Sukses

Lifestyle

5 Minuman yang Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Darah tinggi sering banget disebut dengan hipertensi. Kondisi darah tinggi ini disebabkan karena banyak faktor. Mulai dari obesitas, terlalu banyak mengonsumsi garam, terlalu stres, pola hidup kurang sehat, keturunan dan masih banyak lagi faktor penyebabnya.

Tekanan darah yang tinggi atau hipertensi bisa menyebabkan penyakit kronis seperti jantung, karena tekanan darah tinggi ini merusak pembuluh darah atau arteri. Selain itu, tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit ginjal, stroke dan menyebabkan kematian.

Tekanan darah tinggi bisa dikontrol dengan olahraga, mengurangi konsumsi garam, mengonsumsi makanan yang sehat dan mengonsumsi minuman yang bisa menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Berikut minuman yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dilansir dari Brilio.net:

 

Es Lemon

Minuman yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang pertama adalah air lemon. Lemon dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut sebuah penelitian, air lemon bisa membantu menjaga sel imun tubuh agar tidak mudah rusak, dan membuat tubuh jadi terhindar dari serangan penyakit.

Air lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, yang bisa membantu menangkal radikal bebas, mencegah kanker dan menurunkan tekanan darah.

Jus Bit

Minuman kedua yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi adalah jus bit. Buah bit memiliki kandungan potasium, nitrat dan folat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam buah bit ini, bisa membantu melenturkan jaringan otot dan membantu melancarkan aliran darah. Kandungan buah bit juga bisa membantu menguatkan pembuluh darah. Agar tekanan darah seimbang, jus buah bit bisa dikonsumsi sehari 2 kali.

Air Putih

Air putih merupakan minuman yang sangat wajib kita konsumsi setiap harinya. Karena air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Air putih bisa membantu meningkatkan sel imun tubuh agar tidak mudah sakit.

Ait putih harus dikonsumsi minimal 8 gelas sehari, agar tubuh tidak dehidrasi, membantu mengontrol tekanan darah, melancarkan sistem pencernaan dan juga bisa membantu melembapkan kulit.

Jus Semangka

Minuman penurun tekanan darah tinggi yang selanjutnya yaitu jus semangka. Semangka merupakan buah yang memiliki kandungan asam amino yang disebut dengan citrulline. Kandungan yang terdapat di dalam semangka ini, bisa membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

Buah semangka juga memiliki manfaat untuk melancarkan aliran darah, mencegah penyakit diabetes, mengatasi nyeri di kaki, menjaga kesehatan jantung dan baik untuk kesehatan kulit. Buah semangka bisa dikonsumsi dengan dimakan langsung, dijadikan salad atau di jus.

 

Jus Wortel

Minuman terakhir yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi adalah jus wortel. Seperti yang kita tau, wortel memiliki kandungan vitamin C, antioksidan dan potasium yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung, mengontrol lemak di dalam tubuh dan menjaga tekanan darah.

Wortel juga memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. Mengonsumsi jus wortel setiap hari, bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar tubuh tidak mudah terinfeksi oleh bakteri atau virus.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading