Sukses

Lifestyle

3 Tips Memperbaiki Tekstur Nasi yang Terlalu Lembek

ringkasan

  • Gunakan Roti Tawar
  • Dimasak Kembali dengan Api Kecil
  • Masukkan dalam Kulkas

Fimela.com, Jakarta Saat memasak nasi, kadang kita tak sadar telah menggunakan terlalu banyak air. Hasilnya, nasi jadi terlalu lembek dan kurang enak disantap. Tapi nasi yang lembek jangan langsung dibuang begitu saja. Kita masih bisa menyelamatkan dan mengatasi teksturnya.

Ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk mengatasi nasi yang lembek. Kita bisa memilih cara yang sekiranya menurut kita paling mudah dan cukup efektif mengatasi nasi yang kita buat.

1. Gunakan Roti Tawar

Setelah nasi baru saja matang, kita bisa meletakkan roti tawar di permukaannya. Roti tawar ini bisa membantu menyerap kelebihan air pada nasi. Diamkan selama beberapa saat, kelebihan air dari nasi akan terserap oleh roti. Nasi pun tidak terlalu berair lagi.

 

 

2. Dimasak Kembali dengan Api Kecil

Gunakan panci anti lengket. Masak kembali nasi dengan api kecil sambil terus diaduk. Masak sebenar sampai airnya agak menyusut. Dengan cara ini, air dapat menguap dan tekstur nasi tidak lagi terlalu lembek.

3. Masukkan dalam Kulkas

Siapkan baki yang sudah dialasi dengan kertas minyak. Kemudian tuang nasi ke atasnya sambil agak diratakan. Simpan dalam kulkas selama sekitar 30 menit. Suhu kulkas bisa bantu memperbaiki tekstur nasi yang terlalu lembek. Jika masih lembek, nasi bisa dipanaskan ke dalam microwave atau oven selama beberapa menit.

Bila tidak mau repot-repot menggunakan cara di atas, kita bisa tinggal mengkreasikan nasi lembek. Ada sejumlah kreasi menu yang bisa kita buat dengan nasi lembek, seperti kroket nasi dan bola-bola nasi. Selalu gunakan komposisi beras dan air yang tepat untuk menghasilkan tekstur nasi yang kita inginkan.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading