Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Kroket Kentang yang Lembut dan Padat

ringkasan

  • Adonan Kentang Jangan Terlalu Kering
  • Cukup Sekali Dibalut dengan Tepung Panir
  • Gunakan Minyak Banyak

Fimela.com, Jakarta Kroket kentang merupakan olahan yang cukup mudah dibuat. Rasanya pun enak dan mengenyangkan. Tapi untuk membuat kroket kentang yang lembut dan padat saat digoreng, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satu tantangan yang cukup besar dan kerap muncul saat membuat kroket kentang adalah adonan yang mudah pecah saat digoreng. Berikut ini empat tips mudah yang bisa dicoba untuk membuat kroket kentang yang lebih padat dan enak.

1. Adonan Kentang Jangan Terlalu Kering

Kita bisa menggunakan tepung kentang untuk membuat adonan kulit kroket. Dengan tepung kentang kita bisa membuat adonan yang hasilnya mulus dan mudah dibentuk. Tapi bila tidak ada tepung kentang, kita bisa memakai kentang biasa. Kentang dikukus lalu ditumbuk hingga lembut. Tekstur kentang usahakan tidak terlalu kering. Bila adonan kentang dirasa terlalu kering, kita bisa menambahkan sedikit kuning telur untuk membuatnya lebih lunak dan merekat.

2. Cukup Sekali Dibalut dengan Tepung Panir

Akan lebih cantik hasilnya bila kita menggunakan tepung panir yang halus. Ketika membalut adonan yang sudah dibentuk, cukup dibalut satu kali saja. Tak perlu berulang-ulang karena nantinya hasilnya kroket malah akan keras ketika digoreng. Setelah dicelupkan ke kocokan telur, balut kroket dengan tepung panir sampai rata, lalu simpan sebentar di dalam kulkas selama kurang lebih 10 menit.

 

3. Gunakan Minyak Banyak

Dalam proses penggorengan, gunakan minyak banyak. Pastikan kroket dalam keadaan benar-benar terendam supaya tak perlu terlalu sering dibolak-balik. Selain itu, dengan minyak banyak ini, kroket pun jadi tidak mudah hancur. Karena adonan kulit dan isinya pada dasarnya sudah matang, maka tak butuh waktu lama untuk menggoreng kroket.

4. Tambahkan Sedikit Tepung Terigu ke dalam Adonan Kulit

Tips ini bisa dicoba bila sudah berulang kali membuat kroket tapi hasilnya masih pecah juga. Coba tambahkan sedikit tepung terigu ke dalam adonan kulit (kentang). Tak perlu banyak-banyak. Secukupnya saja sampai adonan sekiranya mudah dibentuk.

Semoga tips-tips di atas bisa memudahkanmu membuat kroket yang lembut dan padat, ya. Atau kalau punya tips atau trik lain yang lebih efektif, bisa langsung bagi infonya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading