Sukses

Lifestyle

8 Makanan Pemulih Stamina Tubuh Setelah Mudik Lebaran

ringkasan

  • Mudik Lebaran adalah aktivitas yang sangat menguras energi
  • Sisakan waktu untuk beristirahat di rumah setelah pulang mudik, sebelum kembali pada rutinitas
  • Sambil istirahat, bantu pulihkan stamina dengan mengonsumsi makanan penambah energi seperti pisang, kacang-kacangan, bayam, dan madu

Fimela.com, Jakarta Mudik Lebaran pasti akan terasa amat melelahkan. Baik di perjalanan maupun aktivitas di kampung halaman sama-sama menguras energi, tak jarang setelah kembali rasanya tubuh amat lelah.

Sebelum kembali beraktivitas, pulihkan dulu staminamu. Isi kembali energi, segarkan pikiran. Jangan sampai libur panjang malah membuatmu kembali ke rutinitas sebagai zombie karena kelelahan!

Penting untuk sisakan waktu beristirahat sebelum mulai kembali beraktivitas. Selain itu, bantu kembalikan staminamu dengan mengonsumsi makanan berikut ini.

1. Pisang

Buah yang satu ini mengandung karbohidrat kompleks, protein, magnesium, dan asam amino. Semua nutrisi itu mampu meningkatkan energi. Untuk jadi camilan selama perjalanan pergi atau pulang mudik juga cocok, nih!

2. Kacang

Walnut dan almond adalah jenis kacang terbaik jika kamu butuh asupan pemulih stamina. Semua berkat kombinasi lemak baik, serat, dan protein yang terdapat di dalamnya.

3. Madu

Sebelumnya, pastikan dulu madu yang dikonsumsi adalah madu asli, tanpa campuran gula atau pemanis buatan, ya! Madu berfungsi mengatur kadar glikogen yang berfungsi untuk menghindari otot dan tubuh yang kelelahan.

4. Bayam

Kandungan magnesium di dalam bayam membantu meningkatkan energi serta membuat tubuh merasa lebih rileks, sehingga kualitas tidur pun akan meningkat. Bayam juga bisa mengendurkan otot-otor yang mengencang, lho, cocok untuk dikonsumsi setelah mudik lebaran, kan?

5. Buah Alpukat

Kaya akan asam lemak tak jenuh yang mendukung vitalitas dan mengurangi rasa lelah. Kandungan ini juga berperan dalam pemeliharaan kesehatan kardiovaskular. Alpukat sering dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin menjaga energi sepanjang hari karena lemak tak jenuhnya yang berkualitas.

6. Telur

Sumber protein murni, terutama pada bagian putihnya, yang mendukung pertumbuhan dan pemulihan otot tanpa tambahan lemak. Putih telur merupakan komponen diet yang ideal untuk atlet dan individu aktif karena proteinnya yang membantu dalam sintesis otot. 

7. Oatmeal

Sumber serat yang larut dalam air dan stabilisator gula darah, yang memungkinkan pelepasan energi secara konsisten. Kandungan vitamin B di dalamnya juga mendukung metabolisme energi. Oatmeal adalah pilihan sarapan yang populer karena kemampuannya untuk memberikan energi yang berlangsung lama, yang sangat berguna untuk memulai hari. 

8. Ikan Salmon

Sumber protein berkualitas dan asam lemak omega-3 yang mendukung fungsi kardiovaskular dan mengurangi inflamasi. Salmon tidak hanya baik untuk otot, tetapi juga untuk otak dan jantung.

 

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading