Sukses

Lifestyle

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Cepat dan Alami

Fimela.com, Jakarta Bau mulut merupakan mayoritas masalah bagi banyak orang. Karena banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan bau yang muncul dimulut. Untuk itu kesehatan rongga mulut wajib dijaga agar dapat menghilangkan bau mulut yang tentunya mengganggu ketika kamu berbicara dengan orang lain.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab bau mulut, yang pertama yaitu Penyakit lambung dan yang kedua adalah kotoran sisa makanan yang menyangkut di rongga mulut. Penyakit lambung menyebabkan asam lambung naik dan menimbulkan bau yang tidak sedap, bau ini biasanya muncul saat bersendawa, bahkan bisa juga ketika berbicara.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Banyak makanan yang bisa menyebabkan bau mulut, banyak pula makanan yang bisa menyegarkan rongga mulut sehingga menutupi bau mulut itu. Ini dia bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut .

Memakan buah jeruk

Selain segar jeruk juga memiliki banyak kandungan vitamin C yang dapat bekerja untuk meningkatkan produksi air liur. Ketika air liur banyak, maka bakteri yang ada di dalam mulut lebih cepat keluar. Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk ini juga berpengaruh untuk mencegah rongga mulut dari sariawan dan radang gusi.

Mengunyah daun sirih

Daun sirih dikenal sebagai daun untuk pembersih anggota tubuh, baik dari bau ketiak, bau tidak sedap pada kemaluan dan juga sebagai cara menghilangkan bau mulut. Tentunya dengan cara yang berbeda tiap penggunaannya. Sebagai cara menghilangkan bau mulut, daun sirih cukup dikunyah saja.

Menggunakan siwak

Siwak merupakan dahan atau akar dari pohon Salvadora Persica. Walaupun rasanya masam, siwak dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut karena mengandung zat yang berguna untuk kesehatan mulut dan gigi.

Minum air putih yang banyak

Minum air putih juga berpengaruh sebagai cara menghilangkan bau mulut, karena ketika kamu minum, sebagian liur yang sudah ada dalam mulut ikut tertelan sehingga mengurangi bau mulut.

Kumur dengan air garam

Selain berguna untuk meredakan sakit gigi, air garam juga dipercaya ampuh untuk mengatasi bau mulut. Pemakaiannya sangat mudah, tinggal campurkan garam dengan air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Cepat

Buat kamu yang lagi cepat-cepat mau pergi tapi masih bau mulut? gak usah khawatir, cara menghilangkan bau mulut secara cepat ada banyak loh!

Gosok gigi dengan pasta gigi

Menggosok gigi secara rutin dapat menghilangkan bau mulut, juga sebagai cara menghilangkan bau mulut dengan cepat dan efektif.

Gunakan obat kumur

Obat kumur mengandung banyak perisa yang dapat menyegarkan mulut, cara menghilangkan bau mulut ini sangat simpel, cukup kumur selama 30 detik, bau mulut akan hilang.

Minum minuman bersoda

Minuman bersoda dapat menghilangkan bau mulut dalam sekejap. Hal ini karena ada soda yang bisa membersihkan mulut dan juga berperan sebagai penyegar mulut.

Membersihkan lidah

Lidah yang kotor bisa menjadi penyebab bau tak sedap pada ronga mulut, untuk itu rajinlah membersihkan lidah menggunakan sikat gigi sebanyak 3 hari sekali. Eits, jangan terlalu sering ya! karena membersihkan lidah terlalu sering menyebabkan lidah kurang peka terhadap rasa.

Gunakan dental floss

Dental floss merupakan benang kecil yang digunakan untuk membantu mengangkat sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi. Makanan yang tertinggal tentunya menyebabkan tumbuhnya bakteri dan mengeluarkan bau tak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Jengkol dan Pete

Jengkol dan pete memiliki bau yang tidak sedap, setelah memakannya pasti kamu dan orang disekelilingmu akan terganggu dengan bau itu.

Mengunyah beras

Beras dapat mengilangkan bau mulut penyebab jengkol dan pete. Cukup kunyah segenggam beras kemudian kunyah sampai halus. Mengunyah beras ini cukup ampuh untuk langsung menghilangkan bau tak sedap dari jengkol dan pete, eits gak perlu ditelan ya!

Kunyah permen karet

Permen karet memiliki rasa bermacam-macam dan juga memberikan kesan segar dimulut setelahnya. Cukup mengunyah permen karet beberapa saat maka bau petai dan jengkol akan hilang.

Minum kopi

Kopi diketahui sebagai bahan untuk penetral bau - bau yang tidak sedap, minum kopi maka harum kopi yang akan tercium dari rongga mulut.

Cara Mengilangkan Bau Mulut Permanen

Bau mulut yang mengganggu pastinya bisa hilang secara permanen. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan juga perawatan, bau mulut bisa hilang selamanya.

Makan makanan yang segar dan sehat

Menjaga pola makan tentunya sangat penting bagi kesehatan, sama halnya dengan mulut, makanan yang segar tentunya sedikit meninggalkan bau di mulut. Berlaku juga untuk bakteri lambung, jika makanan yang masuk sehat dan segar, bakteri lambung tidak akan memproduksi bau.

Kurangi alkohol

Konsumsi alkohol dalam skala banyak tentunya menyebabkan bau tidak sedap muncul pada rongga mulut. Alkohol asli saja baunya sudah tidak sedap, bagaimana bercampur di rongga mulut bersama sisa makanan dan bakteri lainnya? Untuk itu salah satu pencegahannya yaitu kurangi minum minuman beralkohol.

Jangan lewatkan yang ini.

Jangan merokok

Bau mulut tidak sedap juga bisa disebabkan oleh rokok loh. Karena, ketika dihisap rokok mengeluarkan zat yang bisa menyebabkan bau mulut tidak terkontrol. selain bikin bau mulut, rokok juga bisa menimbulkan plak pada gigi yang mimicu bakteri di dalam mulut.

 

Buat kamu yang terganggu dengan bau mulut, tentunya bisa mencoba berbagai cara di atas loh, pastinya bau mulut akan hilang dalam sekejap.

 

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading