Sukses

Lifestyle

Mengapa Mulut Kadang Terasa Gatal Setelah Makan Nanas?

Fimela.com, Jakarta Buah yang satu ini disukai karena rasanya yang sangat segar dan khas. Bukan hanya di makan dalam bentuk buah segar, nanas juga sering hadir dalam berbagai masakan untuk memberikan rasa segar.

Beberapa orang tak suka makan nanas karena rasa gatal, atau terkadang seperti menusuk-nusuk, saat berada dalam mulut. Well, mengapa ini kadang terjadi?

Iritasi pada mulut saat makan nanas disebabkan oleh kombinasi berbagai enzim dalam nanas.

Sahabat Fimela, iritasi pada mulut saat makan nanas disebabkan oleh kombinasi berbagai enzim dalam nanas, yang disebut dengan bromelian, yang memecah protein (air liur mengandung protein), yang seolah "menyerang" lidah, pipi bagian dalam, serta bibir saat terjadi kontak.

Tapi setelah nanas dikunyah dan ditelan, air liur dan asam lambung akan menangkap bromelian tersebut. Lidah membentuk ulang protein dan asam amino yang terpecah tersebut, akhirnya rasa sakit dan gatal tidak berlangsung lama.

Iritasi tidak terjadi saat memakan nanas yang sudah dimasak. Ini karena proses apapun yang digunakan untuk memanaskan nanas akan menimbulkan reaksi kimia yang mengurangi enzim, serta meninggalkan rasa manis, karena kandungan gula pada buah semakin banyak.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading