Sukses

Lifestyle

Pengertian Blogger dan Mengenal Jenis serta Keuntungan Menulis Blog untuk Pemula

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang sering kali mendengar istilah blog dan blogger. Blog merupakan sebuah media online, yang bisa digunakan untuk menulis sebuah artikel, disertai dengan video dan foto. Sedangkan blogger adalah seseorang yang menulis dan memiliki blog.

Blog adalah salah satu jenis website, yang isinya tentang sebuah artikel dari satu pemikiran atau gagasan penulis, yang diunggah dalam satu kronologis, dari konten terbaru hingga konten terlama.

Sekarang semakin banyak orang yang menggunakan blog, baik untuk bisnis, edukasi, hingga untuk mengulas sesuatu di media sosial, untuk mengiklankan barang atau jasa. Blog juga memiliki banyak jenis, dan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari blog.

Berikut jenis-jenis blog yang harus diketahui, dan keuntungan yang bisa di dapatkan dari blog, dilansir dari berbagai sumber:

 

Blog Pribadi

Jenis blog yang pertama adalah blog pribadi. Pada awalnya blog memang digunakan untuk konten pribadi atau personal. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, blog merupakan catatan harian atau jurnal harian, yang ditulis dan diunggah ke internet dan bisa diakses oleh semua orang.

Blog pribadi digunakan oleh blogger untuk menulis gagasan atau ide-ide, dan biasanya digunakan untuk mengulas sesuatu di blog tersebut, menurut pengalaman pribadinya.

Konten blog pribadi ini sangat bebas untuk menulis apapun, bisa tentang konten curahan hati, cerita berlibur, menceritakan pengalaman cinta dan lain sebagainya. Tulisan di dalam blog pribadi pun tidak memiliki aturan yang spesifik.

 

Blog Profesional

Jenis blog yang kedua adalah blog profesional. Di dalam blog profesional, blogger harus menulis artikel dengan aturan tertentu, karena konten dalam blog profesional, harus menunjukkan tentang sesuatu yang profesional.

Blogger harus menuliskan suatu artikel yang berkaitan dengan SEO dari Google, menggunakan kata sesuai dengan KBBI, bahkan harus ada minimal kata dalam satu artikel, sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh google.

Dalam blog profesional ini, seorang blogger juga harus memahami tentang digital marketing, agar blog tersebut dikunjungi oleh banyak pengunjung. Blog profesional ini bisa jadi blog yang isinya tentang ulasan lokasi berlibur, ulasan tentang produk kecantikan, tentang edukasi dan lain sebagainya.

 

Blog Bisnis

Jenis blog yang terakhir adalah blog bisnis, yang gunanya untuk meningkatkan penjualan suatu toko online atau perusahaan. Blog dijadikan untuk menuliskan informasi suatu produk dengan lengkap, dan digunakan sebagai media jual beli online.

Semakin banyak pengunjung ke web, semakin banyak pula pembeli yang melihat-lihat produk daganganmu, yang diunggah di blog milik toko tersebut.

Selain mengunggah foto dan video dagangan, di dalam blog bisnis bisa diisi dengan artikel yang berkaitan dengan dagangan tersebut. Misalnya blog tersebut menjual sepatu, Sahabat Fimela bisa membuat trik dan tips untuk mencuci sepatu, sehingga banyak pengunjung yang datang ke blogmu, dan membaca artikel tips mencuci sepatu, kemudian membeli peralatan cuci sepatu dan sepatu di tokomu.

Keuntungan Blog

Dengan menulis blog, juga bisa mendapatkan banyak keuntungan. Rutin menulis blog, bisa membantu blogger memperlancar cara menulis, agar tulisan lebih menarik untuk dibaca.

Dalam menulis blog, juga memiliki keuntungan tulisanmu dibaca banyak orang. Biasanya orang yang mengirimkan artikel ke media, belum tentu tulisan tersebut di publikasikan oleh media. Melalui blog, kamu bisa mengunggah tulisan-tulisanmu kapan saja dengan tema yang disukai.

Menulis blog juga memiliki manfaat untuk branding diri sendiri atau toko. Semakin bagus tulisanmu di blog, dan semakin bagus penyusunan konten di dalam blog, maka pembaca akan terus tertarik untuk mengunjungi blogmu, dan namamu akan terkenal menjadi seorang blogger.

Tentu saja manfaat menggunakan blog bisa mendapatkan uang. Blog bisa mendapatkan uang dari iklan yang terpasang pada blogmu. Selain itu, blogger juga bisa mendapatkan uang dari brand atau klien yang mengajak kerjasama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading