Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Menonton Film Horor Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Kabar baik bagi kamu para pecinta film horor karena menonton film horor ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Naiknya adrenalin pada saat menonton film horor tidak hanya menjadi menjadi ekspresi ketakutan semata namun juga dapat memberikan dampak baik pada tubuhmu secara tidak langsung dan tanpa kamu sadari.

Berbeda dengan menonton film drama, saat menonton film horor pasti kamu akan diselimuti ketegangan setiap detiknya karena akan ada banyak kejadian menyeramkan yang tidak terduga. Bagi seseorang yang penakut, efeknya sampai membuat kaget dan berteriak, pastinya hal ini tidak asing lagi bagi kamu yang sering menonton film horor di bioskop.

Walaupun begitu, film horor merupakan genre film yang tidak akan pernah sepi peminat karena setiap ada film baru, ceritanya pasti mampu membuat kita penasaran. Rasa penasaran ini yang akhirnya seringkali membuat film horor menjadi film yang laris dan sukses, apalagi jika sang aktor dan sutradara memiliki ‘angle’ yang tepat untuk menciptakan ketegangan dan ketakutan yang sempurna.

Nah, buat kamu yang sudah mulai penasaran dengan manfaat film horor, bisa menyimak ulasan berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 5 manfaat menonton film horor bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu.

Membakar Kalori Tubuh

Manfaat menonton film horor bagi kesehatan tubuh yang pertama ialah dapat membantu membakar kalori. Tentunya hal ini jadi kabar menggembirakan untuk kamu yang sedang menghibur diri dan juga ingin menurunkan berat badan, hanya dengan menonton film horor, kamu mendapatkan keduanya.

Menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa menonton film horor  selama 90 menit dapat membakar 113 kalori. Jumlah kalori tersebut setara dengan saat kamu berjalan kaki selama 30 menit. Semakin seram film horor yang kamu tonton, semakin banyak kalori dalam tubuh yang bisa dibakar. Hal ini berarti semakin tinggi intensitas ketegangan yang kamu bangun saat menonton film horor, semakin besar juga kalori yang dapat terbakar.

Film horor juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk memacu adrenalinmu. Hormon adrenalin berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga energi yang tersimpan dalam tubuhmu lebih cepat terbakar atau digunakan.

Bisa Mengurangi Stres

Selanjutnya, manfaat menonton film horor untuk kesehatan tubuh lainnya ialah bisa mengurangi stres yang sedang kamu rasakan. Mungkin terdengar aneh, namun hal ini telah dibuktikan secara ilmiah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Nottingham Trent University, menonton film horor dapat menurunkan tingkat stres karena berbagai alasan.

Salah satunya adalah saat kamu ingin menonton film horor, pastinya kamu kamu mengharapkan sesuatu yang berbeda yang bahkan belum pernah kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, menonton film horor juga bisa menjadi cara untuk melepaskan emosimu karena frustrasi atau tekanan batin. Saat sedang stres, kamu perlu mencari pelampiasan yang dapat melegakan hati. Nah, salah satu caranya bisa dengan menonton film horor.

Berdampak Baik Untuk Kesehatan Otak

Ketiga, manfaat menonton film horor yang baik untuk kesehatan berikutnya ialah berdampak baik untuk kesehatan otak. Hal ini bisa terjadi karena pada saat menonton, film horor mampu memicu otak untuk melepaskan senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat.

Selain itu, adrenalin yang dilepaskan saat kamu menonton film horor juga memiliki efek anestesi mirip seperti obat. Senyawa ini baik untuk kesehatan mentalmu karena dapat mengurangi stres dan kecemasan yang kamu rasakan. Jadi, ketika kamu sedang sedih atau merasa tertekan, lepaskan saja emosimu dengan menonton film horor.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kamu pasti tidak percaya, tetapi faktanya film horor bisa meningkatkan imunitas tubuh jangka pendek. Natalie Riddell, seorang ahli imunologi di University College London mengungkapkan bahwa hormone adrenalin yang dihasilkan sebagai respon fight-or-fight saat sedang menonton film horor, dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuhmu menjadi lebih kuat.

Kemudian, stimulus lain yang terjadi saat menonton film horor ialah lancarnya sirkulasi darah dan sel darah putih sehingga kemampuan tubuh untuk melawan infeksi pun semakin meningkat.

Membantu Mengatasi Fobia

Terakhir, manfaat menonton film horor bagi kesehatan tubuh ialah membantumu dalam mengatasi fobia. Sebagai contoh, kamu adalah orang penakut dengan hantu, justru dengan menonton film horor bisa membantumu untuk tidak takut lagi. Akan ada bagian dalam film tersebut yang membuatmu jadi seperti terbiasa melihat sosok hantu.

Bahkan bisa jadi memberikan sugesti seperti bahwa hantu hanya ada dalam film sehingga kamu tidak takut lagi. Itulah mengapa tidak heran banyak orang yang akan memberi saran padamu untuk menonton film horor akan ketakutanmu bisa teratasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading