Sukses

Lifestyle

Tips Membersihkan Kerang Dara Sebelum Diolah

Fimela.com, Jakarta Kerang dara adalah salah satu jenis kerang yang paling mudah ditemui di pasar dengan harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan jenis kerang lainnya. Meski cukup umum, namun tak banyak orang tahu bagaimana cara membersihkan kerang dara sebelum dimasak. Ini dia cara sederhana dan efektif membersihan kerang dara sebelum diolah.

1. Bilas dengan air

Umumnya kulit kerang dara yang bergerigi kotor dengan tanah, pasir, lumut atau berbagai kotoran yang menempel di sana. Jadi langkah pertama, cuci bersih sambil kerang digosok-gosokkan dan bilas beberapa kali hingga airnya bening.

 

Cara Membersihkan Kerang Dara

2. Sikat kulitnya

Ambil sikat gigi atau sikat cuci baju yang tidak cukup keras, sikat permukaan kulitnya. Di sini dibutuhkan kesabaran karena harus menyikat kerang satu per satu. Sikat hingga permukaannya putih atau bersih dari kotoran. Cara ini efektif menghilangkan kotoran dan bau yang mungkin dibawa kerang dara. Bilas lagi.

3. Beri cuka

Untuk memudahkan membersihkan cangkang atau kulitnya, tuangkan cuka secukupnya, dan rendam sebentar. Setelah itu sikat dengan spons cuci piring yang bagian kasar.

Setelah itu kerang dara bisa diolah sesuai keinginan. Bisa juga direbus seperti biasa, dibumbui dengan bawang putih dan daun salam agar sedap. 

 #GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading