Sukses

Lifestyle

6 Cara Menyimpan Keju di Kulkas Agar Tidak Keras dan Berubah Rasa

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita tidak menggunakan semua keju kemasan yang telah kita beli saat memasak atau membuat makanan. Pada akhrinya, kita akan menyimpannya di kulkas dalam waktu lama. Namun sayangnya, terkadang jika dimasukkan kulkas, keju akan mengeras dan warnanya berubah, bahkan rasanya juga berubah.

Ini yang bisa dilakukan agar keju tidak berubah dan tetap punya kualitas yang sama seperti sedia kala.

1. Simpan di dalam wadah tertutup

Sebelum memasukkannya ke dalam kulkas, masukkan dulu keju ke dalam wadah tertutup, akan lebih baik jika kedap udara untuk menghindari udara kulkas langsung yang bisa membuatnya beku dan berubah rasa.

2. Bungku dengan plastik ziplock

Tak punya wadah kedap udara, gunakan plastik ziplock sebagai penggantinya. Setelah dibungkus dalam kemasan aslinya, masukkan keju ke dalam ziplock.

3. Simpan di bagian yang tidak terlalu dingin

Tempatkan di bagian kulkas yang tidak terlalu dingin, misalnya di bagian rak pintu atau bagian paling bawah. Temperatur paling baik untuk menyimpan keju sekitar 3–11 derajat Celcius.

Tips Menyimpan Keju

4. Jangan terlalu lama menyimpan di kulkas

Untuk menghindari berubahnya rasa dan tekstur, jangan simpan hingga berbulan-bulan. Masa penyimpanan yang baik jika disimpan di dalam kulkas, untuk keju lunak kurang lebih 2-3 minggu.

5. Simpan dengan kertas lilin

Kertas lilin bisa didapat di toko bahan makanan atau kue, cukup dibungkuskan pada keju dan simpan di bagian yang tidak terlalu dingin di kulkas.

6. Bungkus berlapis

Jika tak punya wadah tertutup atau ziplock atau kertas lilin, gunakan teknik membungkus berlapis. Setelah digunakan seperlunya, bungkus dengan kertas minyak, lalu lapisi dengan plastik biasa hingga tak memungkinkan kontak dengan udara langsung. Cara ini efektif menjaga kelembapan keju.

Nah, itu dia sekian cara menyimpan keju di kulkas agar tidak mudah keras, berubah warna maupun berubah rasa. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading