penting ini ke dalam tubuh.

4. Menjaga Kandungan Gula Darah

Selama puasa, terjaga dan stabilnya kandungan gula darah adalah kunci untuk menjaga energi dan menghindari rasa lapar yang berlebihan. Apel memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya mereka akan mempengaruhi peningkatan kadar gula darah dengan lebih perlahan dan stabil. Ini menjadikan apel sebagai camilan yang bagus saat sahur, membantu menjaga kandungan gula darah tetap stabil selama puasa.

5. Menyediakan Hidrasi

Selama puasa, tubuh kita rentan kehilangan cairan dan dehidrasi. Apel merupakan buah yang mengandung tinggi air, sehingga dapat memberikan hidrasi tambahan bagi tubuh saat sahur. Jadi, konsumsi apel dapat membantu mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Manfaat Makan Apel Saat Sahur

6. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Saat berpuasa, menjaga berat badan yang sehat bisa menjadi tantangan. Apel adalah makanan rendah kalori dan lemak, namun tinggi serat. Hal ini membuat apel sebagai pilihan yang baik untuk dimasukkan dalam menu sahur. Dengan mengonsumsi apel sebagai camilan saat sahur, kita dapat mengendalikan asupan kalori, menjaga berat badan tetap stabil, serta memenuhi kebutuhan serat harian yang penting untuk menjaga pencernaan yang sehat.

7. Menyediakan Nutrisi Penting

Apel mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan sejumlah mineral seperti kalium dan magnesium. Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin A penting untuk kesehatan mata, vitamin E sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh, serta kalium dan magnesium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Dengan mengonsumsi apel saat sahur, kita dapat mengoptimalkan asupan nutrisi penting bagi tubuh selama puasa.

8. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat besar apel adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan pencernaan. Apel mengandung serat larut dan tidak larut, yang membantu dalam proses pencernaan dan mencegah sembelit usus. Serat larut dalam apel membentuk massa besar yang membantu memperlancar gerakan usus dan mencegah sembelit. Sedangkan serat tidak larut membantu mengikat air dalam usus, sehingga membantu membersihkan saluran pencernaan dan mengurangi risiko penyakit divertikular.

9. Menjaga Kandungan Gula Darah

Selama puasa, penting untuk menjaga kandungan gula darah agar tetap stabil. Apel adalah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang tiba-tiba. Kandungan serat dalam apel juga membantu mengatur penyerapan gula, sehingga menjaga kandungan gula darah tetap stabil.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat dalam apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Serat larut dalam apel dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, apel juga mengandung antioksidan seperti flavonoid, yang dapat melindungi jantung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading