Sukses

Lifestyle

4 Tips Detoks Medsos Biar Hati Lebih Tenang

Fimela.com, Jakarta Hidup di era digital seperti ini kita dihadapkan pada arus informasi yang begitu cepat dan tak ada habisnya. Di lini masa media sosial sekarang pun, selalu saja ada hal baru yang mencuri perhatian kita. Setiap kali membuka akun media sosial kita, kita bisa dibanjiri dengan berbagai macam informasi.

Di satu sisi kita bisa selalu mendapatkan kabar terbaru. Kita bisa tahu si itu anaknya sudah berapa, si ini sedang liburan ke mana, dan si anu yang baru membeli rumah baru. Kadang kebanyakan informasi membuat kita jadi pusing. Apalagi ketika mulai melihat rumput tetangga yang tampak lebih hijau dari rumput sendiri, hati ini rasanya jadi gampang capek. Untuk itulah kita perlu juga melakukan yang namanya detoks media sosial supaya hati lebih tenang dan bermedsos bisa lebih sehat.

1. Unfollow Akun yang Nggak Bikin Bahagia

Udah deh unfollow aja akun mantan, akun gosip yang nggak jelas, atau mungkin akun teman sendiri yang membuat kita tak nyaman setiap kali melihatnya. Coba lebih selektif lagi. Akun-akun yang nggak bikin kita bahagia sebaiknya di-unfollow. Biar setiap hari nggak pusing sendiri dengan banjirnya informasi dan kabar yang sebenarnya nggak penting-penting amat untuk kita.

2. Buat Jadwal Sendiri untuk Bermedia Sosial

Nggak harus setiap menit kita mengecek aplikasi media sosial kita. Mungkin perlu juga membuat jadwal sendiri untuk bermedsos. Supaya kita bisa tahu batasannya. Agar kita tidak terlalu terobsesi dengan semua hal yang ada di dunia maya. Setidaknya kita bisa kembali sadar diri bahwa ada banyak hal dan prioritas penting lainnya dalam hidup kita yang juga perlu diperhatikan.

 

3. Membentengi Diri dari "Sawang Sinawang"

Iya ini mungkin yang paling susah. Sulit rasanya untuk tidak membandingkan foto kita dengan foto orang lain di media sosial. Tidak mudah untuk tidak melirik caption orang lain di media sosial. Jika ada orang yang tampak lebih hebat dan berprestasi dari kita, tak perlu mencibir atau menghakiminya. Ambil saja sisi positifnya. Dapatkan inspirasinya dan jadikan itu motivasi agar kita bisa berbuat lebih baik lagi ke depannya.

4. Kurangi Obsesi terhadap Jumlah Likes dan Komentar

Setiap kali selesai mengunggah sesuatu di media sosial, tak usah terlalu terobsesi dengan jumlah likes dan komentar yang kita peroleh. Kalau dapat banyak likes ya disyukuri. Nggak dapat banyak likes pun tidak apa-apa. Banyak yang memberi komentar ya disyukuri. Tidak ada komentar ya sudah biasa saja. Izinkan hati lebih tenang dengan mengurangi obsesi terhadap jumlah dan angka likes serta komentar ini.

Kalau Sahabat Fimela sendiri punya tips lain nggak untuk detoks media sosial? Yuk, kita gunakan media sosial dengan lebih bijak dan bikin hati tenang.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading