Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Berpuasa yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Tinggal menghitung hari, kita akan segera berjumpa dengan bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan, kita diwajibkan untuk berpuasa 1 hari penuh menahan hawa nafsu. Semua itu dilakukan semata-mata hanya untuk beribadah dan mengharapkan keberkahan pada bulan suci Ramadhan.

Tentunya agar kamu kuat berpuasa maka, kamu harus meniatkannya terlebih dahulu. Hal ini penting karena akan berpengaruh pada tekad dan juga kemampuan untuk menahan godaan selama berpuasa. Misalnya, godaan dari rasa lapar, haus, emosi, serta perbuatan lain yang seharusnya tidak dilakukan pada saat menjalankan ibadah berpuasa.

Berpuasa ternyata tidak hanya mampu membuatmu menjadi seseorang yang lebih bertakwa tetapi juga mampu menyehatkan tubuh. Hal ini tentu bukan omong kosong belaka karena mampu dibuktikan secara medis bahwa berpuasa memiliki efek dan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buat kamu yang penasaran apa saja manfaat berpuasa yang baik bagi tubuh bisa langsung simak saja artikel berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 5 manfaat berpuasa yang baik untuk kesehatan tubuh. Cek manfaatnya berikut ini agar kamu semakin semangat berpuasa.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat berpuasa yang baik untuk kesehatan tubuh ialah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pada saat berpuasa kamu tidak perlu khawatir karena merasa lemas yang membuatmu jadi mudah sakit. Justru ketika berpuasa, didalam tubuh akan terjadi peningkatan limfosit sampai dengan 10 kali lipat, hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga puasa justru menghindarkan kita dari berbagai virus dari lingkungan luar atau makanan yang tidak baik.

Mengingat saat ini wabah pandemi Covid-19 juga mudah menyerang tubuh manusia yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah maka, berpuasa merupakan salah tindakan pereventif. Tidak hanya mendapat pahal beribadah, kamu juga jadi terhindar dari berbagai penyakit karena berpuasa yang membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Membuat Ginjal Lebih Sehat

Selanjutnya, manfaat berpuasa lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh yakni dapat membuat ginjal lebih sehat. Sesuai fungsinya, ginjal dalam tubuh sebagai penyaring zat berbahaya apapun dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Alasan mengapa berpuasa dapat menyehatkan ginjal dapat dijelaskan secara medis. Fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air yaitu ketika berpuasa.

Ginjal juga tentunya akan lebih sehat karena memiliki waktu istirahat untuk menyaring zat makanan dalam tubuh yang biasanya digunakan sepanjang waktu. Dengan berpuasa juga tentunya kita akan lebih memilah lagi makanan dan minuman yang kita konsumsi agar berdampak baik untuk kesehatan tubuh dan ginjal.

Bisa Mencegah Obesitas

Manfaat yang satu ini tentunya paling banyak disukai oleh para perempuan yakni, manfaat berpuasa dapat mencegah obesitas. Berpuasa juga secara tidak langsung bisa diibaratkan sebagai diet sehat daripada kamu menjalani diet lainnya yang dapat memberi efek negatif pada tubuh.

Secara ilmiah, berpuasa jelas dapat menurunkan berat badan, hal ini terjadi karena selama berpuasa,usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan. Enndapan makanan inilah yang bila kelebihan akan menjadi lemak diperut. Selain itu berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan kita, sehingga sirkulasi makanan dan buang air menjadi lebih lancar.

Pastinya kamu bisa mendapatkan badan tubuh ideal setelah berpuasa satu bulan penuh dengan syarat menu berbuka dan sahur tetap dikontrol. Selama berpuasa kamu juga harus membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur agar cita-cita memiliki badan ideal setelah berpuasa dapat terwujud.

Menghindari Risiko Penyakit Jantung

Selanjutnya, manfaat berpuasa yang baik untuk kesehatan tubuh lainnya adalah dapat membuatmu terhindar dari risiko penyakit jantung. Dilansir dari Alodokter, salah satu penelitian menemukan bahwa seseorang yang berpuasa selama sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung daripada yang tidak.

Selain itu, puasa juga dapat mencegah hal-hal yang menyebabkan penyakit jantung, seperti mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tentunya hal ini juga didukung dengan pola hidup sehat terutama soal makanan yang dikonsumsi.

Selama berpuasa dianjurkan untuk banyak mengonsumsi ikan karena mengandung zat-zat yang baik untuk jantung serta menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak trans, seperti gorengan.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Terakhir, berpuasa tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan fisik tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Berpuasa dapat meningkatkan kesehatan mental karena saat berpuasa tubuh dapat memproduksi banyak endorphin yaitu hormon yang membuat bahagia. Hal itu dapat meningkatkan mood, meningkatkan rasa bahagia, mencegah depresi dan juga gangguan kecemasan

Efek tersebut biasanya akan dirasakan setelah 3-4 hari berpuasa. Hal itu disebabkan karena tubuh harus beradaptasi terlebih dahulu saat puasa. Jadi, kamu tidak perlu khawatir merasa gundah karena menahan lapar dan haus saat berpuasa, justru berpuasa akan membuatmu lebih bahagia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading