Sukses

Lifestyle

5 Tips Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi Secara Otodidak Tanpa Perlu Les

Fimela.com, Jakarta TOEFL atau Test of English as a Foreign Language Paper Based Test adalah sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang menerangkan sejauh mana kamu menguasai bahasa asing tersebut. Sertifikat ini merupakan berkas ataupun dokumen penting yang sangat berpengaruh dalam urusan akademik maupun karir.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis sertifikat lainnya untuk membuktikan kemampuanmu dalam Bahasa Inggris seperti IELTS, TOEFL IBT dan TOEFL PBT. Namun, dari semua jenis sertifikat tersebut, TOEFL adalah yang paling banyak dipilih dan digunakan karena secara biaya jauh lebih ringan dibandingkan dengan yang lainnya.

Semakin tinggi skor TOEFL yang kamu dapatkan maka, sertifikatmu akan lebih bermanfaat. Biasanya sertifikat ini digunakan untuk melamar studi ataupun jenjang karir yang lebih tinggi. Sayangnya, untuk mendapatkan skor yang tinggi ataupun maksimal bukanlah sebuah hal yang mudah, butuh kerja keras didalamnya.

Kerja keras yang dimaksud adalah belajar secara sungguh-sungguh dalam menguasai bahasa asing. Beberapa orang memilih layanan les dan privat untuk mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL, sementara yang lainnya memilih untuk belajar secara otodidak.

Nah, untuk kamu yang tidak ingin repot menggunakan layanan les atau privat perlu tahu cara yang tepat untuk mendapatkan skor tinggi walaupun hanya belajar secara otodidak. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 tips lulus tes TOEFL dengan nilai tinggi secara otodidak tanpa perlu les. Simak semua tipsnya berikut ini.

Rajin Mengikuti Tes TOEFL Preparation Secara Online

Tips lulus tes TOEFL secara otodidak yang pertama ialah kamu harus rajin mengikuti latihan tes TOEFL Preparation yang bisa kamu temukan dengan mudah di internet. Ada banyak situs yang menyediakan layanan latihan tes TOEFL dan biasanya tidak berbayar. Tentu saja cara ini sangat efektif sehingga kamu sudah terbiasa nantinya dan tidak gugup saat tes TOEFL yang asli berlangsung.

Selain itu, melalui latihan tes TOEFL, kamu juga nantinya akan terbiasa dengan model soal ataupun percakapan-percakapan yang biasanya ditanyakan dalam tes tersebut. Alhasil, kamu akan menjadi lebih cekatan dan tanggap dalam memahami serta menjawab soal-soal.

Luangkan Waktu Secara Disiplin

Kedua, tips lulus tes TOEFL secara otodidak berikutnya ialah meluangkan waktu secara disiplin untuk belajar bahasa maupun latihan tes TOEFL itu sendiri. Hal ini terlihat sepele, namun begitu penting. Dengan kamu meluangkan waktu secara disiplin artinya kamu serius dan sungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri untuk tes TOEFL.

Pasalnya, banyak orang hobi menunda-nuda waktu belajar dan menggampangkannya hingga ia tidak belajar secara maksimal. Untuk mengantisipasinya, buat komitmen pada diri sendiri untuk meluangkan waktu setiap harinya, misalnya 2 jam per hari supaya kamu bisa berlatih secara konsisten.

Menonton Film Berbahasa Inggris

Berikutnya, tips lulus tes TOEFL secara otodidak yang ketiga ialah rajin menonton film berbahasa Inggris. Banyak menonnton film Bahasa Inggris mempunyai pengaruh besar terhadap kemampuanmu dalam menguasai bahasanya. Selain itu, metode menonton film juga bisa dikatakan sebagai metode yang efektif sehingga kamu bisa belajar sekaligus mendapatkan hiburan.

Trik belajar melalui film berbahasa Inggris yakni, mencoba memahami percakapan tanpa subtitle, mendengarkan percakapannya dan bagaimana mereka mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Jika ada kata-kata yang tidak kamu pahami, maka catat dan cari kata tersebut di kamus.

Rajin Membaca Kamus

Keempat, tips lulus tes TOEFL secara otodidak pastinya mengharuskan kamu untuk lebih sering membuka kamus. Memang tampak membosankan tetapi kamu harus bisa membiasakannya. Bisa karena terbiasa, bawa selalu kamus ukuran kecil supaya kamu praktis bisa membacanya dimana saja dan kapan saja.

Jika tidak ingin repot, kamu bisa memasang aplikasi kamus bahasa asing sehingga tidak repot membawa buku. Hanya kekurangan dari kamus online ialah berpotensi membuat kepala dan mata menjadi sakit karena terlalu lama melihat layar.

Memasang Aplikasi Belajar Bahasa Asing

Terakhir, tips lulus tes TOEFL dengan skor tinggi secara otodidak ialah memasang aplikasi belajar bahasa asing di ponselmu. Tentu cara ini adalah cara yang efektif sehingga kamu tetap bisa belajar secara praktis, dimana saja dan kapan saja. Kini ada banyak aplikasi yang bisa diunduh di ponsel untuk memudahkan kamu belajar Bahasa Inggris secara otodidak.

Namun, kekurangan dari aplikasi ini ialah kontennya yang berbayar, terutama jika kamu ingin mencoba atau berlatih dengan native speaker yang disediakan. Namun, jika kamu hanya membutuhkan basic capacity dalam belajar Bahasa Inggris maka, ada beberapa konten yang masih disediakan gratis di aplikasi tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading