Sukses

Lifestyle

Intip Kelebihan Teknologi Robotik untuk Pengobatan Kanker Prostat

Fimela.com, Jakarta Di Indonesia, penyakit kanker prostat menempati urutan ke-4 dengan jumlah penderita diperkirakan yang 25.0112 orang. Namun, sebagian besar pasien didiagnosis pada stadium lanjut karena deteksi dini kasus kanker prostat belum optimal di Indonesia.

Permasalahan ini terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit kanker prostat dan kesadaran akan pentingnya pemeriksaan, terutama pada populasi risiko tinggi. Hal tersebut sangat disayangkan, karena jika penyakit tersebut dideteksi pada stadium awal, maka tingkat keberhasilan pengobatan akan lebih tinggi.

Untuk mengatasi permasalahan kanker prosat ini, RS Cipto Mangunkusumo meluncurkan Pusat Layanan Prostat Terpadu (Prostate Center) dengan keunggulan Sistem Satu Pintu dan Teknologi Robotik Pertama di Indonesia. Pusat Layanan ini didukung oleh tenaga SDM yang kompeten serta teknologi terkini sehingga dapat memberikan layanan kesehatan paripurna dan bermutu.

Dr. Lies Dina Liastuti, Sp. JP(K), MARS, FIHA, Direktur Utama RSCM dalam Press Conference mengatakan, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan Indonesia pelayanan ‘Pusat Layanan Terpadu Prostat’ RSCM merupakan salah satu inovasi yang dibentuk untuk meningkatkan upaya deteksi dini kanker prostat. One stop service ini menyediakan layanan inovasi terbaru dan pertama di Indonesia, yaitu Biopsy Prostate Transperineal Robotic.

“Layanan yang serupa sebelumnya sudah terdapat di berbagai negara diantaranya adalah Singapura, Malaysia, dan Australia. Saat ini sebanyak 13 staf dokter dari Departemen Urologi akan terlibat dalam Prostate Center. Di dalam Prostate Center ini juga terdapat tim multi-disiplin Uro-Onkologi yang melibatkan berbagai departemen seperti Radiologi, Patologi Anatomi, Onkologi Medik Penyakit Dalam, Radioterapi, dan Departemen lain. Pelayanan ini diharapkan mendorong peningkatan layanan yang komprehensif dalam program deteksi dini kasus-kasus kanker prostat di Indonesia,” terang dr. Lies.

Pusat Layanan Prostat Terpadu (Prostate Center)

Pusat Layanan Prostat Terpadu (Prostate Center) dengan keunggulan Sistem Satu Pintu dan Teknologi Robotik Pertama di Indonesia. Pusat Layanan ini didukung oleh tenaga SDM yang kompeten serta teknologi terkini sehingga dapat memberikan layanan kesehatan paripurna dan bermutu.

Dengan sistem satu pintu, layanan dapat diberikan kepada pasien secara cepat dan tepat, mulai dari pemeriksaan awal sampai dengan diagnosa ditegakan. Pasien diharuskan untuk melakukan perjanjian konsultasi sehingga layanan diharapkan dapat dilaksanakan dalam satu hari atau pasien tidak perlu datang berulang-ulang.

Biopsi Prostat dengan teknologi robotik meningkatkan ketepatan pengambilan sampel di lokasi tempat sel kanker prostat berada. Dengan adanya teknologi ini, waktu pelaksanaan biopsi dapat dilakukan lebih singkat.

Layanan unggulan Prostate Center, dr. Chaidir Arif Mochtar, Sp.U (K), Ph.D, staf medik Departemen Urologi RSCM - FKUI mengatakan penggunaan teknik minimal invasif yakni laparoskopi yang dikombinasikan dengan visualisasi 3D dalam tatalaksana kanker prostat.

Pengaplikasian teknik laparoskopi dalam penatalaksanaan kanker prostat telah terbukti memberikan efek komplikasi yang lebih ringan jika dibandingkan dengan operasi terbuka pengangkatan prostat. Tak hanya itu durasi rawat yang lebih singkat, jumlah pendarahan yang lebih sedikit serta risiko infeksi yang lebih rendah juga jadi nilai tambah.

"Selain itu, penggunaan visualisasi 3D intra operasi juga memberikan manfaat dalam proses pengangkatan prostat, seperti durasi operasi yang lebih singkat, keluaran yang lebih baik jika dibandingkan dengan laparoskopi standar serta mempermudah operator dalam melakukan manuver-manuver selama operasi," paparnya.

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading