Sukses

Lifestyle

Mengenal Keutamaan dan Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar Beserta Doanya

Fimela.com, Jakarta Salah satu malam yang penuh keistimewaan bahkan dianggap sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan ialah malam Lailatul Qadar. Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh akan keberkahan karena pada malam tersebut siapapun yang memanjatkan doa akan dikabulkan oleh Allah SWT. Tentu dengan syarat harus berdoa secara sungguh-sungguh agar dikabulkan oleh Allah SWT.

Didalam Al Qur’an, malam Lailatul Qadar digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, itulah mengapa malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penting di bulan ramadan. Sebagian besar ulama berpendapat bahwa, malam Lailatul Qadar biasanya jatuh di malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Berikut hadis mengenai malam Lailatul Qadar yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

"Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru." (HR. Imam Muslim, 762).

Buat kamu yang tengah menunggu datangnya malam Lailatul Qadar, kamu perlu mengetahui tanda-tandanya. Fimela.com kali ini akan membagikan informasi mengenal tanda-tanda malam Lailatul Qadar dan doanya. Cek semua tanda-tandanya agar kamu bisa mengidentifikasi kapan datangnya malam Lailatul Qadar.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Sebagai malam yang penuh kemuliaan, malam Lailatul Qadar tentunya memiliki keutamaan yang membedakannya dengan malam-malam lain di bulan ramadan. Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat akan turun ke bumi dan memberi syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan Lailatul Qadar. Allah juga akan melapangkan rezeki bagi orang-orang yang senantiasa meminta dengan tulus dan dikehendaki-Nya.

Segala amalan baik yang dilakukan di malam Lailatul Qadar akan diberikan pahala berlipat ganda. Sebagai malam yang lebih mulia dari 1000 bulan, malam ini tidak bisa disamakan dengan malam-malam lain. Imam Mujahid, qotadah dan ulama besar lain berpendapat bahwa malam ini adalah malam yang begitu mulia dan utama.

Kamu bisa mengerjakan beberapa amalan seperti mendirikan salat, baik salat wajib dan sunah, membaca Alquran, berzikir, dan melakukan kebaikan di malam ini akan mendapatkan ketenangan serta kesejahteraan. Orang-orang yang senantiasa menghidupkan malam ini juga akan dijaga oleh para malaikat yang sedang turun ke bumi.

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Tidak ada tanggal pasti mengenai kapan hadirnya malam Lailatul Qadar, namun sejumlah hadis banyak menyebutkan bahwa malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik daripada seribu bulan ini jatuh di 10 hari terakhir bulan ramadan. Adapun hadis yang menerangkan tentang malam Lailatul Qadar, yakni:

"Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadan, melebihi kesungguhan Beliau di waktu lainnya. (HR. Muslim).

Maka dari itu, setiap muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan amalannya pada sepuluh hari terakhir di bulan ramadan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila malam Lailatul Qadar datang, kita dalam keadaan siap. Adapun tanda-tanda dari malam Lailatul Qadar antara lain adalah:

  • Pada pagi hari matahari akan terbit dalam keadaan jernih, teduh, dan seperti tidak ada sinar.
  • Namu, sinar mentari pagi tidak begitu cerah, tapi teduh dan menenangkan.
  • Di malam Lailatul Qadar, kondisi udara juga tidaklah panas, tidak dingin, tidak berawan dan juga tidak badai.
  • Dan sebagai tanda terakhir, karena malaikat turun ke bumi, maka keadaan terasa sangat tenang, nyaman dan orang-orang akan merasakan kenikmatan tersendiri saat beribadah dengan sungguh-sungguh.

Doa Pada Malam Lailatul Qadar

Pada malam Lailatul Qadar, sebenarnya umat muslim bisa memanjatkan doa apa saja sesuai dengan keinginan atau permintaan yang ingin dikabulkan. Namun, ada satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW yang perlu dipanjatkan saat malam Lailatul Qadar, yakni:

“Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni.”

Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Doa ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar dari manusia kepada Allah SWT agar diampuni segala dosa-dosanya. Selain diampuni segala dosanya, doa ini juga bertujuan untuk meminta petunjuk kepada Allah agar kehidupannya penuh dengan keberkahan dan diberikan kesabaran yang kuat dalam menghadapi cobaan.

Amalan Terbaik saat Malam Lailatul Qadar

  1. Melaksanakan Shalat Tahajjud: Shalat Tahajjud, yang merupakan ibadah sunnah di malam hari antara Isya dan Subuh, menjadi lebih istimewa di malam Lailatul Qadr. Menghabiskan waktu untuk Tahajjud, doa, dan dzikir di malam tersebut sangat disarankan.
  2. Membaca Kitab Suci Al-Qur’an: Di malam Lailatul Qadr, membaca Al-Qur’an dianggap memiliki keutamaan yang tinggi. Manfaatkan malam mulia ini untuk membaca dan meresapi ayat-ayat suci Al-Qur’an.
  3. Berdoa: Di malam yang dianggap sebagai malam pengabulan doa, Lailatul Qadr, berdoalah dengan khusyuk meminta pengampunan dan berkah dari Allah SWT untuk diri sendiri, keluarga, dan umat Islam secara keseluruhan.
  4. Dzikir: Di malam Lailatul Qadr, disunnahkan untuk memperbanyak dzikir seperti tasbih, tahmid, dan takbir. Dzikir yang konsisten akan membawa ketenangan dan keberkahan pada hati.
  5. Bersedekah dan Berbuat Baik: Malam Lailatul Qadr juga adalah waktu yang tepat untuk berbagi dan berbuat baik. Amal kebaikan di malam ini akan memberikan pahala yang berlipat, jadi jangan ragu untuk menolong yang membutuhkan dan berbagi kebaikan.

Berlaku tulus dalam menjalankan ibadah di malam Lailatul Qadr dapat mengundang limpahan rahmat serta pengampunan dari Allah Yang Maha Kuasa. Kita berharap dianugerahi peluang untuk menemukan malam mulia tersebut dengan perbuatan-perbuatan saleh.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading