Sukses

Lifestyle

5 Tips Menggoreng Kacang Mede yang Renyah untuk Suguhan Lebaran

ringkasan

  • Rendam kacang mede dalam air panas
  • Goreng kacang mede dengan minyak yang banyak
  • Baluri kacang mede dengan tepung terigu

Fimela.com, Jakarta Momen hari raya– entah itu imlek, lebaran, natal, dan lain sebagainya– sangat erat kaitannya dengan aneka camilan gurih dan manis. Biasanya, tiap rumah akan menyetok beberapa toples camilan seperti kue-kue kering.

Selain aneka kue kering, kacang-kacangan juga cocok dijadikan suguhan saat lebaran. Salah satunya adalah kacang mede. Kacang mede renyah bisa menjadi salah satu suguhan untuk melengkapi aneka kue kering yang disuguhkan saat lebaran.

Biasanya untuk menghemat biaya, kita bisa menggunakan kacang mede yang masih mentah untuk kemudian digoreng sendiri di rumah. Tapi untuk mendapatkan kacang mede yang renyah, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam proses menggorengnya. Selengkapnya, langsung saja simak di sini ya. 

Resep Kacang Mede Renyah: Teknik dan Bumbu yang Tidak Boleh Dilewatkan

1. Rendam Kacang Mede dalam Air Panas

Kacang mede mentah bisa direndam dulu edngan air panas sebentar. Setelah itu, cuci bersih. Kemudian, tiriskan. Proses ini bisa membantu menghilangkan getah kacang mede sehingga nanti ketika digoreng rasanya tidak pahit.

2. Rendam Kembali dengan Bumbu Bawang Putih dan Garam

Bumbu paling sederhana untuk membuat kacang mede renyah adalah bumbu bawang putih dan garam. Ulek atau haluskan bawang putih dan garam. Masukkan bumbu bawang putih ini ke kacang mede dan tambahkan air secukupnya. Rendam sekitar 30 menit. Lalu, tiriskan kembali.

3. Baluri dengan Tepung Terigu

Kacang mede yang sudah berbumbu tadi bisa kita baluri dengan tepung terigu. Salah satu triknya adalah dengan menyiapkan stoples atau wadah tertutup. Masukkan kacang mede secukupnya, lalu taburi tepung terigu, tutup wadahnya, kemudian kocok-kocok sebentar. Dengan cara ini, kacang mede akan memiliki lapisan tepung terigu yang cukup tipis. Agar nantinya ketika digoreng bisa memberikan rasa renyah dan sensasi kriuk.

4. Goreng Kacang Mede dalam Keadaan Terendam Minyak

Pakai banyak minyak goreng untuk menggoreng kacang mede. Pakai api kecil saja. Usahkan kacang mede dalam keadaan terendam ketika digoreng. Saat digoreng, perlu sambil terus diaduk perlahan agar matangnya merata dan tidak mudah gosong. Cukup digoreng sampai kuning kecoklatan saja, ya.

5. Kacang yang Sudah Digoreng Perlu Segera Diangin-anginkan

Kacang mede yang sudah matang, perlu segera ditiriskan, dan diangin-anginkan. Kenapa harus segera diangin-anginkan? Karena ketika masih dalam keadaan panas, kacang mede masih dalam proses pematangan. Sehingga jika tidak segera diangin-anginkan, kacang mede bisa jadi gosong.

Sahabat Fimela, itulah tadi sejumlah tips dasar yang bisa dicoba untuk membuat kacang mede yang renyah. Semoga tipsnya bermanfaat untukkamu yang sedang mencari inspirasi camilan lebaran simple nan enak. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading