Sukses

Lifestyle

Cara Membersihkan Sisik Ikan dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Ikan juga memiliki nutrisi yang sangat baik buat kesehatan.

Di balik rasanya yang enak dan gizinya yang melimpah, mengolah ikan bisa dibilang gampang-gampang susah. Beberapa jenis ikan memiliki bau yang super amis dan sisik yang super keras sehingga menuntut kita untuk membersihkan ikan dengan sebaik mungkin.

Begini cara mudah membersihkan ikan agar tidak terlalu amnis dan bersisik.

Cara Membersihkan Sisik Ikan

Beli Ikan yang Masih Segar

Saat membeli ikan, pastikan untuk membeli ikan yang masih segar. Ikan yang masih segar dan berkualitas bagus lebih mudah dibersihkan. Rasanya juga masih enak dan mengesankan.

Rendam di Air Garam yang Dicampur Jeruk Nipis

Rendam ikan yang hendak dibersihkan di dalam air garam yang diberi air perasan jeruk nipis. Usahakan agar air untuk merendam ini adalah air hangat. Merendam ikan di air garam hangat ini memudahkan kita membersihkan sisik ikan. Ini juga bisa mengyrangi bau amis ikan.

Letakkan Ikan di Atas Telenan Kayu

Setelah ikan direndam di air hangat, tiriskan ikan dan letakkan di atas talenan kayu. Menempatkan ikan di atas talenan kayu akan memudahkanmu membersihkan sisik ikan. Talenan kayu tidak mudah membuat ikan bergeser atau berubah posisi selama dibersihkan.

Perhatikan Posisi Pisau

Perhatikan posisi pisau untuk membersihkan sisik ikan. Posisi pisau yang baik adalah miring. Tangan kiri memegang perut ikan kemudian tangan kanan memegang pisau untuk membersihkan sisik ikan. Bersihkan sisik ikan secara hati-hati dan perlahan.

Cuci Ikan di Bawah Air Mengalir

Setelah sisik ikan dikerok atau dibersihkan, cuci ikan di bawah air mengalir. Bersihkan juga isi dalam perut ikan. Agar bau amis ikan berkurang banyak, setelah dicuci bersih baluri ikan dengan air jeruk nipis lagi kemudian cuci lagi.

Itulah cara mudah membersihkan sisik ikan. Semoga cara ini bermanfaat dan semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading