Sukses

Lifestyle

4 Tips Menyiapkan Bekal Makanan untuk Mudik Perjalanan Jauh

Fimela.com, Jakarta Para pemudik yang menempuh perjalan jauh bisa dianggap musafir dan memiliki kelonggaran untuk tidak berpuasa dan menggantinya di hari lain. Tapi bagi yang merasa perjalanannya tidak memberatkan, tetap berpuasa dalam perjalanan pun tetap diperbolehkan. Agar perjalanan mudik lancar, bekal makanan juga perlu dipersiapkan dengan baik. Apalagi jika membawa serta anak-anak, menyiapkan bekal sangatlah diperlukan.

Bekal makanan untuk mudik perjalanan jarak jauh penting disiapkan sebagai jaga-jaga untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka bagi yang berpuasa. Bekal pun bisa dimakan dalam perjalanan untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Berikut beberapa tips menyiapkan bekal untuk mudik perjalanan jauh yang perlu kita ketahui.

1. Bekal Nasi Harus Didinginkan Lebih Dahulu

Bila ingin membawa bekal nasi dari rumah, masaklah beberapa jam sebelum berangkat. Setelah nasi matang, dinginkan terlebih dahulu sampai uap panasnya hilang. Baru kemudian kita bisa mengemasnya dalam kotak bekal atau dilapisi dengan aluminium foil. Pentingnya nasi didinginkan terlebih dahulu adalah agar nasi tidak mudah basi saat dibungkus atau dijadikan bekal.

2. Siapkan Lauk yang Tidak Mudah Basi

Ada banyak pilihan lauk yang tidak mudah basi untuk dibawah sebagai bekal mudik. Beberapa di antaranya adalah ayam goreng, daging rendang, abon, empal, tahu tempe goreng, sambal kering, nugget, telur rebus, dan lain sebagainya. Bisa juga dilengkapi dengan kecap dan saus untuk menambah cita rasa. 

3. Pisahkan Setiap Jenis Lauk di Kotak Bekal Terpisah

Satu jenis lauk dikemas dalam satu kotak bekal terpisah. Namun, bila ingin lebih simpel pilih kotak bekal yang punya banyak sekat. Karena bila semua jenis lauk tercampur jadi satu nantinya malah berisiko jadi cepat basi. Lebih baik dipisahkan satu sama lain biar lebih tahan lama.

4. Hindari Makanan yang Berpotensi Membuat Perut Kembung

Kubis, sawi putih, sayur kol, dan sayur nangka muda kurang direkomendasikan untuk dijadikan bekal mudik. Apalagi kalau selama perjalanan kita akan terpapar angin atau AC yang cukup lama, hindari makanan yang berpotensi membuat perut kembung. Minuman bersoda dan minuman berenergi juga sebaiknya tak perlu dibawa untuk bekal mudik. Minuman berkafein yang bersifat diuretik bisa saja dibawa tapi batasi konsumsinya sebab minuman tersebut bisa menyebabkan tubuh kita jadi lebih sering buang air kecil. Yang paling aman memang air putih untuk bekal selama perjalanan mudik.

Camilan sehat seperti buah apel juga bisa dibawa. Buah apel bisa jadi pilihan bekal yang cocok untuk perjalanan jarak jauh karena selain mengandung vitamin dan mineral, juga mengandung karbohidrat yang dapat menjadi sumber tenaga kita. Itu tadi sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba dalam mempersiapkan bekal untuk mudik. Semoga infonya bermanfaat dan selamat mudik, ya.

 

5 Ide Bekal Menu untuk Mudik yang Wajib Dibawa

1. Kentang Pedas

Snack kentang balado ini mudah dibuat dan awet untuk disimpan. Kentang direbus sampai matang sebelum dicampur dengan saus balado yang kaya rasa dan pedas. Kentang balado merupakan alternatif camilan yang sempurna untuk acara keluarga atau pertemuan karena kemudahannya dalam penyimpanan dan rasa yang lezat.

2. Ayam Goreng

Ayam goreng yang garing ini tak hanya lezat tapi juga tahan lama jika disimpan dengan benar. Ayam goreng bisa menjadi pilihan tepat untuk piknik atau perjalanan jauh karena kemudahan dalam pembungkusannya yang menjaga kerenyahannya. Pastikan untuk mengemasnya dalam wadah kedap udara untuk mempertahankan tekstur dan rasa.

3. Mie Goreng

Mie goreng bisa dijadikan bekal yang praktis dan cepat disiapkan. Menambahkan sayuran dan telur tidak hanya menambah rasa tetapi juga nilai gizi. Mie goreng sering menjadi pilihan favorit untuk bekal karena kepraktisannya. Dengan menambahkan sayuran segar dan telur, tidak hanya mendapatkan karbohidrat tetapi juga protein dan vitamin yang diperlukan tubuh.

4. Tumis Tahu Telur

Tumis tahu dan telur ini adalah hidangan yang sederhana namun kaya akan nutrisi. Variasi sayuran yang ditambahkan membuatnya menjadi pilihan makanan yang sehat. Tumis tahu telur bisa diandalkan sebagai menu makanan sehari-hari yang tidak hanya enak tetapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi harian, terutama protein dan serat dari tahu dan sayuran.

5. Pisang Goreng

Camilan pisang goreng ini adalah pilihan yang sempurna untuk bekal perjalanan karena rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah. Pisang goreng menjadi favorit banyak orang karena kemudahan dalam pembuatannya dan kelezatan yang ditawarkan. Tepung crispy memberikan tekstur yang unik dan rasa yang menarik, menjadikannya camilan yang ideal selama perjalanan.

Itulah beberapa menu makanan untuk bekal yang perlu kamu bawa, jangan sapai ketinggalan!

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading