Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mengejutkan Bubur Kacang Hijau Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker dan Penyakit Jantung

Bubur kacang hijau merupakan sajian hasil olahan dari kacang hijau dan biasanya sering dijadikan sebagai menu sarapan pengganti nasi. Selain diolah menjadi bubur, kacang hijau juga bisa diolah menjadi hidangan lezat lainnya, seperti pada bakpia, onde-onde dan lain-lain.

Hidangan lainnya yang mirip dengan bubur kacang hijau ialah produk makanan dan minuman kemasan berbahan dasar kacang hijau. Hanya saja bedanya, bubur kacang hijau biasanya lebih sering disajikan secara hangat sedangkan produk kacang hijau dalam kemasan disajikan secara dingin. Namun keduanya sama, memiliki sejumlah manfaat yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Sayangnya, walaupun termasuk bahan makanan yang populer, tidak semua orang tahu manfaat yang terkandung dalam kacang hijau atau bubur kacang hijau. Padahal bubur kacang hijau mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan. Selain dapat menahan rasa lapar, bubur kacang hijau juga punya khasiat lain yang mengejutkan.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat mengejutkan bubur kacang hijau bagi kesehatan, bisa cegah kanker dan penyakit jantung. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menurunkan Berat Badan

Pertama, manfaat mengonsumsi bubur kacang hijau ialah dapat membantu menurunkan berat badan.  Pastinya manfaat ini merupakan kabar baik untuk kamu yang sedang menjalani program diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Bubur kacang hijau dapat menurunkan berat badan karena sajian ini bisa menjadi pengganti nasi.

Adanya kandungan serat yang sangat tinggi dalam kacang hijau menjadi faktor utamanya, apalagi kacang hijau juga rendah lemak. Kandungan serat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan bermanfaat juga untuk melancarkan pencernaan. Ditambah lagi kandungan kalorinya yang sedikit membuat kacang hijau sangat baik untuk dikonsumsi.

Efektif Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Kedua, manfaat mengonsumsi bubur kacang hijau ialah efektif dalam mencegah stroke dan penyakit jantung. Hal ini karena kandungan yang ada pada bubur kacang hijau bisa menjaga kesehatan jantung. Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital, maka harus dijaga dengan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang bergizi. Kandungan serat pada kacang hijau mampu menyerap lemak dan mencegah plak di pembuluh darah.

Plak inilah yang mampu memicu penyakit jantung dan stroke. Kacang hijau mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan polifenol yang bersifat anti inflamasi yang mencegah pembekuan darah di arteri dan vena. Oleh karena itu, jika kamu ingin menjaga kesehatan jantung, maka rutin mengonsumsi bubur kacang hijau adalah alternatif yang tepat.

 

Asupan Kaya Nutrisi untuk Ibu hamil

Ketiga, manfaat mengonsumsi bubur kacang hijau juga baik untuk masa-masa kehamilan. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bubur kacang hijau. Sebuah  riset penelitian menemukan fakta bahwa kacang hijau santan baik untuk pertumbuhan sel, sehingga untuk janin yang dikandung akan memiliki rambut yang lebat.

Tidak hanya itu saja, kacang hijau juga mengandung vitamin B1, B2, asam folat, kalsium, fosfor, lemak tak jenuh dan protein yang semua dibutuhkan untuk ibu hamil. Oleh karena itu, untuk menjaga kehamilan dan janin yang ada didalamnya, maka disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi bubur kacang hijau sebagai menu sarapan.

Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Keempat, selain dapat mencegah penyakit jantung dan stroke, bubur kacang hijau juga trenyata berkhasiat untuk menurunkan risiko kanker. Hal ini karena terdapat senyawa yang terkandung dalam kacang hijau diyakini mampu memerangi infeksi virus kanker.

Terutama untuk menghindari terjadinya kanker payudara pada perempuan, mengonsumsi kacang hijau akan sangat bermanfaat. Kandungan klorofil pada kacang hijau mampu memusnahkan efek karsiogenik yang menjadi salah satu pemicu kanker.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Terakhir, manfaat mengonsumsi bubur kacang hijau ialah dapat memperlancar sistem pencernaan. Jelas saja, seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa bubur kacang hijau kaya akan serat dan hal itu baik untuk pencernaan.

Sebagai informasi tambahan, masyarakat India mengonsumsi kacang hijau untuk menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut. Hal ini dikarenakan kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading