Sukses

Lifestyle

Cara Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya dengan Cepat serta Ampuh secara Alami

Fimela.com, Jakarta Salah satu parasit yang sangat mengganggu yang mudah kita temui adalah kutu rambut. Kutu yang besarang pada rambut tentunya sangat mengganggu. Selain rasa gatal yang ditimbulkan, kutu juga menyebabkan kurang percaya diri. Selain itu rasa gatal dan panas yang ditimbulkan dari kutu rambut membuat kita tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Penyebab munculnya kutu di rambut tentunya beragam. Bisa penggunaan sisir yang bersamaan dengan orang yang rambutnya terkena kutu, bisa pula penggunaan handuk yang bersamaan, dan atau kurang rajin dalam menjaga kebersihan rambut.

Cara Membasmi Kutu Rambut secara Alami

Mengobati kutu rambut tidak melulu harus menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Karena, bahan kimia yang terkandung justru akan membuat rambutmu keras dan rusak. Ada baiknya untuk mencoba cara membasmi kutu rambut menggunakan bahan alami.

Jus lemon

Jus dari buah lemon dapat digunakan sebagai cara membasmi kutu rambut secara alami loh.

Cara membuatnya:

  1. siapkan perasan lemon
  2. kemudian usapkan ke kulit kepala
  3. tunggu selama 1 jam
  4. lalu bilas dengan air hangat.

Almond

Tumbukan biji almond dapat membantu membasmi kutu rambut secara alami.

Sahabat Fimela hanya perlu melakukan langkah berikut:

  1. siapkan 10 butir almond
  2. rendam dalam air semalaman
  3. kupas biji almond, lalu tumbuk hingga halus
  4. campurkan tumbukan almond dan jeruk nipis
  5. usapkan pada kulit kepala dan pijat pelan selama 10 menit
  6. diamkan selama 2 jam lalu bilas dengan air bersih.

Bawang merah

Bawang merah juga mampu membasmi kutu yang ada di rambut. Kamu hanya perlu menyiapkan bawang sebagai bahannya.

Berikut cara penggunaannya:

  1. haluskan 4-5 butir bawang merah
  2. peras bawang merah yang sudah halus menggunakan kain sampai tersaring minyakya
  3. usapkan ke kepala dan pijat selama 10 menit
  4. tutup rambut yang sudah dipijat menggunakan handuk hangat dan tunggu selama 2 jam
  5. setelah itu sisir rambut menggunakan sisir serit dan lihatlah kutu yang sudah mati berjatuhan.

Cara Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

Masalah membasmi kutu pada rambut tidak berhenti sampai disitu saja. Telur kutu yang menempel dan bersarang pada sela-sela batang rambut harus segera dibasmi. Jika tidak maka telur tersebut akan menetas dan menjadi kutu baru yang akan tinggal di rambutmu. Berikut cara membasmi kutu rambut beserta telurnya. 

Minyak kelapa

Rutin menggunakan minyak kelapa mampu membuat kutu rambut tidak lagi datang ke kepala. Cukup dengan mengusapkan minyak ke kulit kepala dan rambut secara rutin seminggu sekali, maka kutu dan telurnya pun musnah.

Mayonnaise

Pelengkap makanan ini ternyata juga bisa loh digunakan sebagai cara membasmi kutu rambut dan telurnya. Cukup oleskan mayonnaise secara menyeluruh pada kulit kepala dan rambut. Kemudian tutup menggunakan shower cap dan handuk hangat selama 5-6 jam. Bilas hingga bersih lalu sisir sampai kutu dan telurnya hilang.

Minyak kayu putih dan jeruk nipis

Gunakan campuran minyak kayu putih dan jeruk nipis untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Campurkan kedua bahan kemudian usapkan ke rambut dan tunggu selama 2 jam. Bilas hingga bersih dan sisir sampai kutu rambut dan telurnya hilang.

Cara Ampuh Membasmi Kutu Rambut

Membasmi kutu rambut memang membutuhkan kesabaran. Namun, jika cara yang dipakai tidak ampuh maka akan sia-sia. Oleh karena itu, ikuti step-step dibawah ini sebagai cara membasmi kutu rambut yang dijamin ampuh.

Alat dan bahan:

  • Sampo
  • Kondisioner
  • Alkohol 70%
  • Serit atau sisir kutu
  • Handuk

Cara penggunaan:

  1. Pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah mencuci rambut sampai bersih. Pastikan kamu mencuci rambut menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu.
  2. Setelah selesai keramas, keringkan rambut sampai setengah kering, lalu usapkan alkohol ke kulit kepala. Pastikan tidak ada luka bekas garukan di kepalamu agar tidak terasa perih. Alkohol merupakan isopropil yang bisa mematikan kutu beserta dengan telornya. Hal ini tergantung seberapa keberanian kamu dalam menggunakan.
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Setelah 30 menit, sisir rambut menggunakan sisir khusus kutu yaitu serit. Sisir secara perlahan dan perhatikan kutu yang berjatuhan akibat disisir. Lakukan terus menerus sampai kutu dan telur kutu bersih dari kepala.

 

Cara Membasmi Kutu Rambut dengan Cepat

Kutu rambut yang menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman, pasti membuat kita ingin segera menghilangkannya dengan cepat. Jangan khawatir, berikut kami berikan cara membasmi kutu rambut dengan cepat.

Lidah buaya

Menutrisi rambut secara menyeluruh merupakan salah satu kegunaan dari lidah buaya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya untuk membasmi kutu rambut. Usapkan gel lidah buaya pada rambut kemudian tunggu selama 2 jam lalu bilas hingga bersih.

Daun sirsak

Selain berguna untuk mengobati kanker, daun sirsak juga bisa digunakan sebagai cara membasmi kutu rambut dengan. Kamu bisa merebus 10 lembar daun sirsak dan usapkan airnya ke rambut. Lalu tunggu 2-3 jam kemudian bilas hingga bersih. 

Minyak zaitun

Sebagai pembasmi kutu rambut, minyak zaitun bisa kamu gunakan sebagai overnight treatment. Usapkan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala sebelum tidur. Kemudian pakailah shower cap agar minyak tidak menempel pada bantal. Pagi hari setelah itu, kamu bisa langsung menyisir rambut menggunakan sisir serit untuk melihat kutu yang mati.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading