Sukses

Lifestyle

Delivery Makanan Ramah Lingkungan dengan Mengurangi Sampah Plastik

Fimela.com, Jakarta Layanan pesan antar makanan atau delivery makanan sudah umum dilakukan masyarakat urban. Kepraktisan dan efektivitas waktu yang ditawarkan menjadi daya tarik bagi masyarakat dengan segudang aktivitas. Fenomena ini membuat delivery makanan menjadi bagian dari gaya hidup.

Namun sadarkah kamu jika ketika delivery makanan, secara tidak langsung kamu mendorong penggunaan sampah plastik? GO-FOOD kini menyadari bahwa aktivitas delivery makanan harus memberikan dampak sosial. Salah satunya dengan mendukung upaya mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sendiri mencatat bahwa jumlah timbunan sampah secara nasional bisa mencapai 175 ribu ton perhari. Dari sampah ini, 15 persen di antaranya berasal dari sampah plastik sekali pakai yang berasal dari makanan dan minuman.

"Kami berkomitmen untuk membuat teknologi yang memudahkan hidup konsumen dan merchant kami, termasuk dalam penerapan gaya hidup mereka yang ramah lingkungan. Sebagai bagian dari ekosistem GOJEK, GO-FOOD selalu berupaya memastikan terwujudnya dampak positif kepada tiap pihak yang berada dalam ekosistem kami, yaitu mitra merchant, mitra driver, dan pelanggan setia GO-FOOD. Melalui inovasi terbaru GO-FOOD, kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama turut menyelamatkan lingkungan karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama," Catherine Hindra Sutjahyo selaku Chief Food Office GOJEK Group.

 

Inisiatif mengurangi sampah plastik sekali pakai

Untuk mendukung upaya tersebut, setidaknya GO-FOOD melakukan dua inisiatif. Apa saja?

1. Pilihan untuk tidak memesan alat makan sekali pakai dalam aplikasi

GO-FOOD kini telah menyediakan fitur pilihan bagi pengguna untuk memilih alat makan seperti apa di dalam pilihan menu dengan biaya tambahan Rp 1.000. Ini menjadi cara GO-FOOD untuk mengajak masyarakat agar mulai sadar lingkungan dari hal kecil yang dekat dengan perilaku sehari-hari.

2. Kantung delivery bagi pengemudi

Selain dari sisi konsumen, pengemudi GOJEK pun diajak untuk membangun paham sadar lingkungan dalam pengantaran. GO-FOOD menyediakan tas pengantaran makanan khusus yang telah disempurnakan dari tas yang sudah ada. Tas pengantaran makanan ini memiliki desain dengan pengaturan kompartemen yang lebih baik sehingga bisa digunakan untuk menyimpan dan membawa makanan dengan aman, praktis, dan nyaman. Sekaligus tidak membuat pengemudi menggunakan kantung plastik.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading