Sukses

Lifestyle

5 Alasan Habiskan Libur Lebaran Bersama Keluarga di Jogja

Fimela.com, Jakarta Jenuh dengan ragam aktivitas yang padat, tidak ada salahnya jika memanfaatkan momen Lebaran untuk berlibur bersama keluarga. Jogja bisa menjadi pilihan destinasi untuk dikunjungi selama libur Lebaran kali ini.

Tak jarang, masyarakat memutuskan untuk berkunjung ke Jogja. Jogja seakan memiliki esensi sendiri soal keindahan kota yang menyenangkan. Selain itu, terdapat beberapa alasan kenapa harus menghabiskan libur Lebaran di Jogja. Apa saja?

1. Jogja jadi miniatur Indonesia

Jogja memang dikenal sebagai kota pelajar. Dengan adanya fasilitas pendidikan, menjadikannya sebagai tujuan untuk menutut ilmu oleh pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Para pelajar dan mahasiswa membawa budaya masing-masing daerahnya, sehingga saat mengunjungi Jogja akan melihat orang dari berbagai wilayah di Indonesia.

2. Punya daya tarik wisata

Pemerintah maupun masyarakat Jogja menghadirkan inovasi untuk pengembangan pariwisatanya. Daerah sekitar Bantul, Sleman, Gunung Kidul, dan Kulonprogo ikut dikembangkan daya tarik wisatanya sehingga memperlengkap paket wisata yanng pernah ada. Untuk wisata sejarah, banyak museum dan peninggalan sejarah baik berupa benda maupun bangunan. Sementara, wisata budaya diwakilkan oleh hadirnya keraton sebagai pusat kebudayaan Jawa dan pertunjukkan eni.

 

Alasan jadikan Jogja sebagai destinasi libur Lebaran

3. Ragam kuliner yang khas

Kuliner di Jogja terkenal harganya yang murah meriah namun tidak murahan. Kamu bisa menikmati banyak ragam kuliner dengan harga Rp 10 ribu saja. Uniknya, kuliner inipun umumnya dijajakan oleh mbah yang menggunakan pakaian tradisional. Mereka akan dengan sangat ramah melayani setiap pembeli yang menghampirinya.

4. Keramahan masyarakat Jogja

Jogja berhati nyaman bukan hanya sebatas slogan. Melainkan tercermin dari perilaku masyarakatnya terhadap wisatawan. Senyuman dari masyarakat, lingkungan yang bersih, tata kota yang terstruktu, suhu kota yang sejuk menjadikan Jogja memiliki keistimewaan tersendiri. Di samping itu, Jogja memiliki tingkat pengamanan baik, dengan mudahnya menemukan kantor polisi. Untuk musim liburan seperti libur Lebaran, biasanya akan dibangun posko khusus untuk mengawal liburan kamu.

5. Penginapan sesuai budget

Di Jogja kamu tidak perlu pusing mencari penginapan. Pilihan hotel berbintang maupun tidak, sama-sama dilengkapi dengan fasilitas layanan sesuai kebutuhan. Menemukannya pun tidak sulit. Kamu bisa sesuaikan penginapan yang ingin disewa dengan budget kamu.

5 Agenda Keluarga yang Wajib Dicoba di Jogja

Jogja, atau Jogjakarta, adalah salah satu kota yang kaya akan budaya dan destinasi wisata yang menarik. Jika berencana untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di Jogja, berikut ini adalah 5 agenda keluarga yang wajib dicoba di kota ini:

1. Mengunjungi Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah rumah tradisional Sultan Yogyakarta dan merupakan pusat kerajaan Jawa. Kunjungan ke Keraton akan memberikan pengalaman unik bagi keluarga yang tertarik dengan sejarah dan budaya Jawa. Di sana, bisa melihat arsitektur yang indah, seni tradisional, dan juga menyaksikan pertunjukan tari dan musik tradisional.

2. Menikmati keindahan Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia yang terletak tidak jauh dari Jogja. Dibangun pada abad ke-8, candi ini adalah tempat yang sempurna untuk mengajak keluarga untuk belajar tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia. Di sana, dapat menikmati keindahan arsitektur dan melihat relief-relief yang menceritakan kisah Buddha.

3. Bermain di Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar adalah destinasi wisata edukatif yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Di sini, dapat menemukan berbagai macam aktivitas interaktif seperti permainan ilmu pengetahuan, eksperimen, dan workshop. Taman Pintar juga memiliki planetarium serta area bermain yang menyenangkan bagi anak-anak.

4. Menyusuri Jalan Malioboro

Jalan Malioboro adalah pusat perbelanjaan dan kegiatan kultural di Jogja. Rute jalan yang ramai dengan pedagang kaki lima ini menawarkan berbagai macam barang-barang, makanan, dan kerajinan tangan. Jalan Malioboro juga memiliki berbagai pertunjukan seni, seperti tari Jawa dan musik gamelan, yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga.

5. Merasakan suasana alam di Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam. Di sana, dapat mengamati berbagai macam hewan seperti gajah, jerapah, singa, dan berbagai jenis burung. Selain itu, kebun binatang ini juga memiliki wahana permainan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Jogja benar-benar menawarkan beragam agenda keluarga yang memikat dan menarik. Dari destinasi budaya hingga destinasi alam, tak ada yang membosankan ketika menghabiskan waktu bersama keluarga di kota ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merencanakan liburan keluarga di Jogja dan mengikuti 5 agenda yang wajib dicoba ini.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading