Sukses

Lifestyle

Alasan Minum Jus Buah saat Sahur Memberi Manfaat Besar untuk Tubuh!

Fimela.com, Jakarta Untuk menjaga kesehatan tubuh atau bahkan menjaga berat badan ideal, satu hal yang perlu ditekankan saat makan sahur adalah memilih makanan dan minuman yang tepat, salah satunya adalah minum jus atau smoothies buah dan sayuran.

Smoothies memang tidak telalu cocok menjadi minuman berbuka karena seratnya yang terlalu tinggi sehingga lama diubah menjadi energi, namun justru inilah yang dibutuhkan ketika makan sahur. Energi dari minuman ini bisa disimpan lebih lama untuk digunakan kemudian saat kita menjalani aktivitas sepanjang hari.

Manfaat Minum Jus saat Sahur

Waktu sahur bisa disamakan dengan waktu sarapan, dan menurut WebMD, selain mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh, minum smoothies sayur dan buah saat sarapan mampu meningkatkan konsentrasi tinggi sepanjang hari, mempertahankan kekenyangan, menjaga gula darah, menjaga kadar kolesterol tubuh dan bahkan mencegah depresi.

Minum smoothies tanpa tambahan gula juga mampu menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi risiko dehidrasi parah, sekaligus menjaga berat badan ideal selama menjalani puasa Ramadan sebulan penuh. Jadi, daripada makan sahur yang semabrangan, lebih baik pilih smoothies sebagai makan sahur kamu ya Sahabat Fimela.

Kelebihan Minum Jus Buah di Saat Sahur

1. Menyediakan Energi Cepat

Jus buah mengandung gula alami yang dapat memberikan energi cepat bagi tubuh saat sahur. Hal ini membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil selama puasa.

2. Memperbaiki Hidrasi

Buah-buahan mengandung sebagian besar air yang penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum jus buah saat sahur dapat membantu menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa.

3. Sumber Antioksidan

Jus buah merupakan sumber yang kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam jus buah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit selama bulan puasa.

5. Memperbaiki Pencernaan

Serat dalam buah-buahan membantu memperbaiki pencernaan dan mengurangi risiko sembelit selama puasa. Dengan minum jus buah, kamu juga memperoleh serat penting untuk kesehatan pencernaan.

6. Menyegarkan dan Melepas Dahaga

Saat sahur, tubuh membutuhkan asupan yang menyegarkan untuk melepas dahaga. Jus buah yang dingin dan segar dapat menjadi pilihan yang ideal untuk memuaskan rasa haus dan memberikan sensasi kesegaran.

7. Membantu Pemenuhan Nutrisi

Jus buah mengandung berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi jus buah, kamu dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama bulan puasa.

Dengan memperhitungkan kelebihan-kelebihan di atas, minum jus buah saat sahur dapat menjadi pilihan yang cerdas untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan selama menjalani ibadah puasa. Namun, pastikan untuk memilih jus buah yang segar dan alami tanpa tambahan gula tambahan untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi tubuh kamu.

Tonton video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading