Sukses

Lifestyle

Tips Membersihkan Kerang agar Tidak Berpasir, Simak Caranya di Sini

ringkasan

  • Cuci Bersih Kerang di Bawah Air Mengalir
  • Rendam dalam Air Garam
  • Bisa Juga Direndam dalam Air dengan Tepung Jagung dan Lada Hitam

Fimela.com, Jakarta Memasak kerang terkadang membutuhkan waktu yang lama karena harus ribet dalam membersihkannya. Bila kerang yang dimasak masih berpasir, rasanya pun jadi tidak enak. Pastinya sangat tidak menyenangkan bila kerangnya masih berpasir padahal bumbu yang dibuat sudah sedap.

Membersihkan kerang agar tidak berpasir, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Selengkapnya, langsung saja simak infonya di sini.

1. Cuci Bersih Kerang di Bawah Air Mengalir

Kerang bisa dicuci di bawah air keran untuk menghilangkan kotorannya. Gosok-gosok cangkangnya dengan spons untuk membuang kotoran di bagian luar.

2. Rendam dalam Air Garam

Siapkan wadah atau baskom yang cukup besar. Beri air dan tambahkan garam sekitar 3% dari volume air. Rendam kerang dalam air garam selama sekitar 30 menit agar kerang bisa "memuntahkan" pasir dari dalam tubuhnya.

 

 

3. Bisa Juga Direndam dalam Air dengan Tepung Jagung dan Lada Hitam

Kerang juga bisa direndam dalam wadah atau baskom berisi air yang sudah ditambah dengan sedikit tepung jagung dan lada hitam. Rendam selama sekitar satu jam agar pasir dari dalam tubuh kerang bisa keluar dengan optimal.

4. Bilas dengan Air Bersih

Setelah direndam, kerang bisa diangkat satu per satu lalu dibersihkan. Bersihkan kerang dari serpihan pasir. Baru setelah itu, kerang bisa diolah sesuai selera.

Cukup mudah bukan caranya? Semoga tips membersihkan kerang dari pasir ini membantu memudahkanmu mengolah kerang jadi hidangan yang lezat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading