Sukses

Lifestyle

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang dengan Cepat dan Tanpa Obat

Fimela.com, Jakarta Gigi berlubang adalah masalah yang banyak dijumpai di masyarakat, bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Gigi berlubang jarang sekali terdeteksi karena umumnya tidak menimbulkan rasa nyeri, perlu dilakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui kemungkinan terjadinya gigi berlubang.

Gigi berlubang adalah suatu kerusakan pada gigi yang mengikis bagian luar (email)sampai bagian dalam (dentin)gigi hingga menimbulkan suatu lubang. Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang menumpuk pada mulut, tidak terjaganya kesehatan mulut, bahkan kecenderungan untuk mengonsumsi makanan manis. Gigi berlubang yang dibiarkan terus-menerus akan menimbulkan infeksi, gigi menjadi busuk, bahkan gigi akan tanggal. Untuk itu, kami akan memaparkan cara mengatasi gigi berlubang dengan cepat dan tanpa obat.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Gigi berlubang seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, rasa sakit itu baru akan muncul jika lubang mulai membesar, memengaruhi syaraf atau menyebabkan gigi patah. Apabila Anda memilih untuk mendapatkan perawatan dokter, berikut adalah cara mengatasi sakit gigi berlubang.

Menambal gigi

Cara mengatasi sakit gigi berlubang yang telah mengalami pembusukan tahap awal adalah dengan menambal gigi berlubang. Bagian gigi yang telah rusak akan dibuang dengan cara pengeboran, setelahnya gigi akan ditambal menggunakan zat seperti emas, perak, resin komposit atau por.

Perawatan saluran akar gigi

Cara mengatasi sakit gigi berlubang yang telah mengalami pembusukan di bagian dalam gigi (gulpa) adalah dengan perawatan saluran akar gigi. Perawatan ini dilakukan dengan membuang jaringan saraf, jaringan pembuluh darah, dan setiap daerah yang busuk pada gigi. Setelah kondisi gigi menjadi bersih, maka dapat dilakukan penambalan atau pemberian crown agar gigi tidak perlu dicabut.

Cabut gigi

Cara mengatasi sakit gigi berlubang pada gigi yang sudah mengalami kondisi pembusukan parah adalah dengan melakukan cabut gigi. Apabila gigi sudah tercabut, maka akan meninggalkan ruang bagi gigi lainnya untuk bergeser.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang tanpa Obat

Orang-orang yang mengalami sakit gigi berlubang seringkali menggunakan cara instan untuk mengurangi rasa sakit yang dialaminya, yakni dengan meminum obat pereda nyeri. Sayangnya, obat pereda nyeri tidak dapat terus menerus diandalkan untuk mengurangi rasa sakit karena dapat menyebabkan ketergantungan. Berikut adalah rekomendasi cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat.

Garam

Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat dapat dengan menggunakan garam. Garam mengandung sodium yang tinggi, yang dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam juga dapat menjadi antiseptik alami bagi kesehatan mulut Anda. Larutkan 2 sdm garam ke dalam air hangat, kemudian gunakan sebagai obat kumur setiap kali selesai menyikat gigi agar bakteri yang tersisa dapat dibasmi sampai bersih.

Lemon

Lemon dapat juga digunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat. Lemon mengandung anti-bakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon dan campurkan dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

Belimbing wuluh

Selain garam dan lemon, untuk mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat dapat pula menggunakan belimbing wuluh. Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai anti-bakteri yang efektif membasmi bakteri dalam mulut. Caranya yakni dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang, kemudian dioleskan pada gigi yang sedang sakit.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang dengan Cepat

Sakit gigi pasti pernah menyerang baik anak-anak maupun orang dewasa, yang kadang tidak hanya menimbulkan ngilu tapi juga menyebabkan sakit kepala bahkan badan meriang karena demam. Mengatasi sakit gigi berlubang dengan cepat tidak hanya dapat diatasi oleh obat, namun juga dapat diatasi oleh berbagai bahan alami. Berikut ini kami rekomendasikan cara mengatasi sakit gigi berlubang dengan cepat menggunakan berbagai bahan alami.

Es batu

Es batu dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang dengan cepat, yakni dengan cara mengompreskan es batu pada bagian pipi yang terasa sakit. Mulanya beberapa bongkah es batu harus dimasukkan dalam plastik, kemudian dilapisi dengan waslap tipis. Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit atau bisa juga ditempelkan langsung pada permukaan gigi yang ngilu. Cara ini akan membuat saraf gigi kebas dan ngilu tidak lagi terasa.

Bawang mentah

Bawang mentah dapat juga digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang dengan cepat, baik itu bawang merah maupun bawang putih. Kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi, sekaligus meredakan rasa nyerinya.

Cara yang perlu dilakukan yakni dengan mengunyah bawang mentah beberapa menit pada gigi yang mengalami ngilu. Saat terkunyah, bawang akan mengeluarkan allicin, zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri. Selain dikunyah, ada cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan mengiris tipis bawang dan meletakkannya pada gigi yang sakit.

Cuka

Cuka dapat menjadi alternatif pilihan untuk mengatasi sakit gigi berlubang dengan cepat, baik itu cuka dapur maupun cuka apel. Tidak dianjurkan untuk menggunakan cuka murni untuk berkumur, karena asam yang terkandung di dalamnya justru merusak lapisan enamel gigi.

Larutkan 1/2 sdt cuka ke dalam segelas air hangat, kemudian pakailah untuk berkumur dan diamkan sejenak di daerah yang sakit kurang lebih 30 detik sebelum dibuang. Apabila tidak kuat dengan rasa asam cuka, kamu bisa meneteskan cuka pada kapas dan selanjutnya menempelkan kapas pada gigi yang sakit. Setelah itu, berkumurlah dengan air biasa dan gosoklah gigi dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.

 

Setelah mengetahui beberapa tips tersebut, manakah yang akan kamu coba? 

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading