Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Menu Sahur yang Membuatmu Kenyang Lebih Lama

Fimela.com, Jakarta Tidak terasa tinggal menghitung hari, kita akan melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadan. Berbagai hal pun sudah mulai harus dipersiapkan, misalnya kebiasaan berpuasa, persiapan menu berbuka, sampai menu sahur.

Berbicara mengenai sahur, tentunya rutinitas ini merupakan rutinitas yang khas dilakukan saat ramadan. Pada saat sahur, kita harus bangun dan memakan makanan untuk menyiapkan diri berpuasa pada keesokan harinya.

Makanan yang dimakan pada saat sahur tentu harus makanan sehat yang mengenyangkan agar selama berpuasa kita tetap kuat dan dapat menahan lapar. Untuk itu, kamu tidak boleh asal makan saja, kamu harus mempertimbangkan gizi makanan tersebut apakah akan menunjang jalannya puasa atau tidak.

Jika tidak, pasti puasamu akan terasa berat dan lapar karena kamu tidak mengkonsumsi makanan yang mengenyangkan. Maka dari itu, Fimela.com kali ini akan memberikan 5 rekomendasi menu sahur yang membuatmu kenyang lebih lama. Simak rekomendasinya berikut ini.

Oatmeal

Rekomendasi menu sahur yang pertama dan pastinya mengenyangkan ialah oatmeal. Memakan semangkuk oatmeal sebagai menu sahur pastinya akan mengenyangkan dan membantu mengelola rasa lapar lebih baik daripada sereal dan nasi.

Bagi kamu yang belum terbiasa memakan oatmeal, kamu bisa mulai mencobanya. Oatmeal bisa kamu dapatkan di toko-toko sampai supermarket dengan varian yang beragam. Mulai dari varian rasanya yang bermacam-macam sampai varian tingkat kematangannya. Kamu bisa memilih ingin mengkonsumsi oatmeal instan atau yang perlu dimasak, keduanya sama-sama lezat dan mengenyangkan.

Jangan takut akan rasa hambar yang kamu rasakan ketika memakan oatmeal karena kamu bisa memadukannya dengan buah-buahan dan bahan lainnya agar rasanya menajdi lebih enak. Dijamin setelah sahur dengan oatmeal, kamu pasti lebih siap untuk berpuasa karena oatmeal mampu menahan lapar dan membuatmu kenyang lebih lama.

Sayur Sop

Kedua, rekomendasi menu sahur yang mengenyangkan selanjutnya ialah sayur sop. Sayur sejuta umat ini ternyata bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena didalam komposisi sayur sop terdapat banyak sayuran yang kaya gizi sehingga selain memberikan nutrisi juga mengenyangkan.

Kamu bisa dengan sangat mudah memasak sayur sop ini, bisa dimasak menggunakan kompor bahkan rice cooker. Pada saat penyajian, kamu bisa memakannya dengan nasi dan lauk pauk lainnya. Kalau sudah begini, dapat dipastikan puasamu akan berjalan penuh semangat tanpa rasa lapar yang menyiksa.

Telur Omelette

Selanjutnya, menu yang direkomendasikan saat sahur agar kamu kenyang lebih lama ialah telur omelette. Tentunya membuat omelette sangat mudah dan kamu hanya membutuhkan telur sebagai bahan dasarnya.

Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Tingginya kandungan protein telur dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Pastinya telur juga merupakan bahan makanan yang mudah diolah untuk menjadi berbagai macam sajian.

Kamu bisa memasaknya sebagai omelette, scrambled egg, atau hanya merebusnya saja, itu pun rasanya sudah enak. Disarankan kamu menjadikan telur sebagai hidanga penutup agar selama puasa kamu tidak mudah merasa lapar.

Sajian Ikan Halibut

Rekomendasi menu sahur yang membuatmu kenyang lebih lama berikutnya adalah sajian ikan halibut. Menurut studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition, ikan halibut menempati ranking kedua makanan yang mengenyangkan setelah kentang rebus. Hal ini pastinya sudah tidak diragukan lagi.

Studi lain juga menyebutkan bahwa kandungan protein ikan halibut sangat tinggi dan setara dengan protein daging sapi dan daging ayam. Kandungannya juga mampu meningkatan hormon serotonin, hormon penting yang berperan dalam mengatur sinyal nafsu makan.

Untuk informasi, agar kandungannya lebih terjaga, sebaiknya kamu memasak ikan halibut dengan cara dikukus. Tenang saja rasanya tetap enak dan pastinya mengenyangkan.

 

Kentang Rebus

Terakhir, rekomendasi menu yang pastinya ampuh membuat kamu kenyang lebih lama ialah kentang rebus. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kentang rebus dapat membuatmu kenyang lebih lama. Bahkan, biasa direkomendasikan bagi mereka yang sedang ingin melakukan diet.

Kentang rebus juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Makanan ini juga bisa mengenyangkan karena didukung oleh protein yang dimilikinya. Protein yang terdapat dalam kentang yang biasa dikenal dengan istilah kentang proteinase inhibitor dapat mengekang nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Tidak perlu khawatir akan monoton, kentang rebus bisa diolah dan dicampur dengan makanan lainnya sehingga tidak akan membuat kamu bosan.

Smoothie Pisang Bayam dengan Almond Butter

Bahan-bahan:

  • Dua pisang matang, dipotong-potong.
  • Dua gelas bayam segar.
  • Satu gelas susu almond.
  • Almond butter sebanyak dua sendok makan.
  • Es batu sesuai kebutuhan.

Cara Membuat:

  1. Masukkan pisang, bayam, susu almond, almond butter, dan es batu ke dalam blender.
  2. Blender hingga lembut dan tercampur dengan baik.
  3. Tuang smoothie ke dalam gelas dan nikmati sebagai minuman penyegar yang memberikan energi.

Nasi Merah dengan Tumisan Sayuran dan Tahu

Bahan-bahan:

  • Dua gelas nasi merah yang telah dimasak.
  • Tahu seberat 200 gram, dipotong dadu.
  • Satu wortel, dipotong dadu kecil.
  • Buncis secukupnya, dipotong-potong.
  • Satu paprika merah, dipotong dadu.
  • Dua siung bawang putih, dicincang halus.
  • Kecap manis dua sendok makan.
  • Minyak sayur satu sendok makan.
  • Garam dan lada hitam sesuai selera.

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak sayur di wajan besar dan tumis bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan tahu dan masak sampai sedikit kecokelatan.
  3. Tambahkan wortel, buncis, dan paprika, masak sampai sayuran lunak.
  4. Campurkan nasi merah yang sudah dimasak.
  5. Tuangkan kecap manis dan aduk rata.
  6. Bumbui dengan garam dan lada hitam, aduk lagi.
  7. Angkat dan sajikan sebagai hidangan sahur yang nikmat dan bergizi.

Salad Quinoa dengan Tofu dan Sayuran Oven

Bahan-bahan:

  • Quinoa sebanyak satu gelas.
  • Tofu seberat 200 gram, dipotong menjadi kubus.
  • Dua buah wortel, diiris dadu.
  • Satu buah paprika merah dan satu paprika kuning, masing-masing diiris dadu.
  • Zucchini satu buah, diiris dadu.
  • Minyak zaitun dua sendok makan.
  • Garam dan lada hitam sesuai selera.
  • Jus lemon sebanyak dua sendok makan.
  • Daun ketumbar segar secukupnya, dicincang tidak terlalu halus.

Cara Membuat:

  1. Bersihkan quinoa dan masak sesuai instruksi paket. Setelah itu, sisihkan.
  2. Panaskan oven hingga 200 derajat Celsius.
  3. Dalam mangkuk besar, campurkan tofu, wortel, kedua paprika, dan zucchini. Tambahkan minyak zaitun, garam, dan lada hitam, lalu aduk hingga merata.
  4. Sebarkan campuran sayuran dan tofu di atas loyang yang telah dilapisi kertas minyak. Panggang selama 20-25 menit sampai sayuran empuk dan berwarna keemasan.
  5. Gabungkan quinoa yang sudah matang dengan sayuran yang telah dipanggang.
  6. Tambahkan jus lemon dan daun ketumbar, aduk hingga tercampur rata.
  7. Sajikan sebagai makanan pembuka yang menyegarkan dan penuh nutrisi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading