Sukses

Lifestyle

8 Minuman Hangat Khas Indonesia Berbahan Dasar Jahe

Fimela.com, Jakarta Minuman hangat khas Indonesia sering disebut sebagai wedang. Ada bermacam-macam wedang di Indonesia dan salah satu wedang paling favorit adalah wedang jahe.

Wedang jahe memiliki cita rasa khas yang menggugah selera. Selain itu, wedang jahe memiliki segudang manfaat buat kesehatan tubuh. Bicara mengenai wedang jahe, tahukah Sahabat Fimela jika ada beragam wedang atau minuman hangat dari jahe di Indonesia?

Sedikitnya ada 8 jenis minuman hangat khas Indonesia yang terbuat dari rempah jahe. Apa saja?

Wedang Uwuh hingga Bajigur

Wedang Uwuh

Minuman hangat pertama dari jahe ada wedang uwuh, Ini merupakan minuman khas Yogyakarta. Selain jahe, bahan lain yang digunakan untuk membuat wedang uwuh adalah kayu manis, cengkeh, kayu secang, pala, akar juga daun serai, dan gula batu atau gula merah.

Bir Pletok

Minuman berikutnya ada bir pletok. Ini merupakan minuman khas Betawi. Minuman ini terbuat dari rempah jahe, serai, kapulaga, kayu manis, merica hitam, kayu secang, pandan dan gula. Beberapa orang juga membuat bir pletok tanpa gula.

Sekoteng

Minuman hangat dari jahe selanjutnya ada sekoteng. Ini merupakan minuman yang mirip dengan wedang ronde namun didalamnya ditambahkan susu. Sekoteng adalah minuman yang berasal dari Jawa Tengah.

Bajigur

Bajigur adalah minuman yang berasal dari Jawa Barat. Bajigur merupakan air rebusan jahe yang dimasak bersama gula merah dan santan encer. Daun pandan dan sedikit garam yang ditambahkan dalam rebusan ini membuat bajigur terasa lebih sedap.

 

Wedang Ronde hingga Kembang Tahu

Wedang Ronde

Ini merupakan minuman atau makanan yang bisa ditemukan di Solo. Wedang ronde terdiri dari kuah yang terbuat dari jahe, gula merah dan pandan. Isian dalam wedang ronde ada kolang-kaling, kacang goreng dan bola-bola ketan berisi gula merah.

Bandrek

Sama dengan bajigur, bandrek juga merupakan minuman khas Jawa Barat. Bandrek memiliki rasa lebih pedas karena dibuat dari kuah jahe kental bersama gula merah dan rempah lainnya. Bandrek bisa disajikan dengan kue tradisional atau gorengan.

Sarabba

Ini merupakan minuman yang terbuat dari jahe asal Makassar. Sarabba terbuat dari jahe, kuning telur, santan, lada, gula aren dan rempah lainnya. Sarabba memiliki cita rasa khas yang bermanfaat menghangatkan tubuh.

Kembang Tahu

Ini juga merupakan minuman yang terbuat dari jahe. Kembang tahu sering juga disebut sebagai Tahwa. Minuman ini terbuat dari sari kedelai tawar yang disajikan bersama rebusan air jahe, sirup gula merah dan pandan.

Itulah beberapa minuman khas Indonesia yang terbuat dari jahe. Dari sekian banyak minuman yang ada, mana yang menjadi favoritmu? Sudah pernah mencoba minuman yang mana saja?

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading