Sukses

Lifestyle

Cara Melancarkan BAB yang Keras Tiap Hari pada Anak dan Bayi Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Susah buang air besar (BAB) atau yang biasa dinamakan sembelit atau konstipasi adalah suatu kondisi dimana penderitanya mengalami susah buang air besar. Hal ini disebabkan oleh tidak lancarnya pencernaan di tubuh. Tidak lancarnya pencernaan dapat mengakibatkan penumpukan limbah makanan pada tubuh yang tentunya berdampak tidak baik.

Terjadinya susah BAB dapat disebabkan karena beberapa faktor, antara lain; kurangnya makan berserat, kelebihan makan-makanan berlemak, serta kurangnya minum air putih. Jika sudah terjadi sembelit, maka aktifitas pun akan terhambat, dikarenakan sembelit biasanya diikuti oleh rasa sakit dan tidak nyaman di perut. Lalu bagaimana cara melancarkan BAB? Berikut, kami berikan cara melancarkan BAB yang dapat kamu coba.

 

Cara Melancarkan BAB Secara Alami

Cara melancarkan BAB tidak melulu harus dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan, seperti obat pencahar. BAB yang tidak lancar juga bisa diatasi dengan pola hidup sehat, seperti makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah dan sayur apa saja yang bisa dikonsumsi guna melancarkan BAB? Simak selengkapnya dibawah ini.

Cara alami melancarkan BAB dengan apel

Siapa yang tak suka apel? Buah dengan rasa manis ini ternyata memiliki banyak kandungan sehat seperti vitamin A, C, kalium, pectin, dan mineral. Kandungan yang terdapat pada apel ini dapat memperlancar proses pembuangan sehingga dapat melancarkan BAB. Kandungan pectin pada apel juga dipercaya dapat menambah produksi bakteri baik yang berguna untuk memperlancar BAB.

Cara alami melancarkan BAB dengan pisang

Pisang terkenal karena memiliki kandungan serat tinggi. Serat yang tinggi akan merangsang usus untuk berkontraksi. Dengan demikian sistem pencernaan pun menjadi lancar. Disarankan untuk mengonsumsi pisang setiap hari agar seratmu terpenuhi.

Cara alami melancarkan BAB dengan asparagus

Asparagus atau rebung yang biasa kita jumpai dalam berbagai olahan sayur, ternyata dapat membantu melancarkan BAB. Kandungan prebiotik dalam asparagus mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan BAB.

Cara alami melancarkan BAB dengan bayam

Siapa yang tidak tahu bayam? Ya, makanan yang sering dikonsumsi oleh tokoh kartun Popeye ini memang mengandung serat yang tinggi. Oleh karena itu bayam dapat menjadi cara alami melancarkan BAB.

Cara Melancarkan BAB yang Keras

Susah buang air besar atau sembelit dapat ditandai oleh tekstur feses yang keras dan kering. Hal ini yang membuat feses sulit untuk dikeluarkan. Maka dari itu, kami akan rekomendasikan cara melancarkan BAB yang keras.

Cara melancarkan BAB dengan avokad

Buah avokad memang dikenal baik untuk proses diet. Namun, serat yang terkandung dalam avokad juga dapat menjadi salah satu cara melancarkan BAB. Buah avokad dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat pula dijadikan jus tanpa menambahkan gula.

Cara melancarkan BAB dengan lemon

Vitamin C dalam lemon dapat bermanfaat untuk banyak hal, termasuk melancarkan BAB. Vitamin C mampu memecah dan mengubah sisa makanan yang nantiya akan dikeluarkan oleh saluran pencernaan. Minum perasan dari buah lemon setiap pagi sebelum sarapan agar usus pun jadi bersih.

Cara melancarkan BAB dengan air kelapa

Selain daging buahnya, air kelapa juga baik untuk menjadi cara melancarkan BAB. Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat melancarkan sembelit. Konsumsilah satu gelas air kepala tanpa tambahan gula, jika kamu merasa susah untuk buang air besar.

Cara Melancarkan BAB Tiap Hari

Buang air besar yang baik adalah yang dilakukan setiap hari. Karena dengan BAB setiap hari, menandakan pencernaan kita lancar. Inilah cara melancarkan BAB tiap hari yang dijamin ampuh untuk kamu.

Cara melancarkan BAB dengan air putih

Salah satu penyebab susahnya buang air besar adalah akibat feses yang kering. Oleh karena itu disarankan untuk rutin mengonsumsi air putih agar memudahkan feses untuk dikeluarkan. Air putih dapat melembabkan pencernaan, sehingga pencernaan bekerja dengan lancar. Disarankan untuk meminum air putih 8 gelas sehari agar memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu.

Cara melancarkan BAB dengan olahraga

Olahraga dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan yang merangsang kontaksi otot dan membantu makanan lebih cepat turun ke usus. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan yang ringan saja secara rutin setiap harinya. Dengan begitu dijamin BAB kamu akan lancar.

Cara Melancarkan BAB pada Anak dan Bayi

Tak hanya orang dewasa, anak-anak dan bayi juga dapat mengalami susah buang air besar. Penyebab umumnya adalah kurangnya konsumsi air, buah, dan sayur. Jika sudah begitu, orang tua pasti merasa khawatir. Namun, tenang, kami akan berikan cara melancarkan BAB pada anak dan bayi.

Berikan makanan berserat

Makanan berserat sangat dibutuhkan tubuh anak, terutama saat sedang sembelit. Orang tua dapat memberikan mereka buah-buahan yang berserat tinggi. Beberapa buah dan sayur untuk melancarkan BAB antara lain; pir, kurma, pepaya, pisang, apel, kembang kol. selada, kacang polong dll. Untuk lebih memudahkan anak dalam mencerna, buah-buahan dan sayur-sayuran juga dapat diolah menjadi jus.

Pastikan cairan tubuh terpenuhi

Kurangnya cairan tubuh selain membuat tubuh lemas, juga dapat membuat pencernaan tidak lancar sehingga mengalami susah BAB. Untuk itu, pastikan anak mendapatkan cairan yang cukup setiap harinya.

Latih menggunakan toilet

Disarankan untuk orang tua membiasakan anaknya untuk duduk di toilet selama 5-10 menit setelah makan setiap hari untuk merangsang keluarnya BAB.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading